PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN KARIER UNTUK MENINGKATKAN ADAPTABILITAS KARIER SISWA JURUSAN IPA SMA NEGERI 7 BEKASI

Siti Farida Basyarah(1*), Happy Karlina Marjo(2), Herdi Herdi(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Program bimbingan karier di SMA adalah program yang berguna untuk membantu siswa untuk dapat mempersiapkan karier yang tepat dan diharapkan berkembang maksimal dengan kariernya tersebut. Adaptabilitas karier  sebagai kesiapan untuk mengatasi tugas  yang terprediksi untuk mempersiapkan dan turut berperan dalam  pekerjaan,  pendidikan,  serta  mampu  mengatasi  situasi  yang  tidak  terduga  yang mungkin  muncul  sebagai  perubahan  dalam  pekerjaan,  kondisi  kerja  dan  Pendidikan. Adaptabilitas karier terdiri dari empat dimensi yaitu perhatian (concern), pengendalian (control), keingintahuan (curiousity) dan kepercayaan diri (confidence). Tujuan umum penelitian ini adalah menghasilkan program karier untuk meningkatkan adaptabilitas karier siswa jurusan IPA SMA Negeri 7 Bekasi. Secara khusus, tujuan penelitian adalah memperoleh data empirik sebagai berikut ini: (1) Pengembangan program bimbingan karier untuk meningkatkan adaptabilitas karier siswa jurusan IPA SMA Negeri 7 Bekasi. (2) Kelayakan program bimbingan karier untuk meningkatkan adaptabilitas karier siswa jurusan IPA SMA Negeri 7 Bekasi. Dalam penelitian ini menggunakan Design Based Research model Amiel & Reeves.  Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas XII  IPA  SMA Negeri 7 Bekasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah hasil identifikasi masalah dengan menyebarkan angket adaptabilitas karier diperoleh adaptabilitas karier siswa kelas XII Jurusan IPA dengan mean measure sebesar 2.88, skor bergerak dari kategori rendah sampai dengan kategori tinggi dengan skor minimum sebesar 1.08, skor maksimal sebesar 4.88, dan standar deviasi sebesar 1.08. Berdasarkan hasil analisis, secara umum profil adaptabilitas karier siswa berada di rata-rata. Pengembangan program bimbingan karier untuk meningkatkan adaptabilitas karier siswa kelas XII IPA SMAN 7 Bekasi telah melalui tahap yaitu uji ahli bimbingan karier dalam menilai kelayakan program dengan nilai 73,33% artinya program bimbingan karier untuk meningkatkan adaptabilitas karier siswa kelas XII IPA SMAN 7 Bekasi adalah layak. Selanjutnya, hasil uji kelayakan pengguna program bimbingan karier untuk meningkatkan adaptabilitas karier siswa kelas XII IPA SMAN 7 Bekasi adalah 76,66 % artinya layak. Hasil evaluasi langkah pengembangan program bimbingan karier untuk meningkatkan adaptabilitas karier siswa kelas XII IPA SMAN 7 Bekasi memiliki kategori baik karena memiliki nilai 77,14%.


Kata Kunci


Program Bimbingan Karier, Adaptabilitas Karier

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiputra, S., & Saputra, W. N. E. (2015). Teori Dasar Konseling. Aura Publishing.

Amiel, T., & Reeves, T. C. (2008). Design-based research and educational technology: Rethinking technology and the research agenda. Educational Technology and Society, 11(4), 29–40.

Clark, S. K. (2013). Reflection: Research by design: Design-based research and the higher degree research student. Journal of Learning Design, 8(3). https://doi.org/10.5204/jld.v8i3.257

Creed, P. A., Fallon, T., & Hood, M. (2009). The relationship between career adaptability, person and situation variables, and career concerns in young adults. Journal of Vocational Behavior, 74(2), 219–229. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2008.12.004

Darwin, M. R., Farozin, M., & Retnawati, H. (2020). What Career Guidance and Counseling Services Are Needed by Senior High School Students? JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(4), 608. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.26281

Kasim, A. (2001). Bimbingan konseling di sekolah dan perguruan tinggi. Bimbingan Konseling Universitas Negeri Jakarta.

Kelly, K. R. (2015). Aspects of Career-Decision-Making. 403–424.

Purwanta, E. (2012). Modifikasi Perilaku Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Pustaka Pelajar.

Rifaedah, E. (2014). Program Bimbingan Karier Untuk Memantapkan Pilihan Karier Peserta Didik. Universitas Pendidikan Indonesia.

Savickas, M. L. (1997). Career adaptability: An integrative construct for life-span, life-space theory. Career Development Quarterly, 45(3), 247–259. https://doi.org/10.1002/j.2161-0045.1997.tb00469.x

Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2012). Career Adapt-Abilities Scale: Construction, reliability, and measurement equivalence across 13 countries. Journal of Vocational Behavior, 80(3), 661–673. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2012.01.011

Sisca, & William Gunawan. (2015). Gambaran Adaptabilitas Karier Remaja. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 11(Desember), 111–119.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5438

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.