BIMBINGAN DAN KONSELING BERMAIN DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL UNTUK MENGEMBANGKAN RESILIENSI MAHASISWA

Syska Purnama Sari(1*), Yusi Riksa Yustiana(2)

(1) Universitas PGRI Palembang
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


Mahasiswa biasanya menghadapi tekanan akibat proses akulturasi dengan budaya baru di tempat ia menuntut ilmu karena harus menghadapi perubahan budaya, perubahan gaya hidup, perubahan lingkungan dan mahasiswa dituntut untuk mampu memenuhi tuntutan perilaku, kognitif, serta afektif yang muncul dari lingkungan Resiliensi sangat diperlukan bagi individu khususnya mahasiswa agar mampu menghadapi dan bertahan dengan lingkungan dan budaya baru. Peran Bimbingan dan konseling untuk membantu mahasiswa agar memiliki kompetensi pribadi resiliensi adalah dengan memberikan upaya preventif berupa Bimbingan Konseling Bermain dengan pendekatan kognitif behavior. Metode yang digunakan adalah literatur review. Hasil yang diperoleh adalah upaya preventif yang dapat dilakukan untuk mengembangkan resiliensi mahasiswa adalah dengan menggunakan kegiatan bimbingan kelompok dengan strategi bermain menggunakan pendekatan kognitif behavioral. Jenis permainan pada permainan ini adalah permainan-permainan tradisional meliputi permainan hompimpa, ular tangga, bakiak dan congklak.


Kata Kunci


Bermain; Cogntive Behavioral; Resiliensi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of a new Resilience scale: The Connor-Davidson Resilience scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18(2), 76–82. https://doi.org/10.1002/da.10113

Dudija, N., Sobirin, A., Himam, F., Indonesia, U. I., & Mada, U. G. (2017). SURVIVAL IN CHANGE : WHEN CULTURE SHOCK TOWARDS. 32(3), 6414–6421.

Fatimah Azzahra. (2017). Pengaruh Resiliensi terhadap Distress Psikologis pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5(1).

Firmansyah, T. (2021). Mahasiswa ditemukan Tewas di Parkiran Mall, Diduga Bunuh Diri. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/r0nx05377/mahasiswa-ditemukan-tewas-di-parkiran-mal-diduga-bunuh-diri

Fitri, H. U. & K. (2019). Konseling Kelompok Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 1(2), 1. http://journal.kurasinstitute.com/index.php/bocp

Ghorbani Amir, H. A., Moradi, O., Arefi, M., & Ahmadian, H. (2019). The Effectiveness of Acceptance and Commitment Therapy on Cognitive-Emotional Regulation, Resilience, and Self-control Strategies in Divorced Women. Avicenna Journal of Neuro Psycho Physiology, 6(4), 195–202. https://doi.org/10.32598/ajnpp.6.4.5

Grotberg, E. H. (Ed. . (2003). Resilience for today: Gaining strength from adversity. Praeger Publishers/Greenwood Publishing Group.

Hamizah, N., Nubailah, S., Yusof, M., Sukor, N. M., Kepimpinan, F., Sains, U., Nilai, B. B., & Sembilan, N. (2021). TERAPI BERMAIN MENURUT PENDEKATAN ISLAM Play Therapy in Islamic Approaches merangkumi akidah , ibadah , akhlak , hinggalah kepada urusan kemasyarakatan , politik ,. Jurnal Pendidikan Awal Kanak-Kanak Kebangsaan, 10(2), 61–70.

Hicks, S. P., & Hicks, S. (2021). Financial Stress in Undergraduate Students Walden University This is to certify that the doctoral study by.

Hidayat, D. R., & Siwabessy, L. (2015). Pendekatan-Pendekatan Kontemporer dalam Konseling di Sekolah. Lembaga Pengembangan Pendidikan UNJ.

Hikmawati, D. (2021). Program Kampus Merdeka VS Setengah Juta Mahasiswa Putus Kuliah. Muslimah News. https://www.muslimahnews.com/2021/08/29/program-kampus-merdeka-vs-setengah-juta-mahasiswa-putus-kuliah/

Ida Ayu Made Putri, I. N. S. & L. A. T. (2017). Pengaruh permainan tradisional hompimpa berbantuan media ogoh-ogoh terhadap nilai karakter anak usia dini kelompok B1 TK saraswati sukawati jurusan PG PAUD , 2 jurusan PGSD fakultas ilmu pendidikan universitas pendidikan ganesha e-journal pendidikan anak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 106–115.

Iswinarti, Indri Puspita Sari, I. (2019). PENINGKATAN REGULASI EMOSI MELALUI MEDIA LEARNING PADA WANITA DEWASA MADYA. Naskah Prosiding Temilnas XI IPPI, September, 20–21.

Journal, D., & Dashti, M. S. (2021). Providing a framework for investigating the effect of cognitive behavioral therapy on resilience and stress of hospital staff. 2(1), 1–22.

Kadek, N., Mas, A., Hapsari, Y., & Eva, N. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Baru. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Untuk Ilmuwan, Konsultan Dan Praktisi (Senikopa), 107–120.

Keye, M. D., & Pidgeon, A. M. (2013). Investigation of the Relationship between Resilience, Mindfulness, and Academic Self-Efficacy. Open Journal of Social Sciences, 01(06), 1–4. https://doi.org/10.4236/jss.2013.16001

Khoirunnisa, H., Khasanah, I., & ... (2019). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini Melalui Media Congklak. … Nasional PAUD 2019, 247–253. http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/438%0Ahttp://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/download/438/367

Knell, S. (2009). Cognitive Behavior Play Therapy. NJ: Jason Aronson Inc.

L. Matson dan T. H. Ollendick. (1988). nhancing Children’s Social Skill: Assessment and Training. Pergamon Press.

Lestari, W., & Andira, C. A. (2021). Implementasi sikap kerjasama pada permainan bakiak. XII(1), 263–270.

Maulana, Y. (2021). Mahasiswa S2 ITB Tewas Bunuh Diri, Pakar Kejiwaan Ungkap Fakta Ini. DetikNews. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5692730/mahasiswa-s2-itb-tewas-bunuh-diri-pakar-kejiwaan-ungkap-fakta-ini

Nugroho, W. B. (2012). Pemuda, Bunuh Diri dan Resiliensi: Penguatan Resiliensi sebagai Pereduksi Angka Bunuh Diri di Kalangan Pemuda Indonesia. Jurnal Studi Pemuda, I(1), 31–45.

Oliver, R. (2020). Mental health disorders. British Dental Journal, 228(9), 657. https://doi.org/10.1038/s41415-020-1590-y

Palmer, S. (2000). Cognitive Counselling and Psychotherapy. In S. Szymanska, K., & Palmer (Ed.), Counselling and Psychotherapy. Sage Publication.

Putri, W. (2019). Tiga Mahasiswa Unpad Bunuh Diri, Psikiater Ungkap Penyebabnya. Detik News.

Radiani, W. A. (2016). Cognitive Behavior Therapy Untuk Penurunan Depresi Pada Orang Dengan Kehilangan Penglihatan COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY FOR DECREASING DEPRESSION ON PERSONS WITH LOSS OF VISION. InSight.

Rahmadani, A., & Rahmawati, Y. M. (2020). College Adjustment Terhadap Mahasiswa Tingkat Pertama. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 158–166.

Satterwhite, A., & Luchner, A. (2016). Exploring the Relationship among Perceived Resilience, Dependency, and Self-Criticism: The Role of Culture and Social Support. North American Journal of Psychology, 18(1), 71.

Sc, L. (2001). Game Play Therapeautic Use of Childhood Games (C. S. & S. E. Reid (ed.); Second Edi). John Willey & Sons, Inc.

Schaefer, C. E. (2013). Foundations of Play Therapy. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Scott, D. E. (2009). Exploring Individual Re silience. Center for American Nurses, 1–22.

Simorangkir, J., Lubis, B., Nababan, M. L., Simamora, M. R., & Agustina, W. (2020). Penguatan Resiliensi Remaja Bermasalah melalui Pengembangan Materi Modul Bimbingan dan Konseling. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 96–103. https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.56

Soledad, R., Carolina, T. V., Adelina, G. C., & Fernanda, P. F. (2012). The Student Adaptation to College Questionnare (SACQ) for Spanish Students. Psycological Report Measures and Statistics,. 191.

Suranata, K., Rangka, I. B., & Permana, A. A. J. (2020). The comparative effect of internet-based cognitive behavioral counseling versus face to face cognitive behavioral counseling in terms of student’s resilience. Cogent Psychology, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311908.2020.1751022

Warner, R., & April, K. (2012). Building personal resilience at work. Effective Executive, 15(4), 53–68. https://doi.org/10.1179/1743275813Y.0000000026

Widuri, E. L. (2012). Regulasi Emosi Dan Resiliensi Pada Mahasiswa Tahun Pertama. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 9(2), 147. https://doi.org/10.26555/humanitas.v9i2.341

Wiwin Hendriani. (2018). Resiliensi Psikologis. Prenadamedia Group.

Wulandari, D. P., & Pravesti, C. A. (2021). Pengembangan Permainan Ular Tangga Keyakinan dalam Peningkatan Efikasi Diri Siswa SMP. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 95. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i1.888




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6233

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.