PENGARUH KONSELING KELOMPOK MELALUI PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN DI SMP
(1) Univesitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) SMP Negeri 1 Lamongan
(*) Corresponding Author
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Br, R. H., & Netrawati. (2022). Rebt ’ S Approach To Overcoming Students ’ Anxiety in Following the. Literasi Nusantara, 2(1), 196–207.
Dewi.I. (2008). Anxiety Disorder: Dapat Dialami Pula oleh Anak dan Remaja. Kabarin Indonesia. www.kabarindonesia.com
Fadilah. (2019). Layanan bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Islamic Counseling. Vol 3 (2).
Habsy, B. A. (2017). MODEL KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA SMK Bakhrudin All Habsy Universitas Darul ‘ Ulum Jombang THE EFFECTIVENESS OF COGNITIVE BEHAVIOR GROUP COUNSELING TO INCREASE SELF ESTEEM OF VOCATIONAL. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 31(1), 21–35.
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.
Handayani, P., Sumarwiyah, S., & Gudnanto, G. (2023). Penerapan Konseling Rasional Emotive Therapy Untuk Mengatasi Kecemasan Dalam Pelaksanaan Ujian Akhir Semester. Jurnal Muria Research Guidance and Counseling (MRGC), 2(2), 138–144. https://doi.org/10.24176/mrgc.v2i2.10882
Hartini, Maharani, Z., Z., & Rahman, B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Sinektik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. UNNES Journals, 2(7), 131–135.
Komalasari, Garantina dkk. (2011). Teori Teknik Konseling. Jakarta: Indeks
Nurdaniati, S., & Azmi, S. (2022). Hubungan antara kecemasan menghadapi ujian dengan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 183.
Rury, A. (2016). Berpikir Positif Dan Melepaskan Emosi Negatif. Goresan Pena.
Saleh, F., Bey, A., & Kodirun, K. (2019). Hubungan Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 29. https://doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7392
Sammy, A. W., Anita, E. D., & Theresia, K. (2015). Tingkat Kecemasan Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri 5. E-Clinic (ECl), 3(April), 6.
Sembiring, P., & Rahmi, E. (2017). Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Terhadap Kecemasan Berpendapat Siswa Kelas Vii-5 Smp Negeri 3 Tanjungbalai T.a 2016/2017. Psikologi Konseling, 8(2), 48–60. https://doi.org/10.24114/konseling.v11i2.9641
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Thahir, A., & Rizkiyani, D. (2017). Pengaruh Konseling Rational Emotif Behavioral Therapy (REBT) dalam Mengurangi Kecemasan Peserta Didik Kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 197–206. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.560
Yarah, Jarkawi & Farial. (2018) Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas VIII MTS Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia (E-Journal), 4(1). 21-25. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v10i3.14815
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Akun Akademik Anda Terhubung dengan :
Didedikasikan Untuk:
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.