Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Berbicara di Depan Kelas Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama

Tiara Silvia(1), Hengki Yandri(2*), Dosi Juliawati(3)

(1) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(2) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(3) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(*) Corresponding Author

Sari


This research is based on the phenomenon that there are still students who are not confident when performing in front of the class, so it negatively affects the development of student learning in school. The study aims to test the effectiveness of group guidance services with sociodramatic techniques in improving students' confidence in speaking in front of a class. This study uses a pre-experimental approach with the design of The One Group Pretest-Posttest Design. A total of 10 students of State Junior High School 4 Sungai Penuh who participated in group guidance activities with sociodrama techniques were selected through purposive sampling techniques and student confidence level data was revealed using a confidence scale that had been tested for validity and rehabilitation. Then the data that has been collected is analyzed using the Formula Wilcoxon Signed Ranks Test. The results revealed that group guidance services with sociodrama techniques are effectively used to improve their health.

Kata Kunci


confident; group guidance services; sociodrama

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfaiz, A., & Yandri, H. (2015). Self concept and self efficacy as a ground points in a social activities (an analysis of psychology perspective: a social cognitive theory). Jurnal Pelangi, 7(2).

Aqib, Z. (2012). Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Yrama Widya

Aristiani, R. (2016). Meningkatkan percaya diri siswa melalui layanan informasi berbantuan audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2 (2).

Departemen Agama RI, (1990). Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Hidakarya Agung.

Dewi, D. M., Supriyo, S., & Suharso, S. (2013). Kepercayaan Diri Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua pada Siswa Kelas VII (Studi Kasus). Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(4).

Elfira, N. (2013). Peningkatan kemandirian belajar siswa melalui layanan bimbingan kelompok. Konselor, 2(1).

Fitri, R. (2014, June 5-6). Efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan Kepercayaan diri siswa. Proceeding Guidance and Counseling International Seminar and Workshop. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Universitas Negeri Padang

Halik, A., & Rakasiwi, N. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 7(1), 32-44.

Juliawati, D., Yandri, H., Sujadi, E., & Ahmad, B. (2020). Pemantapan Tauhid Remaja Masjid Melalui Kegiatan Layanan Bimbingan Kelompok. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(3), 323-329.

Kompri, (2017). Manajemen Pendidikan Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyasana, D. (2011). Pendidikan Bermutu, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalimun (2017). Kapita Selekta Pendidikan, Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.

Ningsih, A. Y. W. A. (2012). Teknik sosiodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas Viii B Smp Kristen 1 Surakarta. (Skripsi: Universitas Sebelas Maret Surakarta)

Pinasti, N. W. (2011). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Jambu. (Skripsi, Universitas Negeri Semarang).

Prayitno & Amti, E. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Putri, M. C., Juliawati, D., Khuryati, A., & Yandri, H. (2020). Mereduksi Perilaku Menyontek Siswa di Era “Merdeka Belajar” Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 5(2).

Ramadhani, T. N., & Putrianti, F. G. (2014). Hubungan antara kepercayaan diri dengan citra diri pada remaja akhir. Jurnal Spirits, 4(2), 22-32.

Saputra, B., Hartuti, P., & Mishbahuddin, A. (2018). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMA Di Kota Bengkulu. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 1(1), 60-68.

Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap konformitas teman sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9-17.

Solikhah, A. (2018). Efektifitas Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Kediri. (Skripsi, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Suryadi, A. (2014). Pendidikan Indonesia Menuju 2025 Outlook: Permasalahan, Tantangan dan Alternatif Kebijakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87-102.

Ulandari, Y., & Juliawati, D. (2019). Pemanfaatan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 1-8.

Wulandari, K. (2013). Penerapan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMA Negeri 1 Pacet Mojokerto. Jurnal BK UNESA, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i2.5540

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.