EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN ETIKA BERMEDIA SOSIAL SISWA KELAS VII D DI SMP NEGERI 4 ALALAK

Norma Sari(1*), Sultani Sultani(2), Nurmiati Nurmiati(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin
(3) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin
(*) Corresponding Author

Sari


Etika bermedia sosial merupakan aturan dalam penggunaan media sosial agar lebih menggunakan bahasa yang sopan dan layak pada saat berinteraksi melalui media sosial yang tidak melanggar aturan yang berlaku di masyarakat, tidak menyebarkan berita hoax, ujaran kebencian, SARA dan lain-lain. Tujuan utama dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan etiika bermedia sosial siswa  di SMP Negeri 4 Alalak. Adapun hasil pre-test ditemukan 1 siswa berada pada kategori tinggi dengan presentase 12,5% dan 7 siswa pada kategori rendah dengan presentase 87,5%. Sedangkan hasil post-test setelah diberikan layanan 8 siswa mengalami peningkatan, 2 siswa berada pada kategori sangat tinggi dengan presentase 25% dan 6 siswa pada kategori tinggi dengan presentase 75%. Dari perhitungan uji wilcoxon pada data keseluruhan diperoleh nilai Z = -2,524 dan p value (Asymp. Sig. 2-tailed) = 0.012. Sehingga, melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama secara signifikan dapat meningkatkan etika bermedia sosial siswa kelas VII D di SMP Negeri 4 Alalak.


Kata Kunci


Bimbingan Kelompok; Sosiodrama; Etika Bermedia Sosial

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v6i1.2499

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.