STRATEGI PERENCANAAN ALUMNI DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PERGURUAN TINGGI (SUATU STUDI KASUS)

Husnul Madihah(1*)

(1) UNISKA-MAB
(*) Corresponding Author

Sari


Alumni sebagai bagian output tentunya memiliki peranan yang penting terhadap suatu lembaga pendidikan. Perguruan Tinggi mampu berperan dalam berbagai bidang lingkungan kampus maupun masyarakat luas. Strategi Perencanaan Alumni ini berupa layanan bimbingan karir, pendataan alumni, perencanaan program. Layanan bimbingan karir dilaksanakan agar memudahkan alumni akses informasi layanan, sehingga terciptanya kerjasama dengan berbagai institusi seperti lembaga-lembaga perbankan dan institusi lainnya, mengkoordinasikan pelayanan jaringan kerja kepada alumni. Bimbingan karir juga dapat dipakai sebagai sarana pemenuhan kebutuhan perkembangan peserta didik yang harus dilihat sebagai bagaian integral dari program pendidikan yang diintegrasikan dalam setiap pengalaman belajar bidang studi. Perguruan tinggi telah melakukan pendataan alumni melalui tracer study dengan tujuan untuk mengevaluasi output atau outcome Perguruan Tinggi, memperoleh informasi kesuksesan lulusan dalam karir, status pendapatan, serta relevansi antara pengetahuan dan keterampilan lulusan dengan pekerjaannya, sebagai tanggungjawab perguruan tinggi dalam menyiapkan peserta didik untuk menghadapi dunia kerja pada masa yang akan datang, sebagai dasar untuk melakukan perbaikan proses pembelajaran. Perguruan Tinggi sudah melaksanakan perencanaan alumni  secara efektif dan efesien agar sesuai dengan kebutuhan lembaga dalam membantu terwujudnya suatu tujuan.


Kata Kunci


Strategi Perencanaan; Alumni; Daya Saing Perguruan Tinggi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abbas, S. (2008). Manajemen Perguruan Tinggi: Beberapa Catatan. Jakarta: Kencana.

Afrizal. (2008). Studi Pelacakan Alumni (Maju Bersama Alumni), Jambi: Fakultas Ekonomi UNJA

Awaluddin. Fungsi Manajemen Dalam Pengadaan Infrastruktur Pertanian Masyarakat Di Desa Watatu Kecamatan Banawa Selatan Kabupaten Donggala”.Publication. 2 (1), 1-12

Basri, H. S. (2011), Eksistensi dan Peran Alumni Fakultas Dakwah, Jurnal Dakwah, 9 (1), 137-158

David, F. R. (2011). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep, Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat

Dubrin, A. J., (2005). Leadership (Terjemahan), Edisi Kedua, Prenada Media, Jakarta.

Hasibuan. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara

Nazili. (2009), “Tracer Study Alumni Fakultas Dakwah”. Jurnal Dakwah. 9 (1), 85-105

Rifqi, A., Imron, A., Mustiningsih.(2016), Manajemen Alumni Di Pondok Pesantren Modern Dan Salaf (Studi Di Pondok Pesantren Nurul Jadid Dan Pondok Pesantren Sidogiri), Jurnal Pendidikan: 1 (4), 686—691

Schomburg, H. (2003). Handbook for Graduate Tracer Studies: Centre for Research on Higher Education and Work. University of Kassel. Germany.

Somantri. (2014). Perencanaan Pendidikan, PT Penerbit IPB Press Kampus IPB Taman Kencana.

Terry. (2014). Dasar-Dasar Manajemen. (Principles of Management), Jakarta: Terj. G.A. Ticoalu Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.6535

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.