APLIKASI LAPORAN KEGIATAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS WEB

Elok Maharany Mulkhis(1*), Aip Badrujaman(2), Wirda Hanim(3)

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Sari


Penyusunan Laporan Bimbingan dan Konseling merupakan proses yang pendataan yang bersifat membuat deskripsi dan memberi uraian tentang analisis terhadap hasil yang telah dilakukan dalam kegiatan evaluasi sebelumnya. Kendala dalam penyusunan Laporan Bimbingan dan Konseling yang dihadapi guru BK diantaranya tidak adanya kelengkapan berkas laporan layanan yang sudah diberikan karena berkas hardcopy rentang hilang, dan mudah rusak, data catatan history siswa mengenai pelanggaran selama bersekolah tidak tercatat dengan baik, serta Data pribadi dan data pemeriksaan awal yang tidak lengkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan aplikasi laporan bimbingan dan konseling berbasis Web. Penelitian ini merupakan penelitian research and development. Penilaian hasil aplikasi laporan kegiatan bimbingan dan konseling berbasis website yang dilakukan oleh ahli materi,  dengan nilai 80 mendapatkan kategori “Sangat Baik”. Penilaian hasil aplikasi laporan kegiatan bimbingan dan konseling berbasis website yang dilakukan oleh ahli media, dengan nilai 62,5 mendapatkan kategori “Baik”.Penilaian hasil Uji Pengguna dapat dikatakan layak digunakan oleh guru BK. Hal ini terlihat dari aspek konsisten mendapat hasil 92%, pada aspek kegunaan 97,5%, pada aspek informatif mendapat 96,6%, dan aspek mencegah kesalahan mendapat 96%.  Hal ini agar guru bimbingan dan konseling (BK) mempunyai arsip jika dibutuhkan dan mempermudah guru bimbingan dan konseling (BK) dalam memberikan layanan bimbingan konseling.

Kata Kunci


Aplikasi Laporan Bimbingan dan Konseling, Bimbingan dan Konseling, Siswa SMA

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badrujaman, A. 2011. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks

Johan Pranata, R. (2018) ‘Rancang Bangun Aplikasi Administrasi Bimbingan Konseling (Aabk) Di Smk Kawung 2 Surabaya’. Jurnal Teknik Informatika.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. No. 111 Tahun 2014. Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Putra, Nusa. 2012. Research & Development Penelitian dan Pengembangan : Suatu Pengantar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5452

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.