TINGKAT KEPATUHAN SISWA TERHADAP PROTOKOL KESEHATAN DI ERA NEW NORMAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Angelia Bunga rasmeika(1*), Taty Fauzi(2), Syska Purnama Sari(3)

(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepatuhan siswa SMA Negeri 7 Prabumulih terhadap protokol kesehatan memasuki era New Normal dan implikasi terhadap layanan Bimbingan dan konseling. Jenis penelitian deskriftif kuantitatif, dengan pendekatan survei. Jumlah sampel 86 siswa. Data didap melalui observasi, dan angket. Analisis data menggunakan statistik. Hasil dan olah data menunjukkan bahwa kepatuhan siwa protokol kesehatan berada pada kategori “Patuh” dengan persentase 75,03%, berada pada indeks persentase 68%-83%. Hasil diperoleh dari enam indikator yaitu memakai masker dilingkungan sekolah sebesar, 72,3%, mencuci tangan sebesar 80,0%, menjauhi kerumunan sebesar 75,30%, membawa peralatan makan minum dan kebutuhan pribadi sendiri sebesar 72,30%, persepsi siswa terhadap pertemuan tatap muka sebesar 78,7%, dan persepsi siswa terhadap aturan sekolah terhadap protokol kesehatan sebesar 71,60%.

 

Kata Kunci: Kepatuhan, Protokol Kesehatan, New Normal


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Almi. (2020). . Analisis Penyebab Masyarakat Tidak Patuh pada Protokol COVID-19. https://almi.or.id/2020/06/05/analisis-penyebab-masyarakat-tidak-patuh-pada-protokol-.

Cialdini, R. B. (2004). Social influence: Compliance and conformity. Annu. . Rev. Psychol., 55, 591-621. .

Devi, A. &. (2020). Hubungan antara pengetahuan masyarakat dengan kepatuhan menggunakan masker sebagai upaya pencegahan penyakit Covid-19 di Ngronggah. Jurnal INFOKES vol 10 no 1.

Diyah, Hengki, & Dosi. (2020). Analisis Pelanggaran Tata Tertib Sekolah oleh Siswa dan Peran Guru Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jurnal An-Nur vol 6 no.2

Ema Yuliana S, A. (2021). Kedisiplinan Sekolah Dalam Menerapkan Protokol Kesehatan Untuk Mengurangi Penyebaran Covid-19 di SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan. Journal Of Civic Education.

Eriyani, T. (2021). EDUKASI 3M DALAM MENINGKATKAN SELF-AWARENESS TERHADAP PENYEBARAN COVID-19 DI SMKN 4 GARUT. Kumuwula Jurnal Pegabdian Kepada Masyarakat, 4(1).

Fajriah, N. N. (2021). Pengetahuan dan Sikap Terhadap Kepatuhan Pelaksanaan Protokol Kesehatan,Keisigapan Menghadapi New Normal Tingkat Keluraha/Desa DI Kabupaten Pekalongan Kajen. https://jurnal.pekalongankab.go.id/index.php/jurnalkabpekalongan/article/download/111/59.

Folmer, C. B. (2020). Sustaining Compliance with Covid-19 Mitigation Measures Understanding distancing behavior in the Netherlands during june.

Harlianty, R. A. (2020). Study on Awareness of Covid-19, Anxiety and Compliance on Social Distancing in Indonesia During Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Pandemic.

Heni, Anastasia. (n.d.). Psikologi Jelaskan Penyebab Masyarakat Tak Patuh Protokol Corona Covid-19. kompas.com.

HK.01.07/MENKES/382/2020., KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA . (n.d.). PROTOKOL KESEHATAN BAGI MASYARAKAT. http://hukor.kemkes.go.id.

Indragiri, S. H. (2022). Perilaku 3M (MENGGUNAKAN MASKER, MENCUCI TANGAN MENJAGA JARAK) Dalam Upaya Pencegahan Penularan COVID-19. Jurnal Kesehatan Masyarakat STIKES Cendia Utama Kudus.

LPPM UMTAS . (2021). Peningkatan kesadaran protokol kesehatan masa pandemi covid 19 di SDN Setia mulya.

Nursalim, d. (2021). Penyuluhan Protokol Kesehatan Covid-19 pada Pelaksanaan Pembelajaran Tatatp Muka Terbatas. Dikmas Jurnal Pengabdian pada Masyarakat.

Rahmah, S. S. (2022). Promotor Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat.

Statistik, Survei Badan Pusat. (2020). Kebijakan 5M : Pencegahan Covid-19. http://bumiayu.desa.idhtml.

Xie F, e. a. (2020). The Evidence Inderect Transmission of SARS- CoV-2. Reported in Guangzhou China.

Zamjani, P. d. (2020). Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh. https://Ojs.UnpKediri.ac.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.7782

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.