KONSELING LOGOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA ANAK BROKEN HOME

Sri Ayatina Hayati(1*), Aminah Aminah(2)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas konseling kelompok dengan logoterapi dalam meningkatkan penerimaan diri pada anak yang mengalami broken home. Penelitian ini mencakup mengenai penerimaan dan memberikan perasaan positif, untuk menjalin komunikasi dipertahankan, mendengarkan dengan pikiran terbuka untuk masalah, tulus, menerima terbatas di sana, dukungan dan cinta, cinta tanpa syarat. Hasil observasi dan studi awal yang dilakukan oleh peneliti di MTs Al- Ikhwan Banjarmasin pada bulan November 2019, menunjukkan bahwa beberapa anak ada yang merasa putus asa dalam belajar karena orang tuanya bercerai. Mereka cenderung lebih suka menutup diri di rumah dan membatasi hubungan. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik logoterapi efektif dalam meneningkatkan penerimaan diri anak yang mengalami broken home. Hasil statistik deskriptif dari kedua sampel yang diteliti yakni nilai pre-test dan pos- test memperoleh hasil mean pre-test sebesar 10,25 dan post-test sebesar 41,00. Jumlah responden yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah sebanyak 7 orang siswa. Karena nilai rata-rata hasil pre-test 10,25 < post-test 41,00, maka itu artinya secara deskriptif ada perbedaan rata-rata hasil penerimaan diri antara pre-test dan post-test.


Kata Kunci


Konseling Kelompok

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Saidiyah, Satih., Julianto, Very. 2016. Problem Pernikahan dan Strategi Penyelesaiannya: Studi Kasus Pada Pasangan Suami Isteri Dengan Usia Perkawinan di Bawah Sepuluh Tahun. Jurnal Psikologi UNDIP. Vol. 15. No. 2. Oktober 2016, 124-133.

Erlangga, Erwin. Logotherapy Counseling to Improve Acceptance of Broken Home Child. Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling. Guidena. Volume 7 Number 1, Page 63-67, Juni 2017. ISSN: 2088-9623 (Print) – ISSN: 2442-7802 (Online).

Arikunto Suharsimi. 2002. Research Procedure A Practical Approach. Jakarta: Rineka Reserved

Prayitno. 1995. Guidance and Counseling Services. Jakarta: Ghalia Indonesia

Prayitno and Amti Erman. 1994. Fundamentals of Guidance and Counseling. Jakarta: Rineka Reserved

Soffyan S. Willis. 2004. Individual Counseling Theory and Practice. Bandung: Alfabeta

Bastaman. 2007. logotherapy Psychology to Find the Meaning of Life and Achieve Meaningful Life. Jakarta: PT. King Grafindo Persada.

Frankl, E Victor. Psychological therapy logotherapy 2003. Through the Making of Existence. Yogyakarta: Creative Discourse.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v6i1.2498

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.