UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP PERGAULAN DI SMP NEGERI 1 ANGKINANG

Muhammad Rizki

Sari


Pergaulan merupakan nteraksi dilakukan individu, dapat juga oleh individu dengan kelompok. Pergaulan mempunyai pengaruh yang besar dalam pembentukan kepribadian seorang individu, pergaulan yang ia lakukan itu akan mencerminkan kepribadiannya, baik pergaulan yang positif maupun pergaulan yang negatif. Rendahnya kepercayaan diri pada seseorang menyebabkan orang menjadi ragu-ragu, pesimis dalam menghadapi rintangan, kurang tanggung jawab, dan cemas dalam mengungkapkan pendapat / gagasan. Empat cirri utama kepercayaan diri yang sehat meliputi : Ciri diri, pemahaman diri, tujuan yang jelas dan berpikir positif (Apriyanti Yofita Rahayu, (2013:65)

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, Tempat penelitian ini bertempat di SMP Negeri 1 Angkinang yang terletak di Jalan Jend. A. Yani km 8.5  Kecamatan Angkinang  Kabupaten Hulu Sungai Selatan, teknik pengumpulan data, Teknik Observasi, Wawancara, Pengolahan data gunakan adalah Triangulasi sumber, Analisis data : Reduksi data, Display data dan Verifikasi (Kesimpulan)

Hasil penelitian 1). Kepercayaan diri dalam pergaulan di SMP Negeri 1 Angkinang Kabupaten Hulu Sungai Selatan masih terdapat siswa yang kurang percaya diri sering menyendiri, tidak mau banyak bicara cuma sekedarnya saja, selalu merasa takut untuk menampilkan diri didepan kelas. 2). Cara dilakukan dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pergaulan : (a) memberanikan untuk melakukan sesuatu yang berguna buat kehidupan pribadi siswa, (b) belajar untuk mengambil keputusan, (c) menikmati yang dikerjakan, (d) membenahi kekurangan, dan (e) bersikap tenang dan wajar. 3). Faktor mempengaruhi kepercayaan diri siswa (a) siswa tidak mempunyai kemauan untuk bergaul atau berteman, (b) merasa malas untuk berbicara, (c) sulit untuk membuka diri dalam bergaul.  Faktor lain  (a) keluarga yaitu kurangnya perhatian dan pengertian orang tua. (b) dari lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Mengatasi kurang kepercayaan diri siswa terhadap pergaulannya guru bimbingan dan konseling melakukan pengamatan dalam keseharian siswa dengan cara memberikan bimbingan kelompok, berupa arahan, saran, dan motivasi. Cara  mengatasi kurang kepercayaan diri: (a) memberanikan diri memulai mengikuti kegiatan ekstra kurikuler disekolah ataupun organisasi lainnya, (b) berlatih untuk bergaul dengan orang-orang yang tidak dikenal, dan (c) merubah penampilan dengan merapikan pakaian

Teks Lengkap:

Tidak berjudul


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v1i2.359

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.