IMPLEMENTASI TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA S1

Khairunisa Khairunisa(1*), A Muri Yusuf(2), Firman Firman(3)

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author

Sari


One of the main tasks of students is learning because through learning students build critical abilities, add insight, improve the quality of knowledge, and hone their skills, namely social, psychological, affective, and cognitive abilities. Students are individuals who have an age range of 18-22 years. Referring to the developmental tasks at this phase, individuals should be able to take responsibility, commit, prioritize activities, manage themselves, and regulate the flow of their activities independently. However, the phenomenon of academic procrastination occurs in almost all students both outside and within the country so that this causes the behavior displayed by students to be contrary to the development that should be done. Academic procrastination is also caused by various factors, both internal and external. Academic perocrastination behavior also hinders individuals from achieving success in their academic life, such as decreased academic skills at school, late completion of lectures, and decreased quality of knowledge and insight in today's young generation.

Kata Kunci


Learning, Student, Academic Procrastination

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

A, Syaiful Indra, dkk. 2015. Efektivitas Team Assisted Individualization Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Edukasi. Vol 1, Nomor 2.

Anggawijaya, Sabatini. 2013. Hubungan Antara Depresi Dan Prokrastinasi Akademik Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.2 No.2.

Aini, Aliya Noor & Iranita Hervi Mahardayani. 2011. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. Volume I, No 2.

Alfina, Irma. 2014. Hubungan Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Akselerasi (SMA Negeri 1 Samarinda). Journal Psikologi. Vol.2 No.2.

Al Karim, Aisyah Octaviani. 2016. Penerapan Konseling Kelompok Self Management Untuk Mengatasi Kesulitan Mengelola Waktu Belajar Siswa Kelas X-Mia 4 Sman 3 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Unesa.

Alan, Evision. 1983. Oxford Learner’s Pocket Dictionary New York : Oxford University Press.

Annisa Putri, Noor Fitriana. dkk. 2012. Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Candrajiwa. Vol 1, No 2.

Andayani, Tri Rejeki dkk. 2011. Model Pembelajaran Regulasi Diri Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Pada MAhasiswa. Vol 3. No 2.

Asri, Dahlia Novarianing. 2014. Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling Ikip Pgri Madiun Ditinjau Dari Efikasi Diri, Fear Of Failure, Gaya Pengasuhan Orang Tua, Dan Iklim Akademik. Jurnal LPPM Vol. 2 No. 2.

Alviana, Devi & Warto. 2018. Hubungan prokrastinasi Akademik dengan Aktualisasi Diri Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Purwokerto. Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Vol. 12, No. 1.

Ardila, Yuwinda, dkk. 2017. Penerapan Teknik Modeling Simbolik Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Di MTsN Model Banda Aceh. Jurnal Bimbingan Konseling Unsyiah. Vol 2, No 3.

Aziz, Abdul & Raharjo. 2013. Faktor-Faktor Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Menyusun Skripsi Di Universitas Muhammadiyah Purwokerto Tahun Akademik 2011/2012. Psycho Idea, Tahun No.1, Februari 2013. ISSN 1693-1076.

Corey, Gerald. 2009. Theory and Practice of Grop Counseling. United Kingdom: Brooks/Cole.

Corey, Gerald. 2005. Teori dan Praktek Konseling Terapi. Refika Aditamma: Bandung.

Chornelia, Ayu. 2013. Pengaruh Stres Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMP Katolik Wignya Mandala Tumpang-Malang. Psikovidya Volume 17 Nomor 1.

Cinthia, Rindita Ratu & Erin Ratna Kustanti. 2017. Hubungan Antara Konformitas Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Empati, April 2017 Volume 6 (Nomor 2).

Cholik, Abdul. 2014. Sepuluh Tugas Pelajar. Harian Analisa. http://harian.analisadaily.com/taman-remaja-pelajar/news/10-tugas-pelajar/61638/2014/09/07 (diakses pada 23 Desember 2018).

Dietz, Franziska. 2007. Individual Values, Learning Routines And Academic Procrastination. British Journal of Educational Psychology. 77.

Dewitte, Siegfried & Willy Lens. 2000. International Journal of Educational Chapter 3 Exploring volitional problems in academic procrastinators. International Journal of Educational Research.

Fatchurahman, Depie, M. 2017. Konseling Kelompok Gestalt Dengan Reversal Technique Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Self-Management Dalam Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMP. Jurnal Bimbingan Konseling, Volume 3 Nomor1 (18-25).

Fauziah, Hana Hanifah. 2015, Fakor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi Vol. 2, No. 2, Hal: 123 – 132.

Ferrari, Joseph R. & Catherine A. Roster. 2017. Delaying Disposing: Examining the Relationship between Procrastination and Clutter across Generations. Psychological Reports.

Harriott, Jesse. 1996. Prevalence Of Procrastination Among Samples Of Adults’. Psychological Reports. 78.

Heriansyah, Masnur rima. 2017. Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI) Vol. 2, No. 2.

Indah, Putri Sari. 2012. Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Ketidakjujuran Akademik Pada Mahasiswa Psikologi UIN Suska Riau. Jurnal Psikologi. Volume 8. Nomor 1.

Indryaningsih, Ni Luh Putu, dkk. 2014. Penerapan Teori Konseling Behavioral Dengan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii B4 Smp Negeri 4 Singaraja. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling Volume: 2 No 1.

Isparjadi. 1988. Statistik Pendidikan. Jakarta: Depdikbud, Dikti: P2LPTK.

Jaya, S. R. L. 2016. Studi Deskriptif Kuantitatif Prokrastinasi Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Universitas Sanata Dharma.

Julyanti, Miranda & Siti Aisyah. 2015. Hubungan Antara Kecanduan Internet Dengan Prokrastinasi Tugas Sekolah Pada Remaja Pengguna Warnet Di Kecamatan Medan Kota. Jurnal Diversita. Volume 1, Nomor 2.

Kartadinata, Iven. 2008. I Love You Tomorrow: Prokrastinasi Akademik dan Manajemen Waktu. Indonesian Psychological Journal Vol. 23. No. 2.

Kartika, dan Ihsan Juntika. 2016. Efektifitas Teknik Konseling Management Untuk Mengurangi Perasaan Inferiority Feeling. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol 16, No 1.

Kennett, Deborah J. 1994. Academic self-management counselling: Preliminary evidence for the importance of learned resourcefulness on program success.

Kusdiyati, Sulisworo. 2011. Penyesuaian Diri Di Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas XI Sma Pasundan 2 Bandung. Jurnal Humanitas. Vol. VIII No.2.

Khotimah, Rahmawati Husnul dkk. 2016. Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Smp Negeri Di Kota Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling Vol 1, No. 2, 2016.

Komalasari, Gantina Dkk. (2011). Teori Teknik Konseling, Jakarta: Indeks. Gunarsa.

Klingsieck, Katrin B. 2013. Procrastination in Different Life-Domains: Is Procrastination Domain Specific?. Curr Psychol (2013) 32:175–185.

Miltenberger G. Raymond. 2008. Behavior Modification: Principles and Procedures. University of South Florida.

Mohammed, Adel Abdulla, dkk. 2013. Academic Procrastination Among College Students With Learning Disabilities: The Role Of Positive And Negative Self-Oriented Perfectionism In Terms Of Gender, Specialty And Grade. International Journal of Psycho-Educational Sciences. Volume 2, Issue 1.

Mujiyati, 2015. Mereduksi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Melalui Teknik Token Economy. Jurnal Fokus Konseling Volume 1 No. 2.

Mulyati, Lia, dkk. 2013. Analisis Faktor yang Memengaruhi Self Management Behaviour pada Pasien Hipertensi. Volume 1 Nomor 2.

Nurhayati. 2015. Teknik Desentisasi Sistematis Untuk Menurunkan Kecemasan. Skripsi. Pustaka Universitas Syiah Kuala.

Nurazmi, Rifky & Kusnarto Kurniawan. 2016. Meningkatkan Motivasi Berprestasi Rendah Melalui Konseling Behaviour Teknik Self Management. Jurnal Pendidikan Unesa. Vol 5. No.4.

Novianti, Yoanda Putri. 2014. Penerapan Teknik Self Control Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas Xi Ips 5 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Vol 4. No 3.

Monica, Mega Aria. 2016. Efektivitas Layanan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self-Management Untuk Mengembangkan Tanggung Jawab Belajar Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Bimbingan dan Konseling Volume 03. Nomor 1.

Ovalia, Indra. 2017. Pengaruh Penggunaan Strategi Self-Management Dalam Konseling Kelompok Terhadap Intensitas Minat Belajar Siswa Kelas X Smk Al-Islah Surabaya. Jurnal Bimbingan Konseling Fkip Unipa.

Pravesti, Cindy Asli. 2015. Strategi Self-Management Untuk Meningkatkan Kebiasaan. Jurnal Wahana Volume 65, Nomor 2.

Puspitasari, et al. 2017. Pengaruh Pelatihan Manajemen Diri terhadap Perilaku Merokok Remaja. e-Jurnal Pustaka Kesehatan, vol.5 (no.1).

Rahardjo W, Juneman, Setiani Y. 2013. Computer Anxiety, Academic Stress, and Academic Procrastination on College Students. Journal of Education and Learning. Vol.7 (3) pp. 147-152.

Riswandi, Bobby. 2011. Tujuh Tugas Pelajar Menurut Imam Al-Ghazali. Wikipedia Indonesia. https://tempatdakwah.wordpress.com/2011/10/16/7-tugas-pelajar-imam-al-ghazali/ (diakses pada 23 Desember 2018).

Richard, Jones-Nelson (2011) Teori dan Praktik Konseling Dan Terapi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rumiani. 2006. Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi. Vol.3. No. 2.

Retnowulan, Dyah Ayu. 2013. Penerapan Strategi Pengelolaan Diri (Self Management) Untuk Mengurangi Kenakalan Remaja Korban Broken Home. Jurnal BK Unsesa. Vol 3, No 1.

Sari, Media dkk. 2017. Motivasi Berprestasi Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Volume 5. No 2.

Sastrawan, I Kadek Jeri, dkk. 2014. Penerapan Konseling Behavioral Dengan Strategi Self Management Model Yates Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Akomodasi Perhotelan 3 Smk Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Ejournal Undiksha Jurusan Bimbingan Konseling Volume : Vol: 2 No: 1.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Supriyati, Anik & Supriyo, Awaly. 2013. Meningkatkan Self Management Dalam Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII. Universitas Negeri Semarang.

Specter & Ferrari, Joseph. R. 2000. Procrastination Current Issues And New Directions. Select Press. Corte Madera.

Setyadi, Pratiwi & Endah Mastuti. 2014. Pengaruh Fear Of Failure Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Berasal Dari Program Akselerasi. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial Vol.03 No. 01.

Setiawan, Gede Danu. 2018. Efektivitas Model Konseling Behavioral Dengan Strategi Self Management Model Yates Dengan Model Cormier Terhadap Pengembangan Self Outonomy Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Pendidikan Vol.05 No.1 Edisi Juni 2018.

Surijah, Edwin Adrianta dan Sia Tjundjing. 2007. Mahasiswa Versus Tugas: Prokrastinasi Akademik dan Conscientiousness. Anima, Indonesian Psychological Journal. Vol. 22, No. 4.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana (PrenadaMedia).

Suwanto, Insan. 2016. Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia Volume 1 Nomor 1.

Suwardani, Ni Pipi, dkk. 2014. Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas Viii B3 Smp Negeri 4 Singaraja. e-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling Volume: 2 No 1.

Syamsuddin, dkk. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tatan Z.M. 2015. Analisis Prokrastinasi Tugas Akhir/Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Teknik, Matematika & IPA Universitas.

Tondok, Anima Marselius Sampe, dkk. 2008. Prokrastinasi Akademik dan Niat Membeli Skripsi. Indonesian Psychological Journal. Vol. 24, No. I.

Trinova, Zulvia. 2012. Hakikat Belajar Dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Ta’lim, Jilid 1, Nomor 3, hlm. 209-215

Ursia, Nela Regar, dkk. 2013. Prokrastinasi Akademik dan Self-Control pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Jurnal Sosial Humaniora. Vol.1. No 17.

Utaminingsih, Sartika. 2012. Tipe kepribadian dan prokrastinasi akademik pada siswa sma ”x” tangerang. Jurnal Psikologi Volume 10.Nomor 1.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (Diakses pada tanggal 14-November-2018).

Wijaya, Candra Adi. 2016. Penerapan Konseling Kelompok Dengan Strategi Self-Management Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Dlanggu Mojokerto. Vol 6, No 1.

Zusya, Annisa Rosni, dkk. 2016. Hubungan Self Efficacy Akademik dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Psikologi. Volume 3, Nomor 2.

Zakiyah, Naili Dkk. 2010. Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i2.7110

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.