PENERAPAN PROGRAM EMPLOYABILITY SKILLS PADA CALON GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI PERGURUAN TINGGI SE-DKI JAKARTA

fauzi nur ilahi(1*), Gantina Komalasari(2), Dede Rahmat Hidayat(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program pengembangan karir untuk meningkatkan employability skills bagi calon pendidik pada program studi bimbingan dan konseling di perguruan tinggi DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015 Universitas Negeri Jakarta, Universitas As Syafi’iyah, dan Universitas Prof Hamka Muhammadiyah Jakarta berjumlah 31 peserta. Pengambilan sampel menggunakan purposive Sampling. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah inventori employability skill dengan menggunakan skala berjenjang model Likert yang telah dimodifikasi, yaitu hanya terdiri dari 2 (dua) alternatif jawaban, antara Ya dan Tidak. Dua pilihan jawaban dibuat bertujuan untuk menghindari kecenderungan responden menjawab netral. Diperoleh hasil bahwa nilai Sig. sebesar 0.000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa program pengembangan karir untuk meningkatkan employability skills bagi calon pendidik pada program studi bimbingan dan konseling di perguruan tinggi DKI Jakarta artinya H1 diterima artinya program pengembangan karir efektif dalam meningkatkan employability skills calon pendidik pada program studi bimbingan dan konseling diperguruan tinggi DKI Jakarta.


Kata Kunci


Pendidik, Employability Skills, Bimbingan dan Konseling.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustin, Vony. 2012. Journal Kompetensi Lulusan Sarjana S-1 Psikologi Dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Perguruan Tinggi X. Surabaya : Universitas Surabaya.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Akib, Haedar. 2010. Journal Implementasi Kebijakan. Makasar : Universitas Negeri Makasar

Azwar, Saifudin. 2009. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bachri, Syamsul. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta : Prenada Media

Creswell. 2014. Research Design Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

De Grip, A., Van Loo, J. B., & Sanders, J. 2004. The industry employability index: taking account of supply and demand characteristic. Research Center for Education and the Labour Market (ROA), 143 (3), 212-233.

Fitriani, Leni. 2016. Journal Perencanaan Pengembangan Pusat Karir Sebagai Penunjang Sumber Daya Manusia Di Sekolah Tinggi Teknologi Garut. Garut : Sekolah Tinggi Teknologi Garut

Fugate, M., Kinicki, A. J., & Ashforth, B. E. 2004. Employability: A psycho-social construct, its dimensions, and applications. Journal of Vocational Behaviour , 65, 14-38.

Gantina, Eka dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta : Indeks

Ghufron, Nur dan Rini. 2010. Teori-teori Psikologi. Yogyakarta : Ar-ruzz Media

Gunarsa, D. Singgih. 2007. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta : BPK Gunung Mulia

Ishafit, DKK. 2015. Pedoman Penyusunan Skripsi FKIP UAD. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan

Kamaluddin. 2011. Journal Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jakarta : Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka

Kompas. 2019. Koran Sindo Digital . Jakarta : Di akses pada 15 juli 2019 pada pukul 21:03 WIB

McQuaid, Ronald W and Lindsay, Dale. 2005. The concept of employability. UK : University of York

Nurillah, Lilly. 2017. Journal Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Mahasiswa. Tasikmalaya: Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Prabowo, Arga S. 2016. Tesis Pengembangan Program Pengembangan Karir Mahasiswa Program Studi Kependidikan. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta

Pool and Sewell. 2007. Journal The key to employability : developing a practical model of graduate employability. UK : University of Central Lancashire

Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya

Robinson, Jacquelyn P. 2000. Journal The Workplace. Community workforce development specialist state headquarters : Auburn University, AL

Romlah, Tatiek. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang : Universitas Negeri Malang

Sundayana, Rostina. 2015. Statitika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara

Sukardi, 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara

Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi ke enam untuk bidang Biologi, Farmasi, Geologi, Industri, Kedokteran, Pendidikan, Psikologi, Sosiologi, Teknik Dll. Bandung: Tarsito

________. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta..

Thijssen, J. G., Heijden, B. I., & Rocco, T. S. 2008. Toward the employability-link model: current employment transition to future employment perspective. Human Resource Development Review, 7 (2), 165-183.

The Conference Board of Canada. (2000). Employability skills 2000+. Employability Skills 2000+. Ottawa: The Conference Board of Canada’s Employability Skills Forum and the Business and Education Forum on Science, Technology and Mathematics.

Winkel, W.S. and M.M. Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.7614

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.