HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN ANAK PADA IBU DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMANDIRIAN SISWA TK IT ULUL ALBAAB WELERI

Siti Lismawati(1*), Laelatul Anisah(2), Mochamad Widjanarko(3)

(1) Universitas Selamat Sri
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Anak memiliki kelekatan dengan ibu akan memberikan efek rasa aman walaupun figure lekat (ibu) tidak tampak dalam pandangan anak. Dengan demikian anak yang memiliki kelekatan yang aman dengan ibu akan menunjukkan perilaku positif seperti mandiri dan memiliki kepercayaan diri serta memiliki hubungan baik dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan anak pada Ibu dan kepercayaan diri dengan kemandirian siswa TK IT Ulul Albaab Weleri. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini ada tiga yakni: hipotesis mayor menunjukan adanya hubungan antara kelekatan anak pada Ibu dan kepercayaan diri dengan kemandirian siswa TK IT Ulul Albaab Weleri. Hipotesis minor satu menunjukan adanya hubungan positif antara kelekatan anak pada ibu dengan dengan kemandirian siswa TK IT Ulul Albaab Weleri. Sedangkan hipotesis minor dua menunjukan adanya hubungan positif antara kepercayaan diri dengan kemandirian siswa TK IT Ulul Albaab Weleri. Subjek penelitian ini adalah 60 wali murid TK IT Ulul Albaab Weleri. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil pengujian hipotesis mayor dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan hasil Rx1,2y = 0,587 dengan F = 14,986 dan p = 0,000 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kelekatan anak pada ibu, kepercayaan diri dengan kemandirian  pada siswa di TK IT Ulul Albaab Weleri. Variabel kelekatan ada pada kategori tinggi dengan prosentase 13% sebanyak 8 anak dan kepercayaan diri ada pada kategori tinggi dengan prosentase 15 % sebanyak 15 anak. Variabel kemandirian memiliki kategori tinggi dengan prosentase 10 % sebanyak 6 anak.


Kata Kunci


Kelekatan anak pada ibu, kepercayaan diri dan kemandirian.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anapratiwi, D., Handayani, S.L.D., dan Kurniawati, Y. (2013). Hubungan antara Kelekatan Anak pada Ibu dengan Kemampuan Sosialisasi Anak Usia 4-5 tahun (studi pada RA Sinar Pelangi dan RA Al Iman Kecamatan Gunungpati Semarang. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2 (2), 27

Cenceng. (2015). Perilaku Kelekatan pada Anak Usia Dini (Perspektif Jhon Bowlby). Jurnal Lentera, 70 (1), 141-153.

Desmita. (2011). Psikologi perkembangan peserta didik. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Eliasa, E. I. (2011) Pentingnya Kelekatakan Orang Tua Dalam Internal Working Model Untuk Pembentukan Karaktr Anak. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Ionescu, A.M. (2014). Intersubjectivity and Relational Health In Mother and Child Attachment Dimensions. Procedia-Social and Behavioral Science, 163 (1), 159-168.

Lauster. (2013). Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. (Alih Bahasa: Alex Tri Kantjono). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nayla, M. (2010). Hubungan Urutan Kelahiran dalam Keluarga dengan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Madinah Malang. (Skripsi). Fakultas Psikologi UIN, Malang.

Nurhayati, H. (2015). Hubungan Kelekatan Aman (Secure Attachment) Anak Pada Orangtua Dengan Kemandirian Anak Kelompok B TK PKK 37 Dodogan Jatimulyo Dlingo Bantul. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.

Risnawita, Rini dan Ghufron Nur M. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media Grup.

Sjarkawi. (2010). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryana, D. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini : Stimulasi dan Perkembangan Anak. Jakarta : Prenada Media.

Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yamin, M. dan Sanan, J. (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Gaung Persada.

Upton, P. (2012). Psikologi. Jakarta : Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5620

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.