MOTIVASI INSTRINSIK, DUKUNGAN SOSIAL DAN PROKRASTINASI AKADEMIK MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KERINCI
(1) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(2) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(3) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(4) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(5) Institut Agama Islam Negeri Kerinci
(*) Corresponding Author
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. (2016). Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Putaka Pelajar.
Chaplin, J. P. (2002), Kamus lengkap Psikologi. Jakarta.:Raja Grafindo Persada
Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Elliot, A. J., Faler, J., McGregor, H. A., Campbell, W. K., Sedikides, C., & Harackiewicz, J. M. (2000). Competence valuation as a strategic intrinsic motivation process. Personality and Social Psychology Bulletin, 26(7), 780-794
Faiz, A., Yandri, H., Kadafi, A., Mulyani, R. R., Nofrita, N., & Juliawati, D. (2019). Pendekatan Tazkiyatun An-Nafs untuk membantu mengurangi emosi negatif klien. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 65-78. http://doi.org/10.25273/counsellia.v9i1.4300
Fausiah, N. L. (2011). Hubungan Motivasi Intrinsik dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Aktivis Universitas Negeri Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Mkassar).
Ferrari, J. R. (1991). Self-handicapping by procrastinators: Protecting self-esteem, social-esteem, or both?. Journal of Research in Personality, 25(3), 245-261.
Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. New York: Springer Science & Business Media.
Ghufron, M. N & Risnawati R. S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Jakarta: Ar-Ruzz Media
Ghufron, M. N. (2003). Hubungan kontrol diri dan persepsi remaja terhadap Penerapan disiplin orangtua dengan Prokrastinasi akademik (Doctoral dissertation, [Yogyakarta]: Universitas Gadjah Mada).
Hamalik, O. (1992). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Juliawati, D. (2014). Efektifitas layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa. In Proceedings of International Guidance and Counseling Conference. Retrieved from https://www. researchgate. net/publication/327915616_EFEKTIVITAS_LAYANAN_BIMBINGAN_KELOMPOK_MENGURANGI_PROKRASTINASI_AKADEMIK_SISWA.
Juliawati, D. (2017). Studi Kasus Terhadap Mahasiswa yang Menikah Saat Menempuh Masa Kuliah. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 43-49.
Juliawati, D., & Yandri, H. (2018). Prokrastinasi Akademik Mahasantri Ma’had Al Jami’ah IAIN Kerinci. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 19-26. https://doi.org/10.26638/jfk.485.2099
Kumalasari, F., & Ahyani, L. N. (2012). Hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri remaja di panti asuhan. Jurnal Psikologi: PITUTUR, 1(1), 19-28.
Marni, A., & Yuniawati, R. (2015). Hubungan antara dukungan sosial dengan penerimaan diri pada lansia di panti wredha budhi dharma yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).
Maslihah, S. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial di lingkungan sekolah dan prestasi akademik siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi, 10(2), 103-114.
Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik siswa. Konselor, 4(1), 1-12.
Pradinata, S., & Susilo, J. D. (2016). Prokrastinasi Akademik dan Dukungan Sosial Teman Sebaya pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Experientia, 4(2), 85-95.
Rizvi, A., Prawitasari, J. E., & Soetjipto, H. P. (1997). Pusat kendali dan efikasi-diri sebagai prediktor terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 2(3), 51-66.
Sarafino, E. P. (1998). Health Pschology : Biopsychosocial Interactions. New York: United State of Amarica.
Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap konformitas teman sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9-17.
Steel, P. (2007). The nature of procrastination: a meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological bulletin, 133(1), 65.
Suryabrata, S. (2005). Pengembangan Alat Ukur Psikologi. Yogykarta: Andi Offset.
Ulandari, Y., & Juliawati, D. (2019). Pemanfaatan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 1-8.
Wiyarti, H. A., & Setyawan, I. (2018). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan prokrastinasi menghafal al-qur’an pada santri di pondok pesantren modern islam assalaam surakarta. Empati, 6(4), 33-36.
Yandri, H., & Juliawati, D. (2018). Profile of the problem of the adolescent with parents as Indonesian migrant workers. Konselor, 7(4), 160-165. https://doi.org/10.24036/0201874101452-0-00
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i2.5103
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Akun Akademik Anda Terhubung dengan :
Didedikasikan Untuk:
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.