PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Nelyahardi Gutji(1), Rully Andi Yaksa(2*), Tielsa Gultom(3)

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Sari


This study aims to determine how the influence caused by the role playing technique provided by the teacher on increasing student confidence. In this study using experimenta research with a quantitative approach. The sample amounted to 16 students for the experimental class and 16 students for the control class and if added up to32students. The analysis used used simple regression analysis and t-test. The results of this study obtained a significance value in the experimental class of 0.012 ≤0.05 through this value it can be concluded that there is an effect of role playing on increasing student confidence at SMP N 8 Jambi City. The calculated t value is 2.886≥t_table = 2.145, which means that there is an effect of role playing on increasing student confidence at SMP N 8 Jambi City.

Kata Kunci


Role playing technique; Student confidence

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andrianti. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Bimbingan Konseling.

Anitah dalam Haq, Joyoatmojo, W. (2016). Penerapan Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Peralatan Transaksi Di Lokasi Penjualan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Pemasaran 3 Smk Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016. 4.

Anthony dalam Ghufron dan Risnawita. (2017). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Basri dalam Chadijah. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Al-Amar, 4, 170.

Dahlan. (2023). Refresentasi Nilai Karakter Berkearifan Lokal dalam Pembelajaran Menulis Drama Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. NNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 3.

Fatimah. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengembangkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling.

Fatimah dalam Indriyani. (2023). Inspirasi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Egaliter

Ghufron dan Risnawita. (2017a). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Hakim dalam Tanjung & Amelia. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 3.

Hakim dalam Vandini. (n.d.). Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. 2015, 216.

Huda dalam Chadijah. (2023). Upaya Guru Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Melalui Penerapan Metode Role Playing Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Kreatif Educatif, 169.

Hulukati. (2016). Pengembangan Diri Siswa Sma. Gorontalo: Ideas Publishing.

Indriyani. (2023). Inspirasi bimbingan dan konseling. Yogyakarta: Pustaka Egaliter

Jarvis, dkk., dalam I. (2023). Inspirasi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Egaliter

Kartini. (2019a). Krisis Percaya Diri. Semarang: Mutiara Aksara.

Kumara dalam Ghufron dan Risnawita. (2017). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Lauster Dalam Ghufron dan Risnawita. (2017). Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA

Miranda, Hakim, & W. (2019). Evektivitas Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 142.

Munna, Izza, & A. (2024). Implementasi Teknik Role Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Di SDN 3 Sekuro. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Cendikia, 143.

Rahmawati dalam Gustiawan, M. & D. (2023). Analisis Pembelajaraan Seni Drama Untuk Melatih Kreativitas Pada Siswa Sekolah DasarKelas Tinggi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3.

Ramadhani & Putrianti. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Citra Diri Pada Remaja Akhir. 25.

Roemlah dalam Indriyani. (2023). Inspirasi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Egaliter

Roestiyah dalam Azizah. (2022). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Motivasi Belajar Siswa dalam Menguasai Congratulations Expressions. Jurnal Kreatif, 124.

Sahir. (2021). Metodologi Penelitian. Jogjakarta: KBM Indonesia.

Shoimi dalam Azizah. (2022). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Motivasi Belajar Siswa dalam Menguasai Congratulations Expressions. 170.

Smith & Sudjana dalam Sutja, dkk. (2017). Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Dan Konseling.

Sugiyono. (2016d). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sutja, dkk. (2017d). Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Wahana Resolusi.

Taylor dalam Indriyani. (2023). Inspirasi Bimbingan dan Konseling.

Vandini. (2015). Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 216.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v11i2.17032

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.