PENGARUH RESPON SISWA DAN PERAN GURU BK TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PADA KELAS X DI MADRASYAH ALIYAH 3 BANJARMASIN

Irma yanti(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Sari


Secara kejiwaan anak  masih rapuh dan labil, kurangnya perhatian dan kasih sayang orang tua dapat mengakibatkan pengaruh lebih buruk lagi bagi jiwa anak. Menurut Thomas lickona (Haryani, 2011:5) pendidikan karakter dipengaruhi oleh aspek pengetahuan, perasaan dan respon, tanpa ketiga aspek ini maka pendidikan karakter tidak akan efektif dan pelaksanaannya pun harus dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan.

Populasi adalah 240 siswa dan satu orang guru Bimbingan dan konseling., Teknik simple random sampling 150 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif (mix method). Uuji validitas   skala yang diujikan kepada 30 siswa dari 38 menjadi 30 item yang valid. uji reliabilitas respon siswa memiliki nilai α = 0.698 (reliable), peran Guru BK memiliki nilai α = 0.638 (reliabel) dan pendidikan karakter memiliki nilai α = 0.935 (reliabel). Suatu instrument dikatakan reliabel jika nilai α > 0.60 semakin dekat dengan 1 maka semakin tinggi keandalan konsistensi internal, Uji normalitas menyatakan bahwa hasil data yang dimiliki terdistribusi secara normal karena nilai  signifikan, respon siswa 0.258, peran guru BK 0.075 dan pendidikan karakter 0.05 berada diatas nilai probabilitas 0.05. Uji Asumsi klasik, Uji Multikolinearitas dilihat pada Variance Inflation Factor (VIF) yaitu respon siswa memiliki nilai VIF = 1.808 dan peran guru BK memiliki nilai VIF = 1.808 karena nilai VIF < 5 maka didapat disimpulkan bahwa tidak ada multikolinearitas 4). Hasil uji heteroskedasitas, hasil berbentuk sebuah pola maka terjadi heteroskedasitas dan apabila tidak terbentuk pola maka tidak terjadi heteroskedasitas. Uji hipotesis, hasil uji t (regresi secara parsial) menunjukkan nilai sig X1 sebesar 0.00 dan sig X2 sebesar 0.00 karena kurang dari 0.05 disimpulkan Ho di tolak dan Ha diterima. Interprestasikan nilai respon siswa sebesar 0.00 berarti terdapat hubungan signifikan antara respon siswa terhadap pendidikan karakter dan karena nilai peran guru BK sebesar 0.00 berarti terdapat hubungan signifikan antara peran guru BK dengan pendidikan karakter. Hasil uji F (regresi secara simultan), karena nilai sig. F change sebesar 0.00 nilai sig kurang dari 0.05

Kesimpulan ada hubungan sangat signifiikan antara respon siswa dan peran guru BK terhadap pelaksanaan pendidikan karakter6). wawancara dengan guru BK sangat sependapat hasil dari analisis angket, guru BK membenarkan adanya pengaruh antara respon siswa, peran guru BK terhadap pendidikan karakter

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v1i2.356

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.