EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENGATASI PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS VIII B DI SMP NEGERI 4 ALALAK BARITO KUALA

Rus Diana(1*), Kasypul Anwar(2), Aminah Aminah(3)

(1) Jurnal mahasiswa Bk An-nur : berbeda, bermakna, bermulia.
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Sari


Tujuan utama dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana Efektifitas Konseling Kelompok untuk mengatasi tingkat perilaku menyontek siswa di SMP Negeri 4 Alalak Barito Kuala.

Penelitian ini menggunakan pre-eksperimental design yaitu subject design (SSD). Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian sebanyak 11 siswa yang dimana masing-masing siswa memiliki tingkat perilaku menyontek yang tinggi. Teknik Pengambilan sampel menggunkaan purposive sampling. Populasi sebanyak 90 orang siswa dan ditarik sampel sebanyak 30 orang siswa dan mendapatkan 11 Responden. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan pengukuran skala perilaku menyontek dan hasil observasi. Data yang diolah dengan menggunkan hitungan statistik deskriptif dan uji wilcoxon dengan aplikasi IBM SPSS Statistik versi 25

Hasil awal yang diketahui ada 11 orang siswa dengan skor perilaku menyontek yang tinggi. Dan setelah diberikan layanan 11 orang siswa mengalami penurunan skor. Dari perhitungan uji wilcoxon pada data keseluruhan siswa memperoleh Ztabel untuk zig 0,003 dan Zhitung sebesar -2,937 sehingga, dengan konseling kelompok secara signifikan dapat mengurangi perilaku menyontel siswa di SMP Negeri 4 Alalak di Barito Kuala


Kata Kunci


Bimbingan dan konseling

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afroh, K. (2014). Hubungan Antara Penalaran Moral Dengan Perilaku Menyontek Pada Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gondowulung Bantul. Prodi psikologi, Universitas Islam Negeri Yogyakarta.

Hartanto,D. (2012).Bimbingan dan Konseling Menyontek (Edisi ke-1). Jakarta : Barat Indeks.

Lisa, P. M. (2017). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya dan Minat Belajar Terhadap Perilaku Menyontek.Jurnal psikologiVol.5 (1) :39-51.

Samiroh dan Zadni, I M. (2015). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik dan Perilaku Menyontek pada siswa-siswi Mas Simbangkulon Buaran Pekalongan. Jurnal Psikologi Islami Vol.1 No.2. 67-77.

Sugiyono.(2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, R&D. (Edisi ke-23).Bandung:cv Alfabeta.

Wingkel, W. S., & Hastuti, M.M. Sri. (2012). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan (Edisi ke-8). Yogyakarta : Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v5i3.2270

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.