PENERAPAN OPEN CLASS DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI SARANA MENINGKATKAN KETERAMPILAN KONSELING GURU BK DI SMK

Ratih Christiana(1*), Gatot Noor Effendi(2), Yustina Kristiani(3), Eni Andayani(4), Komisah Komisah(5), Hasma Nurhayati(6)

(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas PGRI Madiun
(2) SMK Negeri 5 Madiun
(3) SMK Negeri 5 Madiun
(4) SMK Negeri 5 Madiun
(5) SMK Negeri 5 Madiun
(6) SMK Negeri 5 Madiun
(*) Corresponding Author

Sari


Artikel ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas keterampilan konseling pada layanan bimbingan kelompok Guru BK di SMK dengan menerapkan open class. Responden penelitian ini terdiri dari 4 Guru Bimbingan dan Konseling yang bekerja di SMK yang memiliki kualfikasi masa kerja minimal 4 tahun, berpendidikan minimal S1, bersedia melakukan rangkaian kegiatan lesson study dan bersedia menjadi guru model pada open class layanan bimbingan kelompok. Instrumen penelitian berupa hasil evaluasi dan refleksi konseli, hasil wawancara, hasil dokumentasi, hasil observasi dari peneliti, kolega bimbingan dan konseling, dan catatan penelitian. Metode penelitian menggunakan PTBK dengan rancangan jenis eksperimen model Kurt Lewin, pengujian analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian adalah dari aspek keterampilan konseling yang diteliti salah satunya adalah mind skill mampu diterapkan oleh seluruh Guru BK, namun terdapat 2 guru BK yang perlu melatih kembali aspek action skill dan 1 lagi guru BK memerlukan latihan pada communication skill

Kata Kunci


Open Class Layanan Bimbingan Kelompok; Keterampilan Konseling

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, Fadloli. 2019. “Tata Tertib Open Class Dalam Lesson Study.” Retrieved (https://gusndol.com/2019/09/01/tata-tertib-open-class-dalam-lesson-study/).

Burck, Andrew M., Laura Bruneau, Lisa Baker, and Lori Ellison. 2014. “Emerging Counselors’ Perception of Wellness.” Counseling Outcome Research and Evaluation 5(1):39–51.

Christiana, R & Krisphianti, Y. .. 2020. “Analisis Rasch Pada Skala Efikasi Diri Akademik Praktikuk Konseling.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 6(1):111–18.

Dudley, P. 2015. Lesson Study Professional Learning For Out Time.

Flecknoe, Mervyn. 1999. “Collegiate Ineffectiveness: A Need for Assertive Subject Leaders.” Management in Education 13(5):17–20.

Gask, L & Graham, C. 2014. A B C Of Anxiety and Depression. BMJ Books is an imprint of BMJ Publishing Group Limited.

Jones, R. N. 2005. Practical Counseling and Helping Skills.

Jones, R. N. 2014. “Basic Counselling Skills.” P. 511 in South African Medical Journal. Vol. 104.

Mappiare-at, Andi, M. Ramli, and Carolina L. Radjah. 2020. “Spectrum of Guidance and Counseling Services Implementation in Strengthening Character in Junior High School.” 501(Icet):186–92.

Menendez, Joanna, Marisa Franco, Jaleh Davari, Philip B. Gnilka, and Jeffrey S. Ashby. 2020. “Barriers and Facilitators to Latinx College Students Seeking Counseling.” Journal of College Student Psychotherapy 34(4):302–15.

Mullen, Patrick R., Olivia Uwamahoro, Ashley J. Blount, and Glenn W. Lambie. 2015. “Development of Counseling Students’ Self-Efficacy During Preparation and Training.” The Professional Counselor 5(1):175–84.

Nita, Rahma Wira, Eva Kartika Wulan Sari, and Citra Imelda Usman. 2020. “Inovasi Pelayanan Konseling Dalam Kerangka Merdeka Belajar.” Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang 80–88.

Rini, Ambar Prisetia. 2017. “Lesson Study for Learning Community (LSLC).” 25–38.

Saito, Eisuke, and Masaaki Sato. 2012. “Lesson Study as an Instrument for School Reform: A Case of Japanese Practices.” Management in Education 26(4):181–86.

Suharni & Christiana, R. 2020. Profesionalisasi Bimbingan Dan Konseling. Madiun: UNIPMA Press.

Suryadi, Bambang, Dian Ratna Sawitri, Bahrul Hayat, and M. Dwirifqi Kharisma Putra. 2020. “The Influence of Adolescent-Parent Career Congruence and Counselor Roles in Vocational Guidance on the Career Orientation of Students.” International Journal of Instruction 13(2):45–60.

Susilo, Herawati. 2013. “Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kompetensi Pendidik.” Seminar Dan Lokakarya PLEASE 2013 Di Sekolah Tinggi Theologi Aletheia Jalan Argopuro 28-34 1–32




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5885

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.