PENGEMBANGAN PANDUAN PELATIHAN PARAKONSELOR BAGI MUSYRIFAH DALAM MENGHADAPI STRES AKADEMIK

Rif'ah Purnama sari(1*), Wirda Hanim(2), Happy Karlina Marjo(3)

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Panduan pelatihan parakonselor dalam menghadapi stres akademik santri dibuat dalam bentuk buku yang berisikan teknik-teknik konseling yang berkaitan dengan aspek stres akademik. Panduan pelatihan ini digunakan oleh musyrifah yang setelah dilatih konseling menjadi parakonselor. Tujuannya adalah agar musyrifah memiliki kompetensi dan skill konseling dalam menghadapi stres akademik. Jenis penelitian ini menggunakan Design Based Research (DBR) dengan menggunakan model Borg and Gall. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, yaitu kelas XII berjumlah 29 orang santri dan 19 orang musyrifah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket (kuesioner). Uji analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu menjabarkan hasil pengembangan dari produk. Hasil penelitian yang dilakukan pada uji validasi memperoleh skor persentase rata-rata 86.36% untuk uji ahli media dengan kriteria “sangat layak”, 85% uji materi dengan kriteria “sangat layak” dan 86.25% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa panduan pelatihan parakonselor bagi musyrifah dalam menghadapi stres akademik santri yang dikembangkan memiliki kriteria layak/valid dan menarik untuk digunakan sebagai panduan dalam menghadapi stres akademik santri.


Kata Kunci


Pelatihan; Parakonselor; Stres Akademik, Musyrifah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Desy Puspitasari. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Booklet Komik 3 Dimensi Tema 2 Selalu Berhemat Energi Pada Siswa Kelas IV SDN Sukodadi 1 Paiton Probolinggo (Vol. 15, Issue 2).

fadhlurahman. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN MODEL BORG AND GALL UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. In skri.

Fathul lubabin Nuqul, Muhammad Mahpur, Y. S. (2008). LAPORAN PELATIHAN KONSELING PARAKONSELOR BAGI PEMBINA DAN PENGURUS PONDOK PESANTREN TEBUIRENG JOMBANG.

Marfuah, S. (2021). Konseling kelompok untuk mengurangi stres akademik pada siswa SMA. November, 147–152.

Muhakamurrohman, A. (2014). Pesantren: Santri, Kiai, Dan Tradisi. IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 12(2), 109–118. https://doi.org/10.24090/ibda.v12i2.440

Sun, J., Dunne, M. P., Hou, X. yu, & Xu, A. qiang. (2011). Educational stress scale for adolescents: Development, validity, and reliability with Chinese students. Journal of Psychoeducational Assessment, 29(6), 534–546. https://doi.org/10.1177/0734282910394976

Wang, J., Yong, L., Chan, W., So, G., Loh, Y., Peh, K., & Lee, H. (2017). SESSION 4580 (POSTER) WORK AND VOLUNTEER ROLES IN LATER LIFE EXPLORING AND DEVELOPING THE MAINSTAY VOLUNTARY ELDERS IN THE COMMUNITY THE ROLE OF PARA-COUNSELLOR IN THE PROVISION OF INTEGRATED PSYCHO-EMOTIONAL CARE FOR OLDER PERSONS VOLUNTEERING AND HEALTH (Vol. 1, Issue S1). https://academic.oup.com/innovateage/article-abstract/1/suppl_1/1197/3901546




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.7956

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.