PELAKSANAAN LAYANAN KLASIKAL BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP NEGERI 3 KANDANGAN

Rismawati. Rismawati.(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan  untuk mengetahui apa saja jenis layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan dengan format klasikal, bagaimana pelaksanaan layanan klasikal bimbingan dan konseling, apa saja kendala yang dihadapi guru bimbingan dan konseling dan bagaimana respon kepala sekolah, wali kelas dan guru mata pelajaran terhadap layanan klasikal bimbingan dan konseling di SMP Negeri 3 Kandangan.

Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan layanan bimbingan secara klasikal, adapun wawancara dilakukan terhadap guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 3 Kandangan yaitu Ibu Erlina Hidayati, S.Pd dan tiga orang siswa yang ada di SMP Negeri 3 Kandangan. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mempelajari perangkat bimbingan dan konseling yaitu program dan satuan layanan bimbingan dan konseling di SMP  Negeri 3 Kandangan.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa jenis layanan bimbingan dan konseling yang dilaksanakan dengan format layanan  klasikal di SMP Negeri 3 Kandangan meliputi meliputi layanan orientasi, layanan informasi, layanan penguasaan konten dan kegiatan pendukung aplikasi instrumentasi.Adapun, Pelaksanaan layanan klasikal bimbingan dan konseling dilaksanakan secara terjadwal, dengan materi layanan meliputi bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir. Guru bimbingan dan konseling membuat satuan layanan bimbingan klasikal dan dalam pelaksanaan layanan klasikal tersebut dilakukan sesuai dengan satuan yang telah dibuat.

Kendala yang dihadapi guru bimbingan dan konseling pada pelaksanaan layanan klasikal bimbingan dan konseling adalah respon siswa terhadap layanan berkurang ketika layanan bimbingan dilaksanakan pada jam pelajaran terakhir, hal ini ditunjukkan dengan adanya siswa yang mengantuk pada saat pemberian layanan. Adapun, respon kepala sekolah, wali kelas dan guru mata pelajaran terhadap pelaksanaan layanan  klasikal bimbingan dan konseling  di SMP Negeri 3 Kandangan menunjukkan respon yang baik, hal ini dibuktikan dengan tersedianya jam khusus untuk pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v1i2.360

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.