PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU UNO UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMA

Silvia Septyani(1*), Zainal Fauzi(2), Rudi Haryadi(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan MAAB Banjarmasin
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Masih banyak ketidakmampuan siswa dalam pengedalian emosi ini sejalan dengan hasil dari studi pendahuluan yang membuktikan siswa memiliki kecerdasan emosional yang rendah di SMA Kecamatan Karang Intan. Upaya guru BK di lapangan dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa selama ini hanya sebatas pemberian informasi menggunakan media power point, dimana media yang digunakan tersebut kurang efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media permainan kartu UNO untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa dan untuk mengetahui kelayakannya. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah menggunakan RnD model PPE yang dikembangkan oleh Richey dan Klein. Hasil penelitian ini telah menghasilkan media permainan Kartu UNO untuk meningkatkan kecerdasan emosional yang layak berdasarkan uji validasi materi dan media. Hasil uji validasi  yang di dapat dari 3 ahli memperoleh hasil rata-rata 4,2 dengan kriteria “sangat baik” dan dari 2 praktisi memperoleh hasil rata-rata 4,5 dengan kriteria “sangat baik” dengan catatan sedikit revisi atau perbaikan dalam model yang dikembangkan. Saran selajutnya model  ini masih memerlukan ujicoba di lapangan guna mengetahui efektifitas dan efisiensinya.


Kata Kunci


Permainan; Media kartu UNO; Kecerdasan emosional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhim, F. (2012). Hubungan Pendidikan Karakter Terhadap Kecerdasan Emosional Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1). 29-38.

Aminah, S. (2018). Pengembangan alat permainan kartu uno career sebagai media perencanaan karir siswa di SMPN 1 pengasih. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(10), 650-658.

Ariska, D. (2019). Efektivitas bimbingan kelompok menggunakan media permainan kartu uno terhadap peningkatan perencanaan karier siswa smp. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(8), 556-566.

Bekesas, W.R., Berimbau, M., Mader, R.V., Pellerano, J & Riegel, V (2018). CosmoCult Card Game: A Methodological Tool to Understand the Hybrid and Peripheral Cultural Consumption of Young People. Open Library of Humanities, 4(1). DOI: 10.16995/olh.167

Chen, P., Kuo, R., Chang, M., & Heh J-S (2017). The effectiveness of using in-game cards as reward. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12:15. DOI 10.1186/s41039-017-0054-8

Erwin, A., & Wahidahtun, N. A. (2018). Efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas XI IPA SMA IP Yakin Jakarta tahun ajaran 2016/2017. Guidance, 15(02), 17-29.

Estiani, W., Widiyatmoko, A., & Sarwi, S. (2015). Pengembangan Media Permainan Kartu Uno Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa Kelas VIII Tema Optik. Unnes Science Education Journal, 4(1). 711-719

Goleman, D (2016). Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional Buku Menggemparkan Yang Mendefinisikan Ulang Apa Arti Cerdas Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Jannah, N & Mahidin (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional siswa di sma muhammadiyah-2 medan. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam (IKABKI), 1(1). 115-126.

Lestari, T.N & Rahardjo, P ( 2013). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kematangan karir pada mahasiswa universitas muhamadiyah purwokerto yang sedang menempuh skripsi. Psycho Idea. 11 (2). DOI: 10.30595

Ulandari, Y., & Juliawati, D. (2019). Pemanfaatan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 1-8.

Utomo, E.T., Yusmansyah, Y., & Widiastuti, R. (2018). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan untuk Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 6(3).

Yanti, R. A. E & Susanti, Y. (2017). Aplikasi smart card game uno acounting sebagai alat evaluasi pembelajaran akuntansi. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 5(2). 131-136.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i1.3316

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.