STUDI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA YANG BERPRESTASI PADA MA NEGERI 3 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Layla Fauziyah(1*)

(1) Program Studi Bimbingan Konseling FKIP Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Abstrak

Latar belakang penelitian ini bahwa siswa yang sudah berprestasi dengan melalui kegiatan belajarnya perlu ditingkatkan melalui kegiatan bimbingan dan konseling agar dirinya semakin mantap dan yakin dalam melaksanakan kegiatan belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di MA Negeri 3 yang meliputi  ; (1) bentuk layanan, (2) materi layanan, (3) teknik layanan, (4) media layanan dan (5) hasil layananJenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif, yaitu penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan (menggambarkan) suatu gejala. Tempat penelitian ini di MA Negeri 3 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian  ini adalah berjumlah 180 orang siswa dan 3 orang guru bimbingan dan konseling. Teknik penarik sampel menggunakan cluster proposional random sampling. Cluster proposional random sampling adalah teknik memlilih sebuah sampel dari kelompok unit yang kecil. Populasi dari cluster merupakan sub populasi dari total populasi, pengelompokan secara cluster menghasilkan unit elementer yang heterogen seperti halnya populasi sendiri yaitu 18 orang siswa dan 3 orang guru bimbingan dan konseling MA Negeri 3 Banjarmasin. Wawancara digunakan untuk mendapatkan data tentang bentuk, materi dan teknik layanan. Observasi digunakan untuk mengadakan pengamatan langsung media layanan.Dari hasil analisis data bahwa layanan yang diberikan guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan layanan terhadap kebiasaan belajar siswa yang berprestasi dengan bentuk layanan penguasaan konten, materi yang berhubungan dengan kompetensi kebiasaan belajar, teknik layanan menggunakan ; ceramah, tanya jawab dan diskusi, media layanan yang digunakan ; media tulis, peralatan dan program elektronik dan hasil layanan bimbingan dan konseling di MA Negeri 3 Banjarmasin menurut siswa baik.Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar guru bimbingan dan konseling mengadakan sosialisasi baik kepada peserta didik maupun personel yang ada di sekolah tersebut dan diharapkan agar peserta didik lebih memanfaatkan bimbingan dan konseling sebagai tempat yang bisa membantu peserta didik dalam mengatasi permasalahan yang dihadapinya.

 Kata kunci : Studi, Layanan BK, Kebiasaan Belajar Siswa Berprestasi


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v1i3.583

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.