PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEBERHARGAAN DIRI PADA MAHASISWA

Devi Ratnasari(1*), Maria Oktasari(2), Ahman Ahman(3), Ipah Saripah(4)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen keberhargaan diri pada mahasiswa. Penelitian menggunakan metode pengembangan instrumen. Pengumpulan data dilakukan melalui angket keberhargaan diri pada mahasiswa. Hasil uji lapangan instrumen keberhargaan diri dianalisis menggunakan model pengukuran RASCH dan software Winstep. Berdasarkan hasil Uji Item Fit Order diketahui bahwa dari 58 item terdapat 7 item yang tidak fit/ valid. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat 51 item yang valid. Hasil Uji Reliabilitas Item dan Person berada dalam rentang ideal (+0.5 logit s/d +1.5 logit) yaitu sebesar 0.94 dan 0.88 yang berada pada kategori sangat baik dan memenuhi syarat pengukuran. Hasil analisis sebaran item atau item map keberhargaan diri didapatkan data bahwa item no P9  merupakan item yang paling sulit untuk diberikan persetujuan, sedangkan item dengan tingkat kesulitan terendah adalah item P20. Selain itu, hasil Uji Unidimensionality menunjukkan bahwa analisis varians sebesar 6.2% telah memenuhi kriteria yaitu tidak >15%, hal tersebut menjelaskan bahwa terpenuhinya kondisi ideal untuk dilaksanakannya pengukuran. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam penggunaan instrumen keberhargaan diri di kalangan mahasiswa, yang selanjutnya dapat dilanjutkan dengan perumusan model bimbingan dan konseling yang tepat dalam meningkatkan keberhargaan diri pada mahasiswa. 

Kata Kunci


Instrumen Keberhargaan Diri, Mahasiswa, RASCH Model

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, S. N. . (2020). Hubungan Self Compassion dengan Self Esteem Pada Mahasiswa Organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa. Retrieved from http://repository.unj.ac.id/10255/1/COVER.pdf

Adiputra, S. (2015). Keterkaitan self efficacy dan self esteem terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(2).

Adiputra, S. (2018). Self-Compassion Profile in Lampung Culture Perspective. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, 2(1), 8–21.

Arbabisarjou, A., Zare, S., Shahrakipour, M., & Ghoreishinia, G. (2016). The relationship between self-esteem and academic achievementmotivation in university students. International Journal of Pharmacy and Technology, 8(2), 12353–12360.

Boateng, G. O., Neilands, T. B., Frongillo, E. A., Melgar-Quiñonez, H. R., & Young, S. L. (2018). Best practices for developing and validating scales for health, social, and behavioral research: a primer. Frontiers in Public Health, 6, 149.

Depdiknas, D. P. (2008). Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling.

Febriana, G., Dwityanto, A., & Psi, S. (2016). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Kepercayaan Diri Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hanum, R., Nurhayati, E., & Riani, S. N. (2014). PENGARUH BODY DISSATISFACTION DAN SELF-ESTEEM DENGAN PERILAKU DIET MAHASISWI UNIVERSITAS †œX†SERTA TINJAUAN DALAM ISLAM. Journal Psikogenesis, 2(2), 180–190.

Healey, J., & Beauregard, E. (2015). The impact of persistent deviant sexual interests and persistent low self-esteem on sexual homicide. Criminal Justice and Behavior, 42(12), 1225–1242.

Irawati, N., & Hajat, N. (2012). Hubungan antara harga diri (self esteem) dengan prestasi belajar pada siswa SMKN 48 di Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Econosains, 10(2), 193–210.

Jaaffar, A. H., Ibrahim, H. I., Rajadurai, J., & Sohail, M. S. (2019). Psychological impact of work-integrated learning programmes in malaysia: the moderating role of self-esteem on relation between self-efficacy and self-confidence. International Journal of Educational Psychology, 8(2), 188–213.

Johnson, B. W., Redfield, D. L., Miller, R. L., & Simpson, R. E. (1983). The Coopersmith self-esteem inventory: A construct validation study. Educational and Psychological Measurement, 43(3), 907–913.

Juniartha, I. G. N., Ruspawan, I. D. M., & Sipahutar, I. E. (2015). Hubungan Antara Harga Diri (Self-Esteem) Dengan Tingkat Stres Narapidana Wanita Di Lapas Klas Iia Denpasar. Commmunity of Publishing in Nursing, 3, 14.

Kolubinski, D. C., Frings, D., Nikčević, A. V, Lawrence, J. A., & Spada, M. M. (2018). A systematic review and meta-analysis of CBT interventions based on the Fennell model of low self-esteem. Psychiatry Research, 267, 296–305.

Krauss, S., Orth, U., & Robins, R. W. (2020). Family environment and self-esteem development: A longitudinal study from age 10 to 16. Journal of Personality and Social Psychology, 119(2), 457.

Man, S. S., Chan, A. H. S., & Alabdulkarim, S. (2019). Quantification of risk perception: Development and validation of the construction worker risk perception (CoWoRP) scale. Journal of Safety Research, 71, 25–39.

Mruk, C. J. (2013). Self-esteem and positive psychology: Research, theory, and practice. Springer Publishing Company.

Nwankwo, C. B., Okechi, B. C., & Nweke, P. O. (2015). Relationship between perceived self-esteem and psychological well-being among student athletes. Academic Research Journal of Psychology and Counseling, 2(1), 8–16.

Orth, U., Erol, R. Y., & Luciano, E. C. (2018). Development of self-esteem from age 4 to 94 years: A meta-analysis of longitudinal studies. Psychological Bulletin, 144(10), 1045.

Rosenberg, M. (2015). Society and the adolescent self-image. Princeton university press.

Santi, N. N. (2017). Dampak kecenderungan narsiscisme terhadap self esteem pada pengguna facebook mahasiswa PGSD UNP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 25–30.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi model Rasch untuk penelitian ilmu-ilmu sosial (edisi revisi). Trim Komunikata Publishing House.

Yang, J., Dedovic, K., Chen, W., & Zhang, Q. (2012). Self-esteem modulates dorsal anterior cingulate cortical response in self-referential processing. Neuropsychologia, 50(7), 1267–1270.

Zeigler-Hill, V. (2013). Self-esteem. Psychology Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.7282

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.