HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN AKTUALISASI DIRI DENGAN RESILIENSI MAHASISWA UNIVERSITAS SELAMAT SRI KENDAL YANG BEKERJA

Mujidah Mujidah(1*), Laelatul Anisah(2), Mochamad Widjanarko(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(2) Universitas Selamat Sri
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan aktualisasi diri dengan resiliensi mahasiswa Universitas Selamat Sri Kendal yang bekerja. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ada tiga yakni : hipotesis mayor menunjukkan adanya hubungan antara konsep diri dan aktualisasi diri dengan resiliensi mahasiswa Universitas Selamat Sri Kendal yang bekerja.

Hipotesis minor pertama menunjukkan adanya hubungan antara konsep diri dengan resiliensi mahasiswa Universitas Selamat Sri Kendal yang bekerja. Hipotesis minor kedua menunjukkan adanya hubungan antara aktualisasi diri dengan resiliensi mahasiswa Universitas Selamat Sri Kendal yang bekerja. Subjek dalama penelitian ini adalah 50 mahasiswa Universitas Selamat Sri Kendal yang bekerja. Penelitian ini menggunakan teknik aksidental sampling. Pengumpulan data menggunakan skala resiliensi, konsep diri dan aktualisasi diri. Hasil pengujian hipotesis mayor dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan hasil Rx1,x2,y = 0,751 dengan F = 30,480 dan p = 0,000 (p< 0,01).

Hal tersebut menunjukkan adanya  hubungan yang sangat signifikan antara konsep diri, aktualisasi diri dengan resiliensi mahasiswa yang bekerja. Sedangkan hasil pengujian hipotesis minor menggunakan metode analisis data dengan teknik korelasi product moment. Berdasarkan analisis pada hipotesis minor satu menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dengan resiliensi mahasiswa yang bekerja, ditunjukkan dengan nilai rx1,y= 0,617 dan p=0,000 (p<0,01). Pada uji hipotesis minor dua menunjukkan adanya hubungan positif antara aktualisasi diri dengan resiliensi mahasiswa yang bekerja, ditunjukkan dengan nilai rx2,y= 0, 327 dan p = 0,006 (p<0,01).


Kata Kunci


konsep diri, aktualisasi diri, resiliensi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amiruddin. (2019). Mahasiswa Teknik Paling Banyak Putus Kuliah, Data Kemenristekdikti 2018! Apa Kuliahnya Berat?. Diperoleh dari https://www.google.com/amp/s/makassar.tribunnews.com/amp/2019/03/30/mahasiswa-teknik-paling-banyak-putus-kuliah-data-kemenristekdikti-2018-apa-alasan-kuliahnya-berat/ diunduh pada 1 April 2020 jam 22.00 WIB

Ario, T. S. (2019). Problematika Pada Mahasiswa Pekerja Paruh Waktu “Part Time”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Astuti, F dan Edwina, T. N (2017). Resiliensi Pada Mahasiswa Tahun Pertama Program Kelas Karyawan Ditinjau Dari Konsep Diri. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi. 143-152.

Berzonsky. (2001). Moral Develompment Child. USA: The Mac Millan Psychology References Series.

Chaplin, J. P. (2008). Kamus Psikologi Lengkap. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Cholily. A. H. (2014). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Resiliensi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2010-2013 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Universitas Malik Ibrahim Malang

Cooper, K. M., Krieg, A & Brownell, S.E. (2018). Who Perceives They Are Smarter? Exploring The Influence Of Student Characteristics On Student Academic Self- Concept In Psysiologi. Advances in Physiologi Education. 42, 200-208

Hendriani, W. (2019). Resiliesnsi Psikologis Sebuah Pengantar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Jacinta, R. F. (2002). Wanita bekerja. WEB: Kompas Cyber Media.

Jamaludin, A (2016). Perbandingan Hasil Belajar Antara Mahasiswa Yang Bekerja Dengan Yang Tidak Bekerja Pada Matakuliah Ekonomi Mikro di STIE YPBI Jakarta. Jurnal Administrasi Kantor. 4(1), 198-210.

Kiling, B. N dan Kiling, I. Y (2015). Tinjauan Konsep Diri Dan Dimensinya Pada Anak Dalam Masa Kanak-Kanak Akhir. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling. 1(2), 116-124.

Kurniawan, A., Lestari, S & Martha, R. (2016). Efektifitas Teknik Paper Seminar Untuk Mengajar Menulis Ditinjau dari Aktualisasi Diri Mahasiswa. Jurnal LPPM. 3(1), 23-30

Loh, J. M. I., Schutte, N. S & Thorsteinsson, E. B. (2014). Be Happy: The Role of Resilience between Characteristic Affect and Symptoms of Depression. Journal of Happiness Studies.15, 1125-1138.

Luthar, S. S. (2003). Resilience and Vulnerability: Adaptation in the Context of Childhood Adversities. Cambridge University Press.

Maslow, A. H (2018). Motivation and Personality (Motivasi dan Kepribadian). Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Muharami, W.A.H dan Juriana (2013). Aktualisasi Diri Anggota Klub Sofbol Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Olahraga Kreasi. 2(01). 107-112.

Mulyati, R (2009). Resiliensi Remaja “High-Risk” Ditinjau Dari Faktor Protektif. Jurnal Psikologika. 14(1), 35-53.

Novilita, H dan Suharnan (2013). Konsep Diri Adversity Quotient dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Psikologi. 8(1). 619-632.

Rahmatiah, Hajingo, I & Ibrahim, R. (2019). Resiliensi Siswa-Siswi Tidak Mampu dalam Mempertahankan Prestasi di Sekolah. Seminar Nasional Teknologi, Sains dan Humaniora. 376-381

Robert, P & Saar, E. (2012). Learning and Working: Impact of the ‘Double Status Position’ on the Labour Market Entry Process of Graduates in CEE Countries. Europian Sociological Review, 28(6), 742-754

Schultz, D. (1991). Psikologi Pertumbuhan, Model-Model Kepribadian Sehat. Yogyakarta: Kanisius

Styowati, A., Hartati, S & Sawitri, D. R. (2010). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Resiliensi pada Siswa Penghuni Rumah Damai. Jurnal Psikologi Undip. 7(1), 67-77

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susana, T. (2007). Konsep Diri Positif Menentukan Prestasi Anak. Yogyakarta: Kanisius

Syauta, A. B. & Yuniasanti, R. (2015). Hubungan Antara Kebutuhan Aktualisasi Diri Dengan Motivasi Kerja Pada Wanita Karier Di PT Kusuma Sandang Mekar Jaya. Insight. 17(1), 49-55

UNISS. (2016). Mengenal UNISS Lebih Dekat. Diunduh dari https://uniss.ac.id/mengenal-uniss-lebih-dekat/ diunduh pada 23 Juli 2020 jam 23.00 WIB.

Wang, Jung. (2016). A Study of Resiliency Characteristics in the Adjusment of Internasional Graduate Student at American Universities. Journal of Studies In Internasional Education. 10(10), 1-24




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5621

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.