IMPLEMENTASI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN SERTA PENERAPANYA DALAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA
(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(4) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author
Sari
Penelitian ini didasarkan atas asumsi pendekatan humanistik yang memandang bahwa peserta didik sebagai individu yang utuh dan memiliki keunikan tersendiri. Pendekatan humanistik berusaha untuk memanusiakan manusia dan membantu mengaktualisasi diri melalui berbagai metode dan strategi pembelajaran yang humanis. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 11 Jakarta dengan tujuan untuk menganalisis kebijakan, proses pembelajaran, dan problematika pembelajaran humanistik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, perolehan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pelaksanaan pembelajaran Humanistik dalam kurikulum merdeka yang berpusat pada peserta didik sudah terlaksana cukup baik, walaupun masih ada kekurangan. Namun, dengan proses belajar yang terus menerus, pelaksanaan kurikulum merdeka yang humanis dapat terwujud secara optimal. Sementara layanan BK juga sudah berpusat pada peserta didik, harapannya hal tersebut selalu dipertahankan dan dikembangkan lebih baik lagi agar semakin optimal dengan memperhatikan perbedaan kultur budaya yang sangat beragam
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amalia, A. C., & Munawir, M. (2021). Konsep Teori Belajar Humanistik Dalam Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam. … Pendidikan Dan Perkembangan Anak, III(2), 183–196. https://www.e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/view/1880%0Ahttps://www.e-journal.ikhac.ac.id/index.php/aulada/article/download/1880/818
Bagoes Malik Alindra, A. M., & Amin, J. M. (2021). Tokoh-Tokoh Teori Belajar Humanistik Dan Urgensinya Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 2021.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Darmawani, E. (2018). Implementasi Pendekatan Discovery Learning Dalam Layanan Informasi Format Klasikal. Metode Ekspositori Dalam Pelaksanaan Bimbingan Dan Konsleing Klasikal, 1(2), 30–44.
Diana Devi, A. (2021). Implementasi Teori Belajar Humanisme dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam. At- Tarbawi, 8(1), 71–84. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v13i1.2805
Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(10), 1–14.
Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nabila Yuliana. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajaran Siswa Di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 56. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.318.000-000
Nast, T. P. J., & Yarni, N. (2019). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 270–275. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.483
Nurdin Muhammad. (2017). Pengaruh Metode Discovery learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan UNIGA, 10 (1), 9-22.
Pengabdian, J., Masyarakat, K., Juni, J.-, Islam, K., Adab, F. U., Langsa, I., Accepted, F., Harapan, A., & Kunci, K. (2022). Peningkatan kemampuan guru bimbingan dan konseling dalam Penilaian sikap spiritual dan sikap sosial. 2(1), 35–43.
Pidarta, M. (1997). Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Qodri, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Abd. Jurnal Pedagogik, 04(02), 188–202.
Rachmahana, R. S. (2008). Psikologi Humanistik dan Aplikasinya dalam Pendidikan. El-Tarbawi, 1(1), 99–114. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art8
Ratna Wilis Dahar. (1988). Teori-teori Belajar. Jakarta: Direktorat P dan K.
Sinambela. (2017). Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran. 6 (2).
Sudirman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sumantri, B. A., & Ahmad, N. (2019). Teori Belajar Humanistik dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fondatia, 3(2), 1–18. https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.216.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.8683
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Akun Akademik Anda Terhubung dengan :
Didedikasikan Untuk:
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.