PERAN KELUARGA DALAM PENGELOLAAN EMOSI ANAK USIA GOLDEN AGE DI DESA GAMBARSARI
(1) IAIN Purwokerto
(2) IAIN Purwokerto, Dosen Fakultas Dakwah
(*) Corresponding Author
Sari
Keluarga merupakan lingkup utama yang mengajarkan anak berbagai emosi yang dapat diungkapkan ketika anak mengalami suatu peristiwa. Dalam usia golden age ini, anak dapat berkembang pesat dalam memperoleh informasi dan anak cenderung meniru hal-hal yang dilakukan oleh orang tua anak. Orang tua sangat berperan penting dalam perkembangan emosional anak, agar supaya anak dapat terus berinteraksi dan berkomunikasi dengan lingkungan sekitar sesuai dengan peristiwa yang terjadi dan anak dapat mengaplikasikan emosinya secara tepat. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan teori Social learning theory merupakan teori yang menjelaskan sosialisasi dan pengaruhnya terhadap perkembangan kepribadian anak. Dengan menggunakan teori tersebut dapat disimpulkan bahwa peran orang tua sangat berpengaruh terhadap sosialisasi anak dan perkembangan kepribadian anak terutama dalam mengelola emosi anak, yang mana anak akan cenderung menirukan terlebih dahulu apa yang dia lihat dari sekeliling dia terutama dari orang tua dan keluarga terdekatnya.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ainiyah, Qurrotul. (2017). Social Learning Theory dan Perilaku Agresif Anak dalam Keluarga. Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum. Vol. 2, No.1, Januari-Juni. Fakultas Syari’ah. IAIN Surakarta.
Hulukati, Wenny. (2015). Peran lingkungan keluarga terhadap perkembangan anak. Jurnal Musawa. Vol. 7, No. 2, Desember.
Jamiah, Yulis. (2012). Keluarga Harmonis dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak Usia Dini. Jurnal Matematika, PMIPA, FKIP, Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Marrtani, Wisjnu. (2012) Metode Stimulasi dan Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi. Vol. 39, No. 1, Juni. Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada.
Mashar, Riana. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup
Prasetiawan, Ahmad Yusuf. (2019). Perkembangan Golden Age dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Vol. 6, Nomor 1, Juni.
Rahman, Hibana S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press
Rumini S dan Sundari S. (2004). Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia Cetakan 1
Uce, Loeziana. (2015). The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Jurnal Pendidikan Anak, Bunaya. Vol. 1, No. 2, Juli.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i1.3404
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Akun Akademik Anda Terhubung dengan :
Didedikasikan Untuk:
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.