NILAI-NILAI AL-ISLAM DAN KEMUHAMADIYAHAN DALAM MEMBENTUK PERILAKU ALTRUISME GURU BK SE-KARAWANG DI MASA PANDEMI

Asni Asni(1), fauzi nur ilahi(2*), Siti Hajar(3)

(1) Universitas Muhammadiyah PROF DR Hamka Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Muhammadiyah PROF DR Hamka Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Sebagai salah satu organisasi yang peduli terhadap pendidikan, Muhammadiyah juga menyoroti peran karakter pada peserta didik. Disisi lain guru bimbingan dan konseling sebagai praktisi disekolah memiliki peran sangat penting terhadap pendidikan karakter peserta didik. permasalahan masyarakat di masa pandemi bahwa mereka memiliki rasa ingin menolong. Namun, terhambat dengan kemampuan diri dan juga kurang percaya diri dalam memberikan bantuan. Permasalahan yang muncul di masa pandemi ini diharapkan mendeskripsikan perilaku altruisme. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling se-Karawang. Jenis instrumen yang digunakan wawancara dan observasi serta instrument pendukung untuk mengukur tingkat altruisme guru bimbingan dan konseling menggunakan instrumen berupa angket. Analisis tematik dilakukan kepada 75 partisipan guru bimbingan dan konseling yang bertugas di wilayah Karawang sehingga menghasilkan 62 subjek dengan kategori tinggi, 13 subjek berada pada kategori sedang dan 0 subjek pada kategori rendah. Hal ini mengindikasikan bahwa perilaku altruisme pada guru bimbingan dan konseling walaupun sedang di masa pandemic kepedulian terhadap sesama dilingkungan sekitarnya sudah sangat baik.


Kata Kunci


perilaku altruisme; al-islam dan kemuhammadiyahan; bimbingan dan konseling;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Nofriza, F. (2017). Development of training guide johari windows in improving student self-disclosure. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 2(1), 41. https://doi.org/10.23916/008621923-00-0

Tamrin, M. (2019). Al-Islam dan Kemuhadiyahan (AIK) Pilar Dakwah Islam Rahmatan Lil Alamin (Studi Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah di NTT). Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(1), 69–87.

Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(2), 43. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52

Muslihati. (2019). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. 4(3), 101–108. https://doi.org/10.17977/um001v4i32019p101

Marsinun, & Riswanto. (2020). Perilaku Cyberbullying Remaja di Media Sosial Youth Cyberbullying Behavior in Social Media. 12(2), 98–111.

Arifin, S. (2015). Rekonstruksi Al-Islam-Kemuhammadiyahan (Aik) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sebagai Praksis Pendidikan Nilai. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 13(2), 201–221. https://doi.org/10.32729/edukasi.v13i2.239

Ilahi, F. (2019). Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar , dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan , pengendalian diri , kepribadian , kecerda. 5(2), 211–231.

Nursalim, Mochamad. (2015). Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Erlangga.

Saswandi, T., & Sari, A. P. (2019). Analisis penerapan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam perkuliahan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 27. https://doi.org/10.29210/120192327

Nihayati, O. P. P. (2020). Internalisasi Nilai-nilai Al-Islam dan Internalization of Muhammadiyah and Islamic. 1(1), 15–19.

Kamaruzzaman. (2016). Analisis Faktor Penghambat Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), 229–242.

Baidarus, Tasman Hamami, Fitriah M. Suud, A. S. R. (2019). Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter a * Baidarus, b1 Tasman Hamami, c2 Fitriah M. Suud, d3 Azam Syukur Rahmatullah. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, 4(1), 71–91. http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/index.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.7612

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.