HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN KELUARGA DENGAN RESILIENSI SISWA PADA SAAT PANDEM

Maryam Zaitun Rasmin(1*), Asni Asni(2)

(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(2) Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author

Sari


Berbagai permasalahan muncul akibat pandemi covid-19, tidak hanya pada komponen kesehatan, melainkan komponen kehidupan yang lain seperti keluarga dan pendidikan juga merasakan pengaruhnya. Perubahan metode pembelajaran yang terjadi secara mendadak, menyebabkan siswa mengalami kesulitan diantaranya akses internet dan sarana yang tidak memadai, sulitnya memahami pembelajaran, serta masalah pada aspek psikologis seperti merasakan cemas, stress hingga depresi. Disisi lain, keluarga juga tak luput dari permasalahan seperti, pemutusan hubungan kerja, finansial keluarga, dan termasuk kehilangan keluarga akibat terinfeksi virus covid-19, sehingga menyebabkan keluarga menjadi tidak harmonis dan tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Fokus dan tujuan dari penelitian untuk mengetahui adakah hubungan yang positif antara dukungan keluarga dengan resiliensi siswa pada saat pandemi. Penelitian dilakukan pada siswa SMAIT Buahati Jakarta kelas 10 dan kelas 11. Metode yang dilgunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan menggunakan uji korelasi produk momen sebagai uji hipotesis. Berdasarkan dari data yang diperoleh, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara dukungan keluarga dengan resiliensi siswa. Hasil perhitungan menunjukkan rtabel 0,540 > 0,05 dengan derajat hubungan sedang atau cukup, dapat dimaknai bahwa semakin tinggi dukungan keluarga yang dimiliki maka semakin tinggi pula resiliensi yang individu miliki, dan begitu sebaliknya

Kata Kunci


dukungan keluarga; resiliensi; pandemi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung Pambudi, H., Putra Wahyu Gunawan, D., Keperawatan Jiwa, D., stElisabeth, Stik., Tengah, J., Keperawatan, I., StElisabeth, Stik., Studi, P. S., & keperawatan, imu. (2020). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan pada Penyusunan Karya Ilmiah. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 4(1), 24–28. https://doi.org/10.36474/CARING.V4I1.174

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian (C1 ed.). Rineka Cipta.

Deri Irmansyah, & Anita Apriliawati. (2016). HUBUNGAN DUKUNGAN ORANGTUA DENGAN RESILIENSI REMAJA DALAM MENGHADAPI PERILAKU BULLYING DI SMPN 156 KRAMAT PULO GUNDUL JAKARTA PUSAT TAHUN 2016 | Irmansyah | Indonesian Journal of Nursing Sciences and Practice. Indonesian Journal of Nursing Sciences and Practice, 1(1), 8–17. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/ijnsp/article/view/2697

Diananda, A. (2019). PSIKOLOGI REMAJA DAN PERMASALAHANNYA. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/ISTIGHNA.V1I1.20

Durado, A. A., Tololiu, T. A., & Pangemanan, D. H. C. (2013). HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN KONSEP DIRI PADA REMAJA DI SMA NEGERI 1 MANADO. JURNAL KEPERAWATAN, 1(1). https://doi.org/10.35790/JKP.V1I1.2163

Erniati, S., Purwadi, & Diah, S. (2018). Peran Resiliensi dan Dukungan Sosial Keluarga terhadap Kebahagiaan Remaja. Prosiding Konferensi Nasional Ke- 7, 78–85.

Fauziah, N., & Afrizal, S. (2021). Sosietas Jurnal Pendidikan Sosiologi Kearifan Lokal dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Dampak Pandemi Covid-19 Dalam Keharmonisan Keluarga, 10(1), 974.

Fikrie, & Hermina, C. (2020). Studi Literatur Kenakalan Remaja di Tinjau dari Relasi Dalam Keluarga. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur, 6(2), 31–36. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR

Firdaus, N. V., Cikusin, Y., & Ilyas, T. R. (2022). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MENTERI PENDIDIKAN dan BUDAYA NOMOR 36962 / MPK . A / HK / 2020 tentang Pembelajaran Secara Daring dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease ( Covid-19 ) dan Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Probolinggo ( Studi Kasus. Jurnal Respon Publik, 16(2), 61–67.

Lestari, S. (2016). Psikologi keluarga: penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga / Sri Lestari (Cet. ke-3). Prenada Media.

Lindasari, W., Nuryani, R., Siti, N., & Keperawatan, S. P. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Psikologis Siswa Pada Masa Pandemik Covid 19. 4.

Maulina, I., & Budiono, A. (2021). Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda , Bermakna , Mulia Volume 7 Nomor 3 Tahun 2021 Tersedia Online : https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR VANSHEAD KENDAL Dipublikasikan Oleh : UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal Universitas Islam Kalimantan Muh. 7, 37–45.

Prof.Dr.Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R&D. Penerbit Alfabeta.

Rahmawati, L., & Elita, V. (2015). HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT DEPRESI REMAJA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN. JOM, 2(2).

Rifai, A. (2021). PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN. Suka Press. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42716/

Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development (Edisi 13 Jilid 1). Jakarta: Erlangga, 1–2.

Sari, E. M., Bahri, S., & Nurdin, S. (2019). DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PEMBINAAN REMAJA DI LAPAS (suatu penelitian di LPKA kelas II Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 53–59.

Septiani, T., Psikologi, N. F.-J. penelitian, & 2016, U. (2016). Hubungan antara resiliensi dengan stres pada mahasiswa sekolah tinggi kedinasan. Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id, 7(2), 59–76. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1795770&val=18994&title=HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DENGAN STRES PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI KEDINASAN

Sunarty, K., & Mahmud, A. (2016). Konseling perkawinan dan keluarga (1st ed.). Badan Penerbit UNM.

Winurini, S. (2020). Bencana Covid-19 : Stresor bagi Pasangan Suami Istri di Indonesia Covid-19 Disaster : Stressor for Married Couples in Indonesia. Aspirasi, 11(2), 185–198. https://doi.org/10.22212/aspirasi.v11i2.1755

Wiwin Hendriani. (2018). Resiliensi Psikologis: Sebuah Pengantar. Prenadamedia Group.

Yunianto, T. K. (2020). Survei SMRC: 92% Siswa Memiliki Banyak Masalah dalam Belajar Daring - Nasional Katadata.co.id. https://katadata.co.id/ekarina/berita/5f3bc04617957/survei-smrc-92-siswa-memiliki-banyak-masalah-dalam-belajar-daring




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.7727

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.