OPTIMISME SISWA KELAS X DI SMAN 59 JAKARTA TAHUN AJARAN 2021/2022
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author
Sari
Optimisme merupakan kunci kesuksesan belajar untuk meraih masa depan, dengan memiliki keteguhan diri agar dapat meraih suatu hal yang bertambah elok lagi serta usaha sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Optimisme menjadi dasar dalam meningkatkan sikap yang lebih baik dalam menghadapi suatu kegagalan. Tujuan penelitian ini guna memahami tingkat Optimisme Siswa Kelas X di SMAN 59 Jakarta Tahun Ajaran 2021/2022. Metode penelitian ini memanfaatkan metode kuantitatif beserta populasi pengujian sebesar 252 peserta didik. Teknik perolehan sampel memakai Proportional Random Sampling dan diperoleh 155 sampel berasal dari 7 kelas yang terdapat pada kelas X di SMAN 59 Jakarta. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan hasil sig. 0,072>0,05 dan 0,094>0,05 yang artinya penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Adapun hasil kategorisasi menunjukkan bahwa Optimisme Siswa Kelas X di SMAN 59 Jakarta Tahun Ajaran 2021/2022 berada pada tingkat sedang dengan persentase sebesar 35% dan frekuensi 54 siswa. Perhitungan hasil juga menunjukkan bahwa Optimisme Siswa Kelas X di SMAN 59 Jakarta Tahun Ajaran 2021/2022 memiliki tingkat yang rendah pada aspek Personalisasi dibandingkan dengan dua aspek lainnya yaitu Permanensi dan Pervasivitas. Dapat disimpulkan bahwa Optimisme Siswa Kelas X di SMAN 59 Jakarta berada pada tingkat sedang dan memiliki indikator optimisme yang rendah pada Aspek Personalisasi.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anshari, H. M. (1996). Kamus Psikologi. Surabaya: Usaha Nasional.
Anwar, M. (2015). Filsafat Pendidikan . Jakarta: Kencana.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dina Aida Audria, S. D. (2021). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Memotivasi Belajar Anak Nelayan di SMP Negeri 1 Pulau Laut Tanjung Selayar . Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(1), 38-46. Doi : 10.31602/jmbkan.v7i1.3422
Dr. Meriyati, M. (2015). Memahami Karakteristik Anak Didik. Lampung: Fakta Press.
Farda Muslimah, I. H. (2021). Upaya Pelayanan Bimbingan Karir terhadap Siswa MAN 2 Lamongan selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(2), 12-17. Doi : 10.31602/jmbkan.v7i2.4982
Greenberg, M. H. (2008). Optimistic managers & their influence on productivity & employee engagement in a technology organization. Scholarly Commons: University of Pennsylvania, 2(1).
Hamalik, O. (2013). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
L. Kurniawati, A. U. (2018). PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI SIKAP OPTIMIS DAN PESIMIS SISWA SMA. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 19-24. Doi : https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.22
Mutya Nurindah, T. A. (2017). Meningkatkan optimisme remaja panti sosial dengan pelatihan berpikir positif. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 4(1), 57-76. Doi : https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol4.iss1.art4
Pradipta Lancana Indarhadi, R. L. (2017). Optimisme Pada Siswa Remaja SMP Yang Tidak Berprestasi Akademik. Doctorial dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Purnamasari, V. Y. (2015). Meningkatkan kemampuan berfikir postif melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XII. ALBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2).
Seligman. (2006). Menginstal Optimisme. Bandung: CV. Multi Trust Creative.
Seligman. (2008). The Optimistic Child. Bandung: PT Mizan.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Tiara Silvia, H. Y. (2022). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Berbicara di Depan Kelas Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 9-15. Doi : 10.31602/jmbkan.v8i2.5540
Wiwien Dinar Pratisti, A. F. (2014). Dimensi Optimisme Pada Remaja. Proceeding: Seminar Nasional Psikometri, 139-147. URI : http://hdl.handle.net/11617/6408
Zakaria, N. R. (2010). Pemikiran Optimis menurut warisan nabawi.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.7737
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Akun Akademik Anda Terhubung dengan :
Didedikasikan Untuk:
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.