PENGARUH KONSELING KELOMPOK MELALUI PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN DI SMP

Sholikhul Huda(1*), Denok Detiawati(2), Bisri Ekhsan(3)

(1) Univesitas Negeri Surabaya
(2) Universitas Negeri Surabaya
(3) SMP Negeri 1 Lamongan
(*) Corresponding Author

Sari


The purpose of this study is to understand the effectiveness of REBT technique in lowering student anxiety levels during PTS in SMPN 1 Lamongan. There are ten students who experience tingkat tinggi as a subyek of research. The data collection method employs Likert scales. The T-test is a statistical analysis technique that uses uji. Based on the results of the analysis of the variance of the two groups, which are not homogeneous, T hitung 9.590 in the derajat kebebasan (df) 9 and then compared with ttabel 0,05 = 2.262, which indicates that hitung exceeds ttabel (9.590 ≥ 2.262). This indicates that Ho is tolak and Ha is diterima. This indicates that after implementing the REBT, there is a pengurangan kecemasan among the students. Researchers concluded that teachers, in particular, must constantly innovate in the classroom in order to improve student performance.

Kata Kunci


REBT Approach, Anxiety, Students

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Br, R. H., & Netrawati. (2022). Rebt ’ S Approach To Overcoming Students ’ Anxiety in Following the. Literasi Nusantara, 2(1), 196–207.

Dewi.I. (2008). Anxiety Disorder: Dapat Dialami Pula oleh Anak dan Remaja. Kabarin Indonesia. www.kabarindonesia.com

Fadilah. (2019). Layanan bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Jurnal Islamic Counseling. Vol 3 (2).

Habsy, B. A. (2017). MODEL KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA SMK Bakhrudin All Habsy Universitas Darul ‘ Ulum Jombang THE EFFECTIVENESS OF COGNITIVE BEHAVIOR GROUP COUNSELING TO INCREASE SELF ESTEEM OF VOCATIONAL. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 31(1), 21–35.

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Handayani, P., Sumarwiyah, S., & Gudnanto, G. (2023). Penerapan Konseling Rasional Emotive Therapy Untuk Mengatasi Kecemasan Dalam Pelaksanaan Ujian Akhir Semester. Jurnal Muria Research Guidance and Counseling (MRGC), 2(2), 138–144. https://doi.org/10.24176/mrgc.v2i2.10882

Hartini, Maharani, Z., Z., & Rahman, B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Sinektik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Komunikasi Matematis Siswa SMP. UNNES Journals, 2(7), 131–135.

Komalasari, Garantina dkk. (2011). Teori Teknik Konseling. Jakarta: Indeks

Nurdaniati, S., & Azmi, S. (2022). Hubungan antara kecemasan menghadapi ujian dengan hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(1), 183.

Rury, A. (2016). Berpikir Positif Dan Melepaskan Emosi Negatif. Goresan Pena.

Saleh, F., Bey, A., & Kodirun, K. (2019). Hubungan Tingkat Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(1), 29. https://doi.org/10.36709/jppm.v6i1.7392

Sammy, A. W., Anita, E. D., & Theresia, K. (2015). Tingkat Kecemasan Pada Siswa Kelas Xii Sma Negeri 5. E-Clinic (ECl), 3(April), 6.

Sembiring, P., & Rahmi, E. (2017). Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Terhadap Kecemasan Berpendapat Siswa Kelas Vii-5 Smp Negeri 3 Tanjungbalai T.a 2016/2017. Psikologi Konseling, 8(2), 48–60. https://doi.org/10.24114/konseling.v11i2.9641

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Thahir, A., & Rizkiyani, D. (2017). Pengaruh Konseling Rational Emotif Behavioral Therapy (REBT) dalam Mengurangi Kecemasan Peserta Didik Kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 197–206. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.560

Yarah, Jarkawi & Farial. (2018) Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas VIII MTS Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia (E-Journal), 4(1). 21-25. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v10i3.14815

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.