IDENTIFIKASI SELF DISCLOSURE SISWA TERHADAP GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMP N 7 KOTA JAMBI
(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author
Sari
The development and life process of each student is very likely to encounter various problems. Each issue will likely impact students. Through self-disclosure, students can express their feelings, opinions and problems to other people. At school, guidance and counseling teachers have a role in helping and alleviating problems experienced by students. This research aims to see students' self-disclosure towards guidance and counseling teachers at SMP N 7 Jambi City. This research uses quantitative descriptive methods. In this research, it was found that 60 students were open to their guidance and counseling teachers who were also respondents in the research. The results of the research show that students' self-openness towards guidance and counseling teachers at SMP N 7 Jambi City as a whole is at a percentage of 61.84% which is included in the majority proportion category.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aditya.S & Permatasari. (2021). Dukungan Sosial dan Kepercayaan Diri Terhadap Keterbukaan Diri Pada Remaja di Panti Asuhan tanggerang. Jurnal Ilmiah Psikologi. Vol. 9, no.4.
Azhar T. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengungkapkan Masalah Siswa Melalui Kotak Curhat Di SMP KH. M Nur Surabaya. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. Vol. 6 nomor 2, Des,2022.
Hani'ah M. (2023). Penduan Mengelola Keberanian Mengekspresikan Diri. Yogyakarta:Laksana
Harahap. (2023) mengenal Diri Sendiri Menggunakan Media Dompet Belajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.Vol.4.No.1.
Karyanti. (2018). Dance Counseling. Yogyakarta: CV.Deepublish. Hal 19.
Laoli D, J. (2023). Meningkatkan Keterampilan Self Diclosure Melalui Jendela Johari Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Gunungsitoli Utara. Konseli:Juenal Ilmiah Program Bimbingan dan Konseling, 34-50.
Maharani, L., & Hikmah, L. (2015). Hubungan Keterbukaan Diri Dengan Interaksi Sosial Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Minhajuth Thullab Way Jepara Lampung Timur. Konseli : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 2(2), 57–62.
Maslan, M. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengembangkan Keterbukaan Diri Siswa di SMA Swasta Budisatrya Medan. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(1), 43–50.
Rahmah, S., Program, N., Bimbingan, S., Konseling, D., Keguruan, F., & Pendidikan, D. I. (2021). Keterbukaan Diri Siswa Sma Terhadap Orang Tua, Guru Dan Teman Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 6.
Rosade C.A. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Keterbukaan Diri Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 1 Pekan Baru.
Salsabillah M,. Sabandi, A,. Gistituati, N,. Kadri, A.H,. (2022). Budaya Organisasi Sekolah Menengah Kejuruan : Jurnal Higher Education Management. Vol.1 No.1 2022.
Sari D.Y. (2016). Gambaran Keterbukaan Diri di SMP N 48 Jakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling.
Setiawan A.(2019). Keterbukaaan Diri dan Kemampuaan Pemecahan Masalah. Jurnal Psikolog Vol.6,No.1.
Setiawan G.D & Yuniasti N.L. (2023). Karakteristik Kepribadian KOnselor/Guru Bimbingan dan Konseling Era Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan. Vol.10.No.20.
Sutja A,. Emosda,. Herlambang S,. Nelyahardi. (2017). Penulisan Skripsi Untuk Prodi Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta : Penerbit Wahana Resolusi.
Taher Y. ( 2021). Profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling. Educouns Jurnal : Jurnal Pendidikan dan Bimbingn Konseling. Vol. 2 No.2.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v10i3.14915
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Akun Akademik Anda Terhubung dengan :
Didedikasikan Untuk:
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.