LITERATUR REVIEW: KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI REMAJA

Sayyida Aulia Salsabila(1*), Syaifatur Rohmah(2), Anggraeni Putri Larasati(3)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
(3) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
(*) Corresponding Author

Sari


Adolescence is a crucial period in life when many things change significantly, including an individual's self-esteem. The purpose of this study was to investigate how well group counseling can improve adolescent self-esteem. Literature review is the methodology used, which requires a critical evaluation of various related literature sources, such as books, journal articles, and previous research findings. The analysis obtained shows that group counseling, using various strategies such as role-playing, journaling, assertive training, and cognitive restructuring, can significantly improve adolescent self-esteem. Adolescents can share experiences and receive social support in a safe environment through group counseling, which increases their self-confidence. Based on the results of the study, group counseling is a useful intervention to improve adolescent self-esteem, so it needs to be widely used in the context of guidance and counseling services.

Kata Kunci


group counseling; self-esteem; teenagers

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Ananda, R., Yuliansyah, M., & Handayani, E. S. (2022). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Assertive Training Dalam Meningkatkan Self-Esteem Siswa Broken Home Di Kelas Xi Man 4 Banjar. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(1), 1–7. doi: 10.31602/jmbkan.v8i1.5266

Aswad, M. N. H., & Mishbahuddin, A. (2021). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Bermain Peran Terhadap Self Esteem Siswa Kelas Xi Ips 4 Sma N 8 Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 206–215. doi: 10.33369/consilia.4.2.206-215

Ayu, S. M., Utami, F. P., Djannah, S. N., & Saptadi, J. D. (2019). Buku Ajar Dinamika Kelompok. Yogyakarta: CV Mine.

Diorarta, R., & Mustikasari. (2020). Tugas Perkembangan Remaja Dengan Dukungan Keluarga: Studi Kasus. Carolus Journal of Nursing, 2(2), 111–120. doi: 10.37480/cjon.v2i2.35

Febristi, A. (2020). Individual Factor Relationship With Self Esteem (Self Price) Adolescent Orphanage In The City Of Padang In 2019. MENARA Ilmu, XIV(01), 8–18.

Habibah, U. (2023). Kajian Pustaka Dalam Penelitian Pendidikan. El-Wahdah, 4(1), 15–23.

Khotijah, L. N., Sholikhin, R., & Lestari, N. I. W. (2023). Konseling Sebaya Untuk Meningkatkan Resiliensi Remaja dan Relevansinya dengan Pemikiran Imam Al Ghazali. Counselle| Journal of Islamic Guidance and Counseling, 3(2), 111–130. doi: 10.32923/couns.v3i2.3896

Kurniawati, A. H., & Fahmawati, Z. N. (2023). Self Esteem pada Remaja Korban Kekerasan dalam Pacaran di Kecamatan Krembung. ResearchJet Journal of Analysis and Inventions, 2(3), 1–13. doi: 10.47134/researchjet.v2i3.3

Kusraharjo, L. (2019). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Self Esteem pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 2. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 8(1), 109–121.

Lubis, F. M., & Mahendika, D. (2023). Hubungan Parenting Style, Peer Pressure, Self-Esteem, dan Kesehatan Mental pada Remaja Indonesia di Jawa Barat. Jurnal Psikologi Dan Konseling West Science, 1(02), 90–104. doi: 10.58812/jpkws.v1i02.262

Nainggolan, 2019. (2023). Penerapan Restructuring Kognitif Dengan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa Kelas VII Di SMPN 3 Kalipuro. PACIVIC (Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 3, 61–72. Retrieved from http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pacivic/

Oktaviani, M. A. (2019). Hubungan Penerimaan Diri Dengan Harga Diri Pada Remaja Pengguna Instagram. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4), 549–556. doi: 10.30872/psikoborneo.v7i4.4832

Saputra, E. (2022). Kaidah-kaidah dalam Pelaksanaan Konseling Kelompok. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 5(2), 114–123.

Sihaloho, R. P. D., Dharmayana, I. W., & Sinthia, R. (2023). Pengaruh layanan konseling kelompok terhadap pengembangan harga diri bagi siswa berprestasi akademik rendah. Consilia: Jurnal Ilmiah BK, 6(2), 19–26.

Suryana, E., Hasdikurniati, A. I., Harmayanti, A. A., & Harto, K. (2022). Perkembangan Remaja Awal, Menengah Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 1917–1928. doi: 10.58258/jime.v8i3.3494

Susilaningsih, I., Sari, R. N., Karya, A., & Nusantara, B. (2021). Literature Review : Terapi Kognitif Pada. Jurnal Keperawatan, 7(August 2020), 53–67.

Turnip, A., Hulukati, W., & Puluhulawa, M. (2023). Konseling Kelompok Teknik Journaling dan Pengaruhnya Terhadap Self Esteem Siswa. Student Journal of Guidance and Counseling, 2(2), 87–97. doi: 10.37411/sjgc.v2i2.2101

Veriza, E., Rosa, E., & Pahrurazi. (2023). Model Intervensi Modifikasi Perilaku Self Esteem (MIMSE) dalam Menurunkan Perilaku Beresiko pada Kesehatan Remaja. Banyumas: PT. Pena Persada Kerta Utama.

Wenny, B. P. (2023). Asuhan Keperawatan Jika Klien dengan Harga Diri Rendah, Resiko Bunuh Diri, dan Defisit Perawatan Diri. Bantul: CV. Mitra Edukasi Negeri.

Wulandari, A., & Wijayanti, F. (2023). Dukungan teman sebaya dengan harga diri pada remaja. Health Sciences and Pharmacy Journal, 7(1), 148–154. doi: 10.32504/hspj.v7i1.801

Yandri, H., Rahayu, G., Suhaili, N., & Netrawati, N. (2022). Kebermaknaan Konseling Kelompok dalam Menanggulangi Masalah Kehidupan. Indonesian Journal of Counseling and Development, 4(2), 59–69. doi: 10.32939/ijcd.v4i2.1526

Yunita, Y. (2020). Pentingnya Layanan Konseling Kelompok Terhadap Harga Diri Remaja. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(3), 261–267. doi: 10.51849/j-p3k.v1i3.51




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v10i3.16782

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.