KONSELING REALITA BERBASIS NILAI-NILAI Q. S. AR RA’D: 11 UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMP
(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(4) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author
Sari
Bullying is an act of using power to hurt a person or group of people verbally, physically or psychologically so that the victim feels depressed, traumatized and helpless. The aim of this research is to decrease the rate of decline in bullying behavior in junior high school students and turn their negative behavior into positive behavior according to the values of Q. S. Ar Ra'd verse 11 for bullying perpetrators. This research method uses experimental research in the form of Single Subject Research (SSR). The results of this research show a decrease in bullying scores from score of 108 to score of 45 with positive behavioral changes in accordance with the rules set out in the Al-Qur'an.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Astuti, A. D., & Hastanti, I. P. (2021). Konseling Realita Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Peserta Didik. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 7(3), 93. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v7i3.5790
Corey, G. (2013). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi (7th ed.). PT. Refika Aditama.
Dianes, M. (2019). Kecenderungan Perilaku Bullyingdi Smp N 12 Padang Serta Implikasinyaterhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 03(01).
Dwi Fajri, R., & Saepudin, U. (2022). Implikasi Pedidikan dari Quran Surat Ar-Ra’d Ayat 11 tentang Perubahan terhadap Upaya Pendidikan dalam Mengembangkan Potensi Manusia. Bandung Conference Series: Islamic Education, 2(1), 100–106. https://doi.org/10.29313/bcsied.v2i1.2161
M. H. Masyitoh. (2020). Vol. 1, No. 1, Februari – Oktober 2020. Jurnal Jumpa, 1(1), 37–50.
Maria Natalia Bete, A. (2023). Peran Guru Dalam Mengatasi Bullying Di Sma Negeri Sasitamean Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 8(1), 15–25.
Nurodin, A. S., & Rahmat, F. (2023). Efektivitas Konseling Kelompok Pendekatan Realitas Untuk Mereduksi Perilaku Bullying Verbal. Cons-Iedu: Islamic Guidence and Counseling Journal, 03(02), 25–41.
Permatasari, N. D. (2023). Makna Taghyir Dalam Q.S. Ar-Ra’D Ayat 11 (Studi Komparatif Tafsir Al-Misbah Dan Tafsir Al-Azhar). 11, 54.
Prahmana, R. C. I. (2021). Single Subject Research (teori dan implementasinya: suatu pengantar). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Rahmah, H. (2019). Oleh : Konseling Realitas Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri pada Anak di Usia Sekolah Dasar. 4(1), 37–50.
Sari, I. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Perilaku Bullying (Di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan). Tesis. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4207%0Ahttp://repository.iainbengkulu.ac.id/4207/1/ILMIKA SARI.pdf
Siregar, M. D., & Wadi, A. An. (2019). Pengaruh Konseling Realita Terhadap Kesulitan Anak Menerima Keadaan Keluarga Broken Home. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 3(1), 1–11. https://doi.org/10.29408/jkp.v3i1.2413
Siregar, S. H. (2020). Efektivitas Teknik Homerome Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Di Smp It Al-Ikhsan Boarding School Kecamatan Siak Hulu. Skripsi. http://repository.uin-suska.ac.id/28205/2/Skripsi Siti Habsyah Siregar.pdf
Widodo, S. A., Kustantini, K., Kuncoro, K. S., & Alghadari, F. (2021). Single Subject Research: Alternatif Penelitian Pendidikan Matematika di Masa New Normal. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 78–89. https://doi.org/10.37640/jim.v2i2.1040
Zakiyah, E. Z., Humaedi, Sahadi Santoso, & Budiarti, M. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v10i3.16845
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Akun Akademik Anda Terhubung dengan :
Didedikasikan Untuk:
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.