PERUBAHAN GAYA HIDUP KELUARGA BURUH PABRIK PT MUARA GRIYA LESTARI KABUPATEN SUKABUMI JAWA BARAT

Rizki Muhammad Ramdhan(1*), Feky Manuputty(2), Prapti Murwani(3), Nathalia Debby Makaruku(4), Afdhal Afdhal(5), Jurnie Darakay(6), Muhammad Adhitya Hidayat Putra(7)

(1) Universitas Pattimura
(2) Universitas Pattimura
(3) Universitas Pattimura
(4) Universitas Pattimura
(5) Universitas Pattimura
(6) Universitas Pattimura
(7) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan sektor pabrik di Kecamatan Cicantayan khususnya PT Muara Griya Lestari yang telah banyak memberikan kontribusi terhadap tingkat kesejahteraan dan perubahan gaya hidup keluarga para buruh. Eksistensi PT Muara Griya Lestari menjadi daya tarik bagi penduduk setempat dan penduduk kecamatan di sekitarnya untuk masuk dalam pangsa tenaga kerja dan hal tersebut secara riil telah mengubah komposisi mata pencaharian sebagian penduduk Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis dan menggambarkan kesejahteraan dan perubahan gaya hidup keluarga buruh PT Muara Griya Lestari Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesejahteraan buruh pabrik meningkat setelah bekerja di PT Muara Griya Lestari. Hal ini berdampak terhadap perubahan gaya hidup keluarga buruh pabrik yang dapat dilihat dari empat dimensi, yaitu, aktivitas, minat, persepsi, dan demografis. Perubahan gaya hidup adalah suatu proses yang terjadi akibat dari interaksi anggota keluarga buruh dengan lingkungannya (resiprokal).


Kata Kunci


buruh, kesejahteraan, gaya hidup

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bappeda Kabupaten Sukabumi. (2016). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021.

Baudrillard, J. (2013). Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Creswell, J.W. (1994). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cropanzano, R., & Mitchell, M. S. (2005). Social Exchange Theory: An Interdisciplinary Review. Journal of Management, 31(6), 874–900.

Fahrudin, Adi. (2012). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung, Indonesia: PT Refika Aditama.

Handayani, A.K. (2014). Pengaruh Industri Pertambangan Terhadap Gaya Hidup Masyarakat Pedesaan. Institut Pertanian Bogor.

Homans, G. C. (1974). Elementary Forms of Social Behavior. California, CA: Harcrout Brace Jovanovich.

Karlina, E., Muhammad, A., & Sodikin (2017). Pengaruh Bekerja di Luar Negeri Terhadap Tingkat Ekonomi dan Perceraian. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal 4 (1), 54-60.doi:10.15408/sd.v4i1.4342.

Marselia, D.A.(2015). Perubahan Perilaku Konsumtif Buruh Pabrik PT Adi Satria Abadi. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Siska. (2013). Dampak Industri Batubara Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Di sekitar Desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kertanegara. eJournal Ilmu Administrasi Negara.

Suyanto, B. (2013). Sosiologi Ekonomi: Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post-Modernisme. Jakarta, Indonesia: Kencana.

Tarigan, D.I.M. (2015). Kajian Gaya Hidup Masyarakat di Kelurahan Bahu Kecamatan Malalayang Kota Manado. E-journal “Acta Diurna”, 4(4).

Wulandari, I, Haryono, B, & Budiati, A.C.(2016). Pemgaruh Persepsi Masyarakat Terhadap Gaya Hidup Konsumtif Eks Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Jurnal Analisa Sosiologi, 5(2), 85-94.

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor KEP.102/MEN/VI/2004 tentang Waktu Kerja Lembur dan Upah Kerja Lembur.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.8712

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.