KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN EMPATI SIWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 ALALAK BARITO KUALA

Elia Purnama Sari(1*), Ani Wardah(2), Muhammad Eka Prasetia(3)

(1) Jurnal mahasiswa Bk An-Nur (Berbeda, Bermakna, Mulia)
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan utama dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana efektivitas biimbingan kelompok dengan teknik sosiodrrama untuk meningkatkan empaty siswa  di SMP Negeri 4 Alalak Barito Kuala. Penelitian ini menggunakan pre-eksperimental design yaitu One-group Pretest-Posttest). Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 8 siswa dimana pada masing-masing siswa memiliki tingkat empaty yang rendah. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel 8 responden dari 30 populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan skala empaty dan hasil observasi. Data diolah dengan menggunakan hitungan statistik deskriptif, dan uji wilcoxon dengan aplikasi IBM SPSS Statistik versi 25. Berdasarkan hasil penelitian, maka akan dibahas data tentang gambaran empati siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Alalak Barito Kuala mengalami peningkatan Hasil pretest menunjukan 8 siswa berada dalam kategori rendah sehingga perlu mendapatkan perlakuan  lebih lanjut. Peneliti menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk memberikan treatment, ternyata terjadi perubahan dari peserta didik yang memiliki empati rendah ternyata setelah mengikuti kegiataan tersebut terjadi peningkatan. Hal tersebut dilihat dari hasil posttest dari perhitungan 8 sampel pada siswa kelas VIII menunjukan hasil pretest skala empati dengan nilai 380 : 8 = 47,5 setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan empati siswa mengalami  peningkatan dengan angka 567 : 8 = 70.8 dengan rincian peningkatan 6 siswa dengan persentase 63% berada dalam kategori sangat tinggi, 2 siswa dengan persentase 21% berada dalam kategori tinggi.


Kata Kunci


Bimbingan Kelompok, Sosiodrama, Empati Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kristianti, I.N. (2013). Meningkatkan Empaty Siswa Melalui Layanan Biimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrrama Bringin Tahun Pelajaran 2013/2014: Jurnal Universitas Kristen Satya Wacana, 1 -8

Nursafitri, R. (2013). Penerapan Biimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrrama Untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Hubungan Interpersonal siswa: Jurnal Biimbingan Konseling Universitas Neegeri Surabaya, 03 (1), 239-244

Setianingruum, A. (2015). Pengaruh Empaty, Self-Control dan Self-Esteem Terhadap perilaku Cyberbullying Pada Siswa SMAN 64 Jakarta (Skripsi Edukasi Untuk Meningkatkan Empaty Siswa SMA: Jurnal Widiya Warta, 01, 1-12

Taufik. (2012). Empaty Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Winkkel, W. S., & Hastuti, M. M. Sri. (2012). Biimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan (Edisi ke-8). Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v5i3.2500

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.