PENERAPAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI

Sofiyah Asy Syarifatul Alifah(1*), Mariatiningsih Mariatiningsih(2), Retno Tri Hariastuti(3), Sobi Mardiyas(4)

(1) Universitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) Universitas Negeri Surabaya
(4) SMA Negeri 4 Jember
(*) Corresponding Author

Sari


Critical thinking is an intellectual process that involves the discovery, analysis, and evaluation of information obtained from observation and experience. This process is used to consider various options before making decisions or taking actions. By engaging in critical thinking, individuals thoroughly examine available information to ensure that the decisions made are the most appropriate and well-founded. Through these steps, the ability to analyze situations comprehensively and objectively can be enhanced, resulting in more planned and effective actions. This research aims to train the critical thinking skills of 11th-grade students using classical guidance services with the Cooperative Learning Technique of Snowball Throwing. This study is guidance counseling action research (PTBK), with data collection using a Likert scale and data analysis using the T-test. The results of the study indicate that classical guidance with the Cooperative Learning Technique of Snowball Throwing is capable of training the critical thinking skills of 11th-grade students at SMA Negeri 4 Jember.

Kata Kunci


Cooperative Learning; Snowball Throwing; Critical Thinking

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Husein, Ramadhika Farhan. 2021. Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran.Snowball.Throwing Dan Snowball Drilling Pada Materi Program Linear Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Kutacane .Universitas Islam Negeri Medan.

Yampap, Umar, Dan Kaligis, Deril Alfiance. 2022. Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial. Volume 3, Nomor 2, 2022, Hal. 125-134.

Qowi, Abdul. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Materi Memahami Teknik Melempar Bola Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Journal On Education. Volume 04, No. 01,Pp 62-73

Azzohra, S. F., Darnius, S., & Tursinawati, T. (2024). The Influence of the Snowball Throwing Type Cooperative Learning Model on Student Learning Outcomes in Class IV Energy Resources Material at SD Negeri 22 Banda Aceh. Elementary Education Research, 9(1).

Livana, P. H., & Arisdiani, T. (2019). Upaya Penguatan Mental Remaja Menghadapi Tantangan Zaman. Jurnal Peduli Masyarakat, 1(1), 19-22.

Leuwol, F. S., Jamin, N. S., & Ayu, S. K. (2023). Psikologi Multikultural dalam Praktik: Menghadapi Tantangan Kesejahteraan Mental di Era Global dengan Pemahaman dan Pendekatan yang Beragam. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(08), 649-659.

Luthfiyah, A. Y., & Astuti, H. P. (2023). Peningkatan Peningkatan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing: Pada Siswa Kelas IV SD. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 20-26.

Sihotang, K. (2019). Berpikir kritis: Kecakapan hidup di era digital. PT Kanisius.

Sari, D. T., Aula, A. W., Nugraheni, V. A., Dina, Z. K., & Romdhoni, W. (2022, December). Penerapan pembelajaran berbasis masalah pada siswa sd untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 2, No. 1, pp. 82-96).

Noviani, D., & Firmansyah, W. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif dalam Membentuk Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas VA SDN Cilember 01 Bogor. Indonesian Journal of Community Engagement, 1(1), 21-32.

Rulianah, N., Prabowo, A., & Sukono, S. (2022). Improving Students' Learning Achievement Through Cooperative Learning and Padlet Application in Class XI MIPA 3. International Journal of Ethno-Sciences and Education Research, 2(4), 147-151.

Santoso, Azis Mohammad. Dan Sari, Nenden Mutiara. 2022. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X Melalui Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 13no. 1, Hal. 83-97

Suciati, S. T., & Hanik, U. (2024). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS III SDN DEMANGAN 1 BANGKALAN. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(7).

Hariyanti, Dewi, Dkk. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas X-4di Sman Pakusari. Jurnal Biologi. Volume: 1, Nomor 3, 2023, Hal: 1-12.

Putra, Rusdy Jaya. 2023. Penerapan Metode Snowball Throwing Pada Mata Pelajaran Ekonomi Bisnis Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Bdp Di Smk Negeri 1 Putussibau. Jurnal Penelitian Inovatif . Vol.3, No. 1, April 2023, Hal. 103-128

Zein, Hasanah Ulya, Dkk. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Keterampilan Kerjasama Siswa Kelas Ii Sd Di Sekolah Thammislam Foundation School Thailand. Journal Educational Research And Social Studies. Volume 4, Nomor 3

Optimal, Dkk. 2023. Efektivitas Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Menggunakan Pendekatan Snowball Throwing. Jurnal Pendidikan Dasar. Volume 7, Nomor 3, 764-791

A'isah, Khalimatul, Dkk. 2023. Penerapan Model Snowball Throwing Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Ips Kelas V. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (Jurmia). Vol. 3, No. 1

Hanifan, Muhammad, Dan Zhanty, Luvy Sylviana. 2019. Peningkatan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Snowball Throwing Siswa Smp. Journal On Education. Volume 01, No. 04.Hal 595-604

Wayudi, Mauliana, Dkk. 2019. Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 5 No. 1, Hal. 67-82

Zaiti, Nurmai. 2023. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 2 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Universitas Negeri Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v10i3.14821

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.