EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK REALITAS TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS VIII MTsN 6 PADANG

Djumadil Rahman(1*), Masril Masril(2), Yuliana Nelisma(3), Dasril Dasril(4)

(1) MTs Negeri 6 Padang
(2) Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
(3) Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
(4) Institut Agama Islam Negeri Batusangkar
(*) Corresponding Author

Sari


Tingginya sikap prokrastinasi akademik siswa. Tujuan pembahasan tesis ini untuk melihat Efektifitas Konseling Kelompok Realitas Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII MTsN 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Pre eksperimental designs one-group pre-test post-test dimana kelompok eksperimen diukur variabel dependen kemudian diberikan perlakuan (treatment) dan dilakukan pengukuran uang. Populasi dalam penelitian ini adalah 134 orang. 9 orang sampel yang diambil menggunakan teknik purposive random sampling yaitu pengambilan data dengan pertimbangan tertentu yaitu yang terindikasi skor sangat tinggi, tinggi, sedang. Instrumen yang digunakan adalah angket prokrastinasi akademik. Dari penelitian yang peneliti lakukan diperoleh hasil deskripsi prokrastinasi akademik siswa pre-test kelompok eksperimen memiliki rata-rata 99,6, nilai tergolong tinggi. Setelah diberikan perlakuan nilai post-test kelompok eksperimen memiliki rata-rata nilai 72,6. Nilai mengalami penurunan dan tergolong sedang. Hasil uji hipotesis mengungkapkan bahwa konseling kelompok realitas efektif menurunkan prokrastinasi akademik siswa.


Kata Kunci


Konseling kelompok Realitas, Prokrastinasi Akademik Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A., R., D., F., P., L., S., N., L., M., A., R., G., A., & P., C. (2018). Treating Procrastination Using Cognitive Behavior Therapy: A Pragmatic Randomized Controlled Trial Comparing Treatment Delivered via the Internet or in Groups. Behavior Therapy.

Anak, S. P. (2009). Arikunto, Suharsimi.(1993). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Universitas.

Blake, A. (2019). The Procrastination Equation: How to Stop Putting Things Off and Start Getting Stuff Done PiersSteel. Performance Improvement. https://doi.org/10.1002/pfi.21314

Bojuwoye, O. (2019). Causes of Academic Procrastination Among High School Pupils with Learning Disabilities in Ilorin, Kwara State, Nigeria. International Journal of Technology and Inclusive Education. https://doi.org/10.20533/ijtie.2047.0533.2019.0171

Faujiah, R. A., Rahman, I. K., & Yono, Y. (2018). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Religiusitas Siswa di SMA Negeri 10 Bogor. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i2.3952

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Hajhosseini, M., & Masood Gholamali Lavasani, M. R. B. (2016). Effectiveness of Group Counseling based on Reality Therapy on Academic Procrastination and Behavioral Self-Regulation of Students. Journal of Mazandaran University of Medical Sciences.

Juliyanti, R., & Aizah, N. (2021). Motivasi Pilihan Karir bagi Remaja pada Masa Pandemi Covid-19. Anterior Jurnal. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i2.1661

Lieberman, C. (2019). Why You Procrastinate (It Has Nothing to Do With Self-Control). New York Times.

Madjid, A., Sutoyo, D. A., & Shodiq, S. F. (2021). Academic procrastination among students: The influence of social support and resilience mediated by religious character. Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.34641

Masril, M., & Afiat, Y. (2020). SOLUTION FOCUS BRIEF COUNSELING DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN SEBAGAI MANIFESTASI PENDIDIKAN MASA KINI. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam. https://doi.org/10.14421/hisbah.2020.171-02

Novia Solichah. (2020). Konseling Pendekatan Terapi Realitas untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Penelitian Psikologi. https://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.346

Prof. Dr.sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, Dan R&D. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Rahma, W., & Franciskus, R. S. (2019). THE IMPACT OF SOLUTION-FOCUSED BRIEF COUNSELLING TOWARDS THE DECREASE OF ACADEMIC PROCRASTINATION AMONG GRADUATE STUDENTS. … 2nd International Seminar on ….

Sumarwiyah, S., Zamroni, E., & Hidayati, R. (2015). SOLUTION FOCUSED BRIEF COUNSELING (SFBC): ALTERNATIF PENDEKATAN DALAM KONSELING KELUARGA. JURNAL KONSELING GUSJIGANG. https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.409

The Effect of Procrastination on Academic Performance of Online Students at a Hispanic Serving Institution. (2019). Journal of Business Diversity. https://doi.org/10.33423/jbd.v19i2.2053

Walters, L. H., & Corey, G. (1980). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Family Relations. https://doi.org/10.2307/583738




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6794

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.