EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN SELF-ESTEEM SISWA BROKEN HOME DI KELAS XI MAN 4 BANJAR
(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author
Sari
Keluarga yang tidak harmonis (broken home) dapat memberikan dampak yang buruk pada perkembangan anak. Salah satu permasalahan yang terjadi pada anak broken home yakni anak akan memiliki self-esteem yang rendah. Umumnya seseorang dengan self-esteem rendah juga memiliki tingkat ketegasan yang rendah, hal ini akan membuat anak mudah menjadi korban dari perilaku penyimpangan ataupun sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat self-esteem siswa broken home sebelum dan sesudah diberikannya layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training serta mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training dalam meningkatkan self-esteem siswa broken home di kelas XI MAN 4 Banjar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan desain penelitian ini adalah pre-experiment dengan pola One Group Pre-test – Post-test Design. Pre-test diberikan sebelum adanya perlakuan dan post-test diberikan setelah perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah diberikannya layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training dapat dilihat dengan cara membandingkan hasil skor pre-test dan post-test yakni 450% < 595% atau dengan rata-rata 56% < 74%, dengan demikian (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training efektif dalam meningkatkan self-esteem siswa broken home di kelas XI MAN 4 Banjar.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amalia, R., & Pahrul, Y. 2019. “Intervensi Konselor Sekolah Untuk Meningkatkan Self Esteem Bagi Anak Keluarga Broken Home”. Jurnal Pendidikan Tambusai |. 3(2): 632-640.
Farida, W., Dahlan, S., & Widiastuti, R. 2018. “Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Teknik Assertive Training dalam Meningkatkan Self Esteem Siswa”. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling). 6(2): 1-14. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/17345/12418
Fathonah, D., Hendriana, H., & Rosita, T. 2020. “Gambaran Self Esteem Siswa Dari Keluarga Broken Home Di SMAN 1 Ciwidey”. Recherche En Soins Infirmiers. 3(4): 26-30. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/5788
Folastri, S., & Rangka, B. I. 2016. Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Panduan Praktis Menyeluruh). Bandung: Mujahid Press.
Nasution, H. S., & Abdillah. 2019. Bimbingan Konseling Konsep, Teori dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Rahayu, N. I. 2019. Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Assertive Training Untuk Meningkatkan Self Esteem Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 2 Sendang Agung Tahun 2018/2019. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sumitro, A., & Annisa, K. K. 2019. “Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Assertive Training unuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas VIII MTSN 02 Kota Bekasi”. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Universitas Islam As-Syafi’iyah. 15(01): 1-10. https://uia.e-journal.id/guidance/article/view/292
Srisayekti, W., & Setiady, D. A. (2015). “Harga-diri (Self-esteem) Terancam dan Perilaku Menghindar”. Jurnal Psikologi, 42(2), 141. https://doi.org/10.22146/jpsi.7169
Tohari, S., & Handayani, E. S. (2020). Pelatihan Self Hypnomotivasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Asertif Dan Kemampuan Berbicara Di Depan Publik Di Panti Asuhan Puteri Aisyah Di Banjarmasin. 96–104. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/ULUM/article/view/124
Windaniati. 2013. “Meningkatkan Self-Esteem Siswa Melalui Teknik Asertif Training pada Siswa Kelas XI TMO 1 SMK Negeri 7 Semarang”. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP). 30(2): 173-180. https://doi.org/10.15294/jpp.v30i2.5679
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.5266
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Akun Akademik Anda Terhubung dengan :
Didedikasikan Untuk:
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.