EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDUAL DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF SISWA KELAS VII B DI SMP NEGERI 4 ALALAK BARITO KUALA

Putri Mawarni(1*), Sultani Sultani(2), Laelatul Anisah(3)

(1) Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Perilaku agresif dipicu ketika seseorang mengalami suatu hal dalam kondisi tertentu, seperti yang seringkali terlihat munculnya perasaan emosi, dan rasa marah. Dalam menangani perilaku agresif pada siswa sangatlah diperlukan adanya peran dari guru BK melalui layanan yang ada dalam bidang bimbingan dan konseling. Tujuan utama dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana efektivitas konseling individual dengan CBT untuk mengurangi tingkat perilaku agresif siswa di SMP Negeri 4 Alalak Barito Kuala.  Penelitian ini menggunakan pre-eksperimental design yaitu single subject design (SSD). Adapun hasil kondisi awal ditemukan 3 siswa dengan skor perilaku agresif tinggi. Hasil akhir setelah diberikan layanan 3 siswa mengalami penurunan skor. Dari perhitungan uji wilcoxon nilai sig <0.05 maka berhubungan dengan nilai  untuk nilai -1.604  = .109. berdasarkan hasil penghitungan uji Wilcoxon menggunakan SPSS versi  25 maka di peroleh  untuk nilai zig .109 jadi  sebesar -1.604. hasil diatas menunjukan nilai Asymp.Sig sebesar 0,109 > 0,05 dengan demikian dapat dikatakan bahwa analisis tersebut ditolak yang berarti Ha diterima dan Ho di tolak, maka dapat dikatakan penggunaan sampel dengan 3 siswa dapat mempengaruhi hasil signifikansi terhadap penurunan perilaku agresif pada siswa.


Kata Kunci


Bimbingan dan Konseling

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ad, Y., Megalia. (2016). Pengaruh Konseling Cognitive Behavior Therapy (CBT) Dengan Teknik Self Control Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas VIII di SMPN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Raden Intan Lampung.

Erford, B. T. (2017). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor (Edisi ke-2). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Falentina, E. (2017). Penggunaan Layanan Konsseling Kelompok Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) Untuk Mengurangi Perrilaku Agrresif Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Trimurjo Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Ma’ruf, H. (2015). Perilaku Agresi Relasi Siswa Di Sekolah. Yogyakarta: CV Aswaja Presindo.

Sarwono, S. W, & Meinarno, E. A. (2011). Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi ke-23). Bandung: Alfabeta.

Susantyo, B. (2016). Faktor-Faktor Determinan Penyebab Perrilaku Agresif Remaja di Permukiman Kumuh di Kota Bandung. Jakarta Timur. Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, Kementerian Sosial RI.

Winkel, W. S., & Hastuti, M. M. Sri. (2012). Bimbingan dan Konsseling di Institusi Pendidikan (Edisi ke-8). Yogyakarta: Media Abadi.

Yusuf, S. (2016). Konseling Individual: Konsep Dasar & Pendekatan. Bandung: PT Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v5i3.2271

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.