KORELASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP SIKAP EMPATI SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 81 SINGKAWANG

Iip Istirahayu(1*), Solehuddin Solehuddin(2)

(1) STKIP Singkawang
(2) 
(*) Corresponding Author

Sari


 Bimbingan dan Konseling bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik secara maksimal, salah satunya adalah sikap empati yang  merupakan salah satu karakter bangsa Indonesia dan terdapat pada permainan tradisional. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengukur pengaruh permainan tradisional engklek terhadap sikap empati siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan teknik analis deskripstif persentase. Hasil penelitian menujukkan tingkat sikap empati sebesar 64,7% kategori tinggi dan sebanyak 35,3 % kategori rendah, dengan demikian pada permainan tradisional Engklek terdapat sikap empati yag tinggi dan yang rendah perlu adanya peningkatan melalui layanan Bimbingan dan Konseling.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ambaryani, N. (2014). Efektivitas Permainan Tradisional terhadap Keterampilan Sosial Anak Kelompok B TK se-gugus IV Kecamatan Banjarsari Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.

Fitriyah, F. K. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Gobak Sodor dalam Bimbingan Kelompok terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Anak Autis. Education and Human Development Journal, 4(2), 13-20.

Haryati, A., Wibowo, M. E., & Mulawarman, M. (2017).

Kasim, S. N. O. (2017). Pengembangan panduan permainan tradisional bugis-makassar dalam meningkatkan keterampilan sosial Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 45-52.

Khisbiyah, Y., Lestari, S., Purwanto, A., & Hidayat, Y. (2021). Memupuk Sikap Empati Anak Melalui Permainan Tradisional Gobag Sodor, Sundaname dan Boy-Boyan. Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 176-182.

Kartadinata, S. (2011). Menguak Takbir Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis.

Kurniati, E. (2011). Program bimbingan untuk mengembangkan keterampilan sosial anak melalui permainan tradisional. Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Lacksana, I. (2017). Kearifan Lokal Permainan Congklak Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Konseling Disekolah. Satya Widya, 33(2), 109-116.

Leksana, D. M. (2019). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial. JCE (Journal of Childhood Education), 1(1).

M Ridwan, M. R. (2016, March). Pendidikan karakter berbasis permainan tradisional siswa sekolah dasar di sumenep madura. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” (pp. 131-135). Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prodi Bimbingan dan Konseling.

Penelitian Nur, L., Halimah, M., & Nurzaman, I. (2017). Permainan Tradisional Kaulinan Barudak untuk Mengembangkan Sikap Empati dan Pola Gerak Dasar Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 170-180.

Pratiwi, A. A., Rosmila, M., & Hidayat, A. (2019). Profil Empati Mahasiswa Universitas Mathla’ul Anwar Banten. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 312-316.

Putri, R. D. P., Kurniawan, S. J., & Safitri, N. E. (2019, July). Inovasi Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Berbasis Permainan Tradisional “SUNDA MANDA”. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 8-15).

Rosita, I. (2013). Efektivitas Bimbingan Kelompok melalui Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Solekhah, A. M., Atikah, T. P., & Istiqomah, M. (2018). faktor-faktor yang mempengaruhi sikap empati terhadap perilaku prososial pada anak Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global”. Prosiding Seminar Nasional Kudus: Universitas Muria Kudus.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, pendekatan kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta.

Yaqin, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Empati Peserta Didik Dan Metode Pengembangannya. Tarbiya Islamia: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 11(1), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6228

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.