PERAN GURU BK DALAM IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MASA PANDEMI SMP NEGERI 2 GRESIK

Maharani Purwitasari(1*), Maghfirotul Lathifah(2), Sutijono Sutijono(3)

(1) Universitas PGRI Adibuana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(3) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi yaitu pandemi yang mengharuskan pembelajaran disekolah dilakukan secara daring yang memberikan dampak bagi siswa dalam belajarnya. Bimbingan Belajar adalah aktivitas manusia secara sadar untuk mendapatkan  perubahan tingkah laku, kemampuan, keterampilan maupun sikap dalam dirinya ke arah yang lebih baik sebagai hasil dari pengalaman dan interaksi dengan lingkungannya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran guru dan cara guru BK mengimplementasikan layanan bimbingan belajar dalam mengajar  sebagai upaya meningkatkan belajar siswa pada saat mengikuti pembelajaran secara daring. Metode penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dan pedoman wawancara. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu peran guru bimbingan dan konseling sangatlah penting dalam implementasi layanan bimbingan belajar di SMP N 2 Gresik selama masa pandemi, hal tersebut dapat dilihat dari kolaborasi antara guru BK dengan guru mapel di sekolah.


Kata Kunci


Evaluasi Bimbingan dan Konseling

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andayani, N. P. S. N., Sulastri, M., & Sedanayasa, G. (2014). Mengalami Kesulitan Belajar Siswa Kelas X4 SMA Negeri 1 Sukasada. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1).

Bansal, S. (2014). International Journal of Education and Management Studies. International Journal of Education and Science Research, 1(5), 143–146. http://www.iahrw.com/index.php/home/journal_detail_menu/21/63/119

County, B., Ombaba, S., & Magaki, E. K. (2013). Assessment of Implementation Levels of Guidance and Counselling Programme in Kenyan Secondary Schools : A case of Sotik District ,. 4(3), 178–186.

Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi, 4(2), 165–172. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/50

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Nabavi, R. T. (2016). Theories of Developmental Psychology: Bandura ’ s Social Learning Theory & Social Cognitive Learning Theory. Research Gate, January 2012, 1–24.

Prasanti, D. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 13–21. https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.645

Rahman, A. (2015). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Pelaksanaan Bimbingan Belajar Di SMK Negeri 1 Loksado. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 2(1), 1–14.

Rismara, Farial, Rohimah, & Aminah. (2020). the Role of Bk Teachers in Implementing Services for Guidance and Counseling To Children With Special Needs At Junior High School State 10 Banjarmasin. International Conference On Social Sciences & Humanity, Economics, And Politics, 2020, 306–310.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i2.6476

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.