BIMBINGAN DAN KONSELING BERMAIN PENDEKATAN CLIENT CENTERED SEBAGAI UPAYA PREVENTIF TINDAKAN KEJAHATAN SEKSUAL CHILD GROOMING PADA ANAK

Devi Ratnasari(1*), Muhammad Solehuddin(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Sari


Dilatarbelakangi berbagai peristiwa kejahatan seksual, khususnya jenis child grooming, artikel ini bertujuan memberikan wawasan tentang penggunaan bimbingan dan konseling bermain pendekatan client centered sebagai salah satu upaya preventif kejahatan seksual child grooming pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi pustaka (Library Research) dengan menghimpun serta mengkaji sumber literatur meliputi buku, artikel prosiding, jurnal nasional maupun jurnal internasional yang berkaitan dengan variabel yang dituju. Tahapan inti dalam bimbingan dan konseling bermain pendekatan client centered sebagai upaya preventif kejahatan seksual childgrooming pada anak meliputi; (1) konselor menunjukkan orang-orangan kertas (lengkap dengan pilihan macam-macam baju) kepada konseli, lalu konseli diminta memilih karakter orang-orangan kertas yang dipilih beserta bajunya, (2) konselor memberikan gambaran selebriti dan gambar orang dari majalah untuk dipilih konseli sesuai favoritnya, konselor menanyakan kepada konseli apa yang akan dilakukan konseli jika tokoh tersebut mendekati konseli dan meminta foto bagian tubuh konseli, (3) selanjutnya, konseli diminta untuk menggambarkan dirinya dalam kertas warna yang ia pilih, dan konseli juga dapat menambahkan hiasan dengan glitter dan biji tumbuhan untuk gambar diri yang dibuatnya. Media yang digunakan meliputi orang-orangan kertas, spidol beraneka warna, kertas beraneka warna, gambar selebriti, majalah, glitter, biji tumbuhan, manik-manik tipis, lem, dan gunting


Kata Kunci


Bimbingan dan Konseling Bermain; Client Centered: Kejahatan Seksual: Child Grooming

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Susanto, M. P. (2018). Bimbingan dan konseling di Sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Kencana.

Al’Uqdah, S. N., Maxwell, C., & Hill, N. (2016). Intimate partner violence in the African American community: Risk, theory, and interventions. Journal of Family Violence, 31(7), 877–884.

Bahroni, A., Sari, A. G., Widayati, S. C., & Sulistyo, H. (2019). Dispensasi Kawin Dalam Tinjauan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Juncto Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak. Transparansi Hukum, 2(2).

Beckett, H., Brodie, I., Factor, F., Melrose, M., Pearce, J. J., Pitts, J., … Warrington, C. (2013). “ It’s wrong-but you get used to it”: a qualitative study of gang-associated sexual violence towards, and exploitation of, young people in England. University of Bedfordshire.

Bennett, N., & O’Donohue, W. (2014). The construct of grooming in child sexual abuse: Conceptual and measurement issues. Journal of Child Sexual Abuse. https://doi.org/10.1080/10538712.2014.960632

Black, P. J., Wollis, M., Woodworth, M., & Hancock, J. T. (2015). A linguistic analysis of grooming strategies of online child sex offenders: Implications for our understanding of predatory sexual behavior in an increasingly computer-mediated world. Child Abuse & Neglect, 44, 140–149.

Caprioli, S., & Crenshaw, D. A. (2017). The culture of silencing child victims of sexual abuse: Implications for child witnesses in court. Journal of Humanistic Psychology, 57(2), 190–209.

Cockbain, E., & Olver, K. (2019). Child trafficking: characteristics, complexities, and challenges. In Child Abuse and Neglect (pp. 95–116). Elsevier.

Firman, F., & Syahniar, S. (2015). Pencegahan Pelecehan Seksual Remaja Melalui Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Sekolah Menengah Atas (SMA). Researchgate. Net,(Pencegahan Pelecehan Seksual Remaja Melalui Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Di Sekolah Menengah Atas (SMA)).

Greenbaum, V. J. (2014). Commercial sexual exploitation and sex trafficking of children in the United States. Current Problems in Pediatric and Adolescent Health Care, 44(9), 245–269.

Gwirayi, P. (2013). The prevalence of child sexual abuse among secondary school pupils in Gweru, Zimbabwe. Journal of Sexual Aggression, 19(3), 253–263.

Kozak, R. S., Gushwa, M., & Cadet, T. J. (2018). Victimization and violence: an exploration of the relationship between child sexual abuse, violence, and delinquency. Journal of Child Sexual Abuse, 27(6), 699–717.

Landreth, G. L. (1993). Child-centered play therapy. Elementary School Guidance & Counseling, 28(1), 17–29.

Li, Q., Wang, F., & Ye, J. (2021). Impact of psychological abuse on children and social skill development. Aggression and Violent Behavior, 101667.

Livingstone, S., Davidson, J., Bryce, J., Batool, S., Haughton, C., & Nandi, A. (2017). Children’s online activities, risks and safety: a literature review by the UKCCIS evidence group.

Mashudi, E. A. (2015). Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Pengajaran Personal Safety Skills. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2).

Merdian, H. L., Curtis, C., Thakker, J., Wilson, N., & Boer, D. P. (2013). The three dimensions of online child pornography offending. Journal of Sexual Aggression, 19(1), 121–132.

Muhammad, S. N., Siswanto, R. A., & Mustikawan, A. (2016). Perancangan Buku Edukasi Pendidikan Seksualitas Sebagai Upaya Pencegahan Kejahatan Seksual Terhadap Anak. EProceedings of Art & Design, 3(3).

Reid, J. A. (2011). An exploratory model of girl’s vulnerability to commercial sexual exploitation in prostitution. Child Maltreatment, 16(2), 146–157.

Rhine, T. J. (2000). The effects of a play therapy intervention conducted by trained high school students on the behavior of maladjusted young children: Implications for school counselors. University of North Texas.

Schaefer, C. (2011). Foundation of Play Therapy. Canada: John Wiley & Sons

Terry, K. J., & Ackerman, A. (2008). Child sexual abuse in the Catholic Church: How situational crime prevention strategies can help create safe environments. Criminal Justice and Behavior, 35(5), 643–657.

Tillyer, M. S. (2015). The relationship between childhood maltreatment and adolescent violent victimization. Crime & Delinquency, 61(7), 973–995.

Topping, K. J., & Barron, I. G. (2009). School-based child sexual abuse prevention programs: A review of effectiveness. Review of Educational Research, 79(1), 431–463.

Wolf, M. R., Linn, B. K., & Pruitt, D. K. (2018). Grooming child victims into sexual abuse: a psychometric analysis of survivors’ experiences. Journal of Sexual Aggression. https://doi.org/10.1080/13552600.2018.1504555

Wurtele, S. K., & Kenny, M. C. (2016). Technology‐related sexual solicitation of adolescents: A review of prevention efforts. Child Abuse Review, 25(5), 332–344.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6130

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.