BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK FOCUS GROUP DISCUSSION UNTUK MENGURANGI PERSEPSI NEGATIF SISWA TERHADAP BIMBINGAN KONSELING DI MTS PANGERAN ANTASARI

Siti Zainab(1*), Kasyful Anwar(2), Aminah Aminah(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Siswa kurang memahami akan pentingnya layanan Bimbingan dan Konseling sehingga peran guru Bimbingan dan Konseling dalam memberikan layanan sangatlah kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi persepsi negatif siswa terhadap Bimbingan dan Konseling di Sekolah Kelas VIII B MTs Pangeran Antasari dengan focus group discussion dalam layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu pre-eksperimental design one-group pretest dan posttes. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 27 responden dan didapat 8 orang sebagai sampel penelitian melalui purposive sampling atau sampel bertujuan. Untuk menguji validas instrument peneliti menggunakan Validitas Konstrak dilakukan dengan Pearson Correlation (membandingkan r tabel dan r hitung). Teknik analisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis Kuantitatif Statistik Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan sebelum diberikan teknik focus group discussion dalam penggunaan layanan bimbingan kelompok rata-rata skornya adalah 198 (52%) dan sesudah diberikan focus group discussion dalam penggunaan layanan bimbingan kelompok maka diketahui hasilnya adalah sebanyak rata-rata 187 (49%). Untuk teman-teman peneliti lain, penelitian ini belum sempurna, kalian bisa menambah responden untuk memberikan treatment agar layanan bimbingan ini akan bertambah efektif.


Kata Kunci


Bimbingan Kelompok, Teknik focus group discussion, Persepsi Negatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sugiyono. 2015. Prosedur Penelitian Pendidikan.Bandung : Afabeta.

Annisa dkk. (2015). Studi Tentang Persepsi Siswa pada Layanan Bimbingan Konseling di SMK Se-Kecamatan Sukamanunggal Surabaya. 3(1)

Hidayah, B. (2015), Penerapan Bimbingan Kelompok Teknik Focus Group Discussion untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Pemuda Papar Tahun Pelajaran 2015/2016. (Skripsi, Sarjana UN PGRI Kediri). Diakses dari : simki.unpkediri.ac.id.

Prayitno, 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Ciputat: Gaung Persada Press.

Siti Ma’rifah.(2015). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengubah Persepsi Negatif Terhadap BK Pada Siswa Kelas VII Semester 2 Tahun Pelajaran 2015/2016 di MTs Negeri III Surabaya.

Yossy, A. (2014). Layanan Informasi untuk Mengubah Persepsi Siswa tentang Layanan Bimbingan dan Konseling di SMK Negeri 3 Kediri.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v6i3.3767

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.