Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management di SMP Negeri 4 Murung Pudak

rosa siti roseha nuraini(1*), Kasypul Anwar(2), Aminah Aminah(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


ABSTRAK
Melalui penelitian ini dengan harapan agar dapat mengetahui seberapa besar situasi motivasi malas belajar siswa sebelum mendapatkan layanan konseling kelompok teknik self-management. Seberapa besar pengaruh layanan konseling kelompok teknik self-management dalam meningkatkan motivasi malas belajar siswa di SMP Negeri 4 Murung Pudak. Metode penelitian ini, yaitu menggunakan desain peneliti pre experimental design dalam desain one group pre test and post test. Proses analisis data yaitu menganalisis data yang sudah terkumpul dengan menggunakan perhitungan analisis statistik non parametrik uji wilcoxon dan analisis deskriptif persentase.
Dalam penelitian ini populasi yaitu keseluruh siswa pada kelas VIII di SMP Negeri 4 Murung Pudak yang berjumlah 20 siswa. Subjek pada penelitian ini tertuju pada siswa di kelas VIII SMP Negeri 4 Murung Pudak. Teknik sampling purposive, penelitian menggunakan teknik angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus yakni uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test, maka nilai Z yang didapat sebesar -3.920 dengan p value (Asymp). Sig 2 tailed) sebesar 0,000 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sehingga dapat ditarik keputusan dari hipotesis yakni dengan rumus H1 diterima atau yang artinya adanya perbedaan yang bermakna diantara kelompok pada hasil sebelum dan sesudah pemberian layanan konseling kelompok teknik self-management.


Kata Kunci


Motivasi Belajar, konseling Kelompok, Self Management

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi. A dan W.Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarrta PT. Rineka Cipta.

Anik Supriyati (2013) Upaya Meningkatkan Self Management Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa KelasViiid Di SMPN I Jakenan Pati. Tersedia : https://lib.unnes.ac.id/17323/. Diunduh maret 2019.

Amaliyah, 2018. Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Siswa Membolos Di SMPN 29 Banjarmasin Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnak An-nur. Banjarmasin: program studi fakultas ilmu pendidikan uniska. Online (https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/1320) diunduh 10 April 2019

Auliah, Nurul (2005). Pengantar Pendidikan. FKIP UNISKA Muhammad Arsyad Al-Banjari, Banjarmasin

Agustin, Liliza (2018), INTERVENSI PSIKOLOGI ISLAM Model Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Management-Tazkiyatun Nafs. skripsi,Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Tersedia : file:///C:/Users/User/Downloads/66-1-157-1-10-20190206.pdf

Dian Apriyanty, 2018.Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Pada Siswa Yang Mengalami Kurang Motivasi Belajar Dari Keluarga Rumah Rumah Di Smp Negeri Banjarbaru. Jurnak An-nur. Banjarmasin: program studi fakultas ilmu pendidikan uniska. Online (https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/1447) di unduh 09 April 2019

Failasufha 2014. ‘Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Realita untuk meningkatkan motivasi belajar siswa (studi eksperimen pada siswa MAN Yogyakarta III” Tesis, PPS UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prodi Pendidikan Islam Konsterasi Bimbingan Dan Konseling Islam (0nline). Tersedia:https://ejournal.uin-suka.id/dakwah/hisbah/article/view/131-02, diunduh maret 2019.

Febrini,Deni (2017). psikologi pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Galuh Mulyani,2016.Penggunaan Layanan Konseling Kelompok Untuk MeningkatanMotivasi Belajar Siswa Kelas VIII Di SMP Wiyata Karya Natar Tahun Pelajaran 2015/2016. Tersedia : https://www.google.com/search?safe=strict&q=Penggunaan+Layanan+Konseling+Kelompok+Untuk+Meningkatkan+Motivasi+Belajar+Siswa+Kelas+VIII+Di+SMP+Wiyata+Karya+NatarTahun+Pelajaran+2015/2016&spell=1&sa=X&ved=0ahUKEwjKkJu0xYnjAhUIaI8KHXI9ACkQkeECCCsoAA

Hikmawati.F. 2017. Metodologi Penelitian. Depok : PT.RajaGrafindo Persada.

Isnaini, Faiqul dan Taufik, 2013. Strategi Self-Manajement Untuk Meningkat Kedisiplin Belajar. Skripsi, Jurusan Magister Psikologi Universitas MuhammadiyahSurakarta.Tersedia:https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/download/1842/1293&ved=2ahUKEwj-zvnH-LDjAhUcS48KHfggCBQFjAHegQIBRAB&usg=AOvVAW3QTURon2sZki2l-PWrlMnS&cshid=1562988343625

.

Indryanigsih, Ni Luh Putu, 2014. Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik self-manajement Untuk Meningkatakan Motivasi Belajar Siswa kelas VIII B4 SMP NEGERI 4 SINGARAJA. Skripsi, Jurnal Jurusan Bimbingan Dan Konselinguniversitas Pendidikan Ganesha Buleleng,Bali. Tersedia:http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3807

Lubis.Namora, Lumongga. 2011. Memahami dasar-dasar konseling dalam teori dan praktik. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Lubis.Namora, Lumongga. 2016. Konseling Kelompok.Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.

Pranoto, H., Atieka, N., Fajarwati, R., & Septora, R,2018. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-regulation untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro Lampung. Tersedia : https://www.researchgate.net/publication/322923651_Layanan_Bimbingan_Kelompok_dengan_Teknik_SelfRegulation_Untuk_Meningkatkan_Motivasi_Belajar_Mahasiswa

Puspha Fandini,2018.Layanan konseling kelompok dengan teknik Behavioral contract dalam menumbuhkan karakter disiplin siswa di SMA PGRI 2 Banjarmasin tahun ajaran 2017/2018. Tersedia : https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/1322

Reza Febrianti. 2018. “Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik Kelas XI APB Di SMK Penerbangan Raden Intan Bandar Lampung.T.A. 2017/2018” Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan universitas Islam NegeriRadenInyanLampung.Tersedia:http://repository.radenintan.ac.id/3026/1/LAPORAN_SKRIPSI_REZA_FEBRIANTI.pdf. Diunduh maret 2019.

Safari Humadi, 2018.Efektif konseling Kelompok dalam meningkatkan akhlak mulia siswa kelas IX di MTS Noor Aini Banjarmasin.Tersedia : http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/1826

Salahudin.A. 2016. Bimbingan & Konseling. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung : Alfabeta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT.Bumi Aksara.

Supriyati, Anik. 2013. Upaya Meningkatkan Self Management dalam BelajarMelalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIIID SMPN 1 JakenanPati Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.Tersedia:https://www.google.com/search?safe=strict&biw=1033&bih=620&q=Upaya+Meningkatkan+Self+Management+dalam+Belajar+Melalui+Layanan+Bimbingan+Kelompok+Pada+Siswa+Kelas+VIIID+SMPN+1+JakenanPati+Tahun+Ajaran+2012/2013%E2%80%9D.+Skripsi,+Jurusan+Bimbingan+dan+Konseling+Fakultas+Ilmu+Pendidikan+Universitas+Negeri+Semarang&spell=1&sa=X&ved=0ahUKEwjR44Scx4njAhXQh3AKHUZXD4kQBQgrKAA. diunduh maret 2019.

Wahab.Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v6i1.2495

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.