ANALISIS COPING SKILLS KEJENUHAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 12 PONTIANAK

Muhammad Nurdin(1*), Tri Mega Ralasari(2), Eli Trisnowati(3)

(1) IKIP-PGRI Pontianak
(2) IKIP-PGRI Pontianak
(3) IKIP-PGRI Pontianak
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Coping Skills kejenuhan belajar pada SMP Negeri 12 Pontianak, metode yang digunakan yaitu deskriftif kuantitatif dengan responden berjumlah 67 siswa, alat pengumpul data menggunakan skala psikologis coping skills kejenuhan belajar pada aspek Lazarus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa analisis Coping Skills kejenuhan belajar SMP Negeri 12 Pontianak termasuk dalam kategori “Baik”. Pada gambaran kejenuhan belajar dengan kategori “baik”, faktor yang mempengaruhi coping skills kejenuhan belajar yaitu faktor internal dan eksternal. Upaya yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling yaitu melakukan layanan bimbingan kelompok dan layanan konseling kelompok, untuk guru mata pelajaran dapat melakukan rapat terkait pencegahan kejenuhan belajar.


Kata Kunci


Coping Skills; Coping Skills Kejenuhan Belajar, Bimbingan dan Konseling

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-qawiy, A. A. (2004). Mengatasi Kejenuhan. Jakarta Timur: Khalifa.

Amalia, I. N., & Ropyanto, C. B. (2017). Hubungan Antara Kualitas Tidur Dengan Kelelahan Fisik Pada Lansia (Doctoral dissertation, Faculty of Medicine).

Andini, Anggia Dwi dan Tuharto. 2012. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dengan Metode Survey-Question-ReadRecite-Review (SQ3R) Siwa Kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah Sleman Tahun Pelajaran 2011/2013”, eJournal Universitas Negeri Yogyakarta / Vol.1 No. 1

Andiningsari, p, 2009. Hubungan faktor internal dan eksternal terhadap kelelahan pada pengemudi travel x trans Jakarta p.32

Dwi Arini Apriyanti, (2014).”Pengaruh lingkungan belajar, kelelahan dan kreativitas peserta didik terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi”. Skripsi. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

JUNIA, N. (2022). Hubungan Antara Kelelahan Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kuantan Hilir (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Maryam, S. (2017). Strategi Coping: Teori dan sumberdayanya. Jurnal konseling andi matappa, 1(2), 101-107.

Melani, I., Saraswati, P. A. S., & Wahyuni, N. (2019). Hubungan Posisi Duduk Dengan Nyeri Punggung Bawah Non Spesifik Pada Bagian Administrasi Dan Pelayanan Di Polda Bali. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, 7(1), 15-19.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suhada, I. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Tiara Silvia, H. Y. (2022). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Berbicara di Depan Kelas melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 11.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.8702

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.