NILAI-NILAI AL-ISLAM DAN KEMUHAMADIYAHAN DALAM MEMBENTUK KEMATANGAN KARIR MAHASISWA DI MASA PANDEMI

fauzi nur ilahi(1*), Dwi Dasalinda(2), Fitni Wilis(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Muhammadiyah PROF DR Hamka Jakarta
(3) Universitas Muhammadiyah PROF DR Hamka Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Proses kematangan karir tidak semua individu dapat melaluinya dengan baik karena terdapat permasalahan yang tidak dapat dihindari terkait dengan karir. Disisi lain Kematangan karir merupakan bentuk dari keberhasilan individu dalam melewati tugas – tugas perkembangan karir yang dihadapi pada tiap tahap perkembangan karirnya. Pada pengambilan keputusan kareir perlu adanya perencanaan karier yang matang dalam pengambilan keputusan kariernya. Pada penelitian ini berfokus mahasiswa bimbingan dan konseling. Tujuan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisis suatu keadaan yang akan diteliti dengan dukungan literatur, maka akan memperkuat analisis peneliti dalam membuat suatu kesimpulan. Kepada 45 mahasiswa peserta bimbingan dan konseling semester II Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka Jakarta, menghasilkan 17 peserta mahasiswa bimbingan dan konseling pada kategori nilai tinggi, 27 peserta mahasiswa bimbingan dan konseling pada kategori skor sedang dan 1 peserta mahasiswa bimbingan dan konseling pada skor rendah.


Kata Kunci


perilaku altruisme; al-islam dan kemuhammadiyahan; bimbingan dan konseling;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al anshari, A.F. (2016). Perbedaan Kematangan Karir Siswa Berdasarkan Status Sosial Ekonomi: Studi Komparatif Pada Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 234 Jakarta (Skripsi, Universitas Negeri Jakarta).

Arifin, S. (2015). Rekonstruksi Al-Islam-Kemuhammadiyahan (Aik) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sebagai Praksis Pendidikan Nilai. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 13(2), 201–221. https://doi.org/10.32729/edukasi.v13i2.239

Azwar, Saifudin. (2009). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baidarus, Tasman Hamami, Fitriah M. Suud, A. S. R. (2019). Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter a * Baidarus, b1 Tasman Hamami, c2 Fitriah M. Suud, d3 Azam Syukur Rahmatullah. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, 4(1), 71–91.

Crites, O. Jhon. (1961). A Model For The measurement Of Vocational Maturity. Journal Of Counseling Psychology, 8(3), 255–259.

Grashinta, Istiqomah, & Wiroko. (2018). Pengaruh Future Time Perspective Terhadap Kematangan Karir Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(1), 25-31.

Ilahi, F. (2019). Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar , dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan , pengendalian diri , kepribadian , kecerda. 5(2), 211–231.

Lestari, I. (2017). Meningkatkan Kematangan Karier Remaja Melalui Bimbingan Karier Berbasis Life Skills. Jurnal Konseling Gusjigang,Vol 3(1).

Marsinun, & Riswanto. (2020). Perilaku Cyberbullying Remaja di Media Sosial Youth Cyberbullying Behavior in Social Media. 12(2), 98–111.

Muslihati. (2019). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. 4(3), 101–108. https://doi.org/10.17977/um001v4i32019p101

Nihayati, O. P. P. (2020). Internalisasi Nilai-nilai Al-Islam dan Internalization of Muhammadiyah and Islamic. 1(1), 15–19.

Nofriza, F. (2017). Development of training guide johari windows in improving student self-disclosure. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 2(1), 41. https://doi.org/10.23916/008621923-00-0

Partino, H, R. (2006). Kematangan Karier Siswa SMA: Jurnal Psikologika, 21(11).

Pinasti, W. (2012). Pengaruh self-efficacy, locus of control dan faktor demografis terhadap kematangan karir mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).

Rachmawati (2012). Hubungan self efficacy dengan kematangan karier pada mahasiswa tingkat awal dan tingkat akhir di Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Surabaya, Vol 1(1), 1-25.

Rosdiana, I. (2016). Faktor-faktor Kematangan karir. (Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia).

Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(2),43.

Saswandi, T., & Sari, A. P. (2019). Analisis penerapan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam perkuliahan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 27. https://doi.org/10.29210/120192327

Savickas, M. L. (1984). Career maturity: The construct and its measurement. Vocational Guidance Quarterly, 32(4), 222–231

Tamrin, M. (2019). Al-Islam dan Kemuhadiyahan (AIK) Pilar Dakwah Islam Rahmatan Lil Alamin (Studi Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah di NTT). Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(1), 69–87.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.7611

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.