PENGEMBANGAN MEDIA POSTER LAYANAN INFORMASI DAMPAK PERNIKAHAN DINI PADA SISWA SMP DI BANJARBARU

Tissa Elvina Ananda(1*), Ani Wardah(2), Aminah Aminah(3)

(1) UNISKA MAAB
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Kalimantan Selatan ialah provinsi di Indonesia dengan jumlah pernikahan dini tertinggi di Indonesia yaitu 39,53 % dari jumlah pernikahan (bersumber pada TIM CNN Indonesia, 09 Maret 2019). Berdasarkan hasil pengamatan peneliti yang dilakukan di SMP Negeri 13 Banjarbaru di kecamatan Cempaka, 8 siswa  berhenti sekolah karena menikah, siswa broken home sekitar 50%  dari jumlah seluruh siswa 192 orang. Untuk mengatasi permasalahan pernikahan usia dini perlu pemberian layanan informasi. Dengan adanya pengembangan media ini dapat menghasilkan media poster layanan informasi dampak pernikahan dini pada siswa SMP di Banjarbaru yang teruji keberterimaannya dari aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kemenarikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pengembangan media poster layanan informasi dampak pernikahan dini pada siswa SMP di Banjarbaru mengadaptasi dari strategi pengembangan Borg & Gall (dalam Sugiono, 2016) yang memiliki tujuh tahap. Media poster dilakukan pengujian oleh ahli validasi yaitu ahli bimbingan konseling, ahli media dan 5 Guru bimbingan konseling di Banjarbaru. Untuk hasil penilaian dari ahli validasi dan 5 Guru bimbingan konseling mendapatkan kategori “Sangat Layak”.


Kata Kunci


Media Poster;Layanan Informasi; Dampak pernikahan dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bastomi, H. 2016. Pernikahan Dini dan Dampaknya (Tinjauan Batas Umur Perkawinan Menurut Hukum Islam dan Hukum Perkawinan Indonesia). Yudisia: Jurnal Pemikiran Hukum dan Hukum Islam, 7(2), 354-384.

Desiyanti, I. W., 2015. Faktor-faktor yang berhubungan terhadap pernikahan dini pada pasangan usia subur di kecamatan Mapanget Kota Manado. JIKMU. 5(2); 270-280.

Djamilah, D., & Kartikawati, R. (2014). Dampak Perkawinan Anak di Indonesia. Jurnal Studi Pemuda, 3(1), 1-16.

Efendi, M. (2013). Pengembangan Media Blog Dalam Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling. Jurnal BK UNESA, 1(1).

Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84-92.

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida', 37(1), 27-34.

Sadiman, Arief S. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v7i1.3310

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.