HUBUNGAN ANTARA KONFORMITAS DAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF YANG TERJADI PADA ANGGOTA KOMUNITAS VANSHEAD KENDAL

Ahmad Fahmi Rijal(1), laelatul anisah(2*), Mochamad Widjanarko(3)

(1) Universitas Selamat Sri
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konformitas dan kepercayaan diri dengan perilaku konsumtif yang terjadi pada anggota komunitas Vanshead Kendal, hubungan antara konformitas dan perilaku konsumtif, hubungan antara kepercayaan diri dan perilaku konsumtif, dan besarnya sumbangan efektif konformitas dan kepercayaan diri terhadap perilaku konsumtif. Subjek penelitian berjumlah 63 orang anggota komunitas Vanshead Kendal yang dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner perilaku konsumtif, konformitas, dan kepercayaan diri. Hasil pengujian dengan menggunakan analisis regresi dua predictor menunjukkan Rx1x2y = 0,361 dengan F = 4,496 dan p = 0,000 (p<0,01). Artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara konformitas dan kepercayaan diri dengan perilaku konsumtif. Hipotesis minor satu dan dua diuji menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil uji hipotesis minor satu menunjukkan adanya hubungan positif antara konformitas dengan perilaku konsumtif, dimana nilai rx1y = 0,346 dan p = 0,000 (p<0,01). Pada uji hipotesis minor dua  menunjukkan adanya hubungan negatif antara kepercayaan diri dengan perilaku konsutif, dimana nilai rx2y = -0,183 dan p = 0,000 (p<0,01). Penelitian ini juga menunjukkan nilai R square konformitas dan kepercayaan diri sebesar 0,130. Artinya konformitas dan kepercayaan diri mempengaruhi perilaku konsumtif yang terjadi pada anggota komunitas Vanshead Kendal sebesar 13%, sisanya 87% dipengaruhi oleh faktor lain.


Kata Kunci


Konformitas, Kepercayaan Diri, Perilaku Konsumtif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Astuti. Endang Dwi. (2013). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Barang pada Ibu Rumah Tangga di Kota Samarinda. eJournal Psikologi, 1(2), 148-156.

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. (Edisi 2. Cetakan ke-8) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Balqiah, T. E., & Setyowardhani, H. (2017). Perilaku Konsumen. (Cetakan ke-12) Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Chartrand, T. L., & Fitzsimons, G, J. (2010). Nonconscious Consumer Psychology. Journal of Consumer Psychology, 12(1), 1-3.

Djuwitaningsing, E. W. (2019). Perubahan Perilaku Konsumtif dan Gaya Hidup Tenaga Kerja Wanita (TKW) Purna, Jurnal Sosial Politik Humaniora, 7(1), 1-21.

Fitriyani, N., Widodo. P. B., & Fauziah. N. (2013). Hubungan Antara Konformitas dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip, 12(1), 55-68.

Ghufron, M. N., & Risnawita, R. S. (2012). Teori-teori Psikologi. (Cetakan ke-3). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Haryani, I., & Herwanto, J. (2015). Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi, 11(1), 5-11.

Javanmard, G. H., & Mohammadi. R. (2015). The Relationship of Conformity and Memory. Journal of Educational, Health, and Community Psychology, 4(2), 2088-3129.

Kurniawan. Chandra. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumtif Ekonomi pada Mahasiswa. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4), 107-118.

Mallinson. D. J., & Hatemi. P. K. (2018). The Effect of Information and Social Conformity on Opinion Change. Journal PLOS ONE, 10(1), 1-22.

Ngantung, D. (2019). Antrean Membludak, Perilisan Sneakers Compass Dibatalkan. Jakarta: Detik.com Web: https://m.detik.com/wolipop/fashion-news/d-4822592/antrean-membludak-perilisan-sneakers-compass-dibatalkan diakses pada tanggal 26 Maret 2020 Pukul 13.45 WIB.

Nurfadiah, R. T., & Yulianti, A. (2017). Konformitas dengan Kepercayaan Diri pada Remaja Komunitas Pecinta Korea di Pekanbaru. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 2(2), 212-223.

Octaviani, C., & Kartasasmita, S. (2017). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Pembelian Produk Kosmetik pada Wanita Dewasa Awal. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 126-133.

Pratama, H. S. (2017). Hubungan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif terhadap Merchandise Liverpool pada Anggota Suporter Klub Sepakbola Liverpool di Bekasi. Jurnal Psikologi, 10(2), 138-148.

Rombe, S. (2014). Hubungan Body Image dan Kepercayaan Diri dengan Perilaku Konsumtif pada Remaja Putri di SMA Negeri 5 Samarinda. ejournal Psikologi, 2(1), 76-91.

Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development. (Edisi ke-13 Jilid 1) Terjemahan oleh Benedictine Widyasinta. Jakarta: Erlangga.

Soekanto, S., & Sulistyowati, B. (2014). Sosiologi Suatu Pengantar. (Edisi Revisi. Cetakan ke-46) Depok: Raja Grafindo Persada.

Suparti. (2016). Mitigating Consumptive Behaviour: The Analysis of Learning Experiences of Housewives. International Educational Studies, 9(3), 114-122

Victor, V., Throppan, J. J., Nathan, R. J., & Maria, F. F. (2018). Factor Influencing Consumer Behaviour and Prospective Purchase Decision in a Dinamic Pricing Environment – an Exploratory Factor Analysis Approach. Journal Social Science, 7(153), 1104-1117.

Wati, M. Y., & Suyanto, T. (2016). Faktor yang Mendorong Perilaku Konsumtif Siswa SMA di Surabaya. Jurnal Kajian Moral dan Pendidikan, 1(4), 107-121.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5619

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.