EFEKTIVITAS PROGRAM BIMBINGAN BERBASIS EKSPRESIF ART THERAPY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA DINI
(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(3) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(4) Universitas Negeri Surabaya
(5) Universitas Negeri Surabaya
(*) Corresponding Author
Sari
Communication is an effort to provide influence, inviting changes in thoughts and behavior so that they can follow the knowledge, understanding and actions of individuals. Communication skills are skills in establishing relationships between one individual and another individual in order to gain mutual benefits, both individually and in groups. This research aims to test the effectiveness of a guidance program based on expressive art therapy to improve communication skills in early childhood, namely Kindergarten A students at KB TK AL Mukmin Surabaya. The research method used in this research is quasi-experimental with a quantitative approach, pretest posttest one group research design. The instrument used in this research was an observation guide using purposive sampling technique. Furthermore, research subjects who had low communication skills were given treatment by implementing a guidance program based on expressive art therapy. The results of implementing this expressive art therapy-based guidance program can improve communication skills in early childhood. This condition can be seen from the difference between the pretest and posttest scores which show a significant difference.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agus Muhammad, S. (2018). Seri Pendidikan Orang Tua Komunikasi Efektif dengan Anak. 1–12.
Asmaunizar. (2023). Cara Berkomunikasi dengan Anak Usia Dini Secara Efektif. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 145–156.
Asrowi, & Fahriyani, F. (2022). Kemampuan Komunikasi Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Metode Bercerita Buku Bergambar. 3(1).
Asyifa, I. N., Surur, N., & Susilo, A. T. (2022). Studi Kepustakaan Penerapan Art Therapy dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 5(2), 54. https://doi.org/10.20961/jpk.v5i2.52091
Eva, E., Affifah, G. H., Hanum, I. N., & Solihin. (2021). Efektivitas Art Theraphy Dalam Membantu Mencerdaskan Emosional Pada Anak Kelas 1-6 Madrsah Desa Jagabaya. Proceeding Uin Sunan Gunung Djati, 01(22), 74–91. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/206
Faisal, V. I. A. (2019). Impementasi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di TK Rumah Citta Yogyakarta. Jurnal Al Qalam, 20(1), 1–20.
Farid, D. A. M., & Wirastania, A. (2024). Implementasi art therapy terhadap percaya diri anak usia dini di Paud Al Mukmin Surabaya. Jurnal Fokus Konseling, 10(1), 1–6.
Handayani, A. T., & Al-washliyah, U. M. N. (2023). Penerapan Art Therapy terhadap Penurunan Tingkat SAD ( Saparation Anxiety Disorder ) Pada Anak Usia Dini di Ra Nurul Iman Tembung T . A 2022-2023. Journal Of Social Science Research, 3, 3323–3330.
Ismaya, I., Elihami, E., & Galib, A. A. C. (2022). Pendidikan Literasi Komunikasi: Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Komunikasi yang Efektif. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1148–1153. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3578
Istiharini. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak anak melalui bermain peran pada kelompok B di taman kanak-kanak dharma wanita aikmel. Jurnal Edukasi Dan Sains, 1(2), 176–196.
Krisnanto, P. D. (2019). Pemberian Art Therapy Untuk Menurunkan Wilayah Lombok Utara Applying of Art Therapy To Reduce the Anxiety of Earthquake Victims in Children in the Lombok. Pendekatan Multidisiplin Ilmu Dalam Manajemen Bencana, 1–4.
Kristina Tobing, H., Gabriela Simanjuntak, M., Anggita, D., Amanda, D., Siska Anggraini, E., & Simare-mare, A. (2024). Strategi Komunikasi Efektif dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Studi Kasus di TK An-Nizam. Jurnal Global Ilmiah, 1(10), 355–359. https://doi.org/10.55324/jgi.v1i10.98
Musrifah. (2021). Komunikasi Efektif Pada Anak Usia Dini. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4.
Nainggolan, M., & Anggraini, E. S. (2024). Penerapan Komunikasi Yang Efektif Pada Anak Usia Dini Di TK An Nizam. Dinamika Pembelajaran: Jurnal …, 3, 33–39. https://journal.lpkd.or.id/index.php/Dilan/article/view/384%0Ahttps://journal.lpkd.or.id/index.php/Dilan/article/download/384/550
Nakhma’ussolikhah, N., & Widadiyah, Q. (2022). Pembelajaran Kolaboratif Usia Golden Age Dengan Teknik Art Counseling. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 100–110. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/3551
Ningrum, N. N. (2021). Art of Therapy Melalui Proses Kreatif Menggambar Untuk Anak Usia Dini di Kota Bandung Art of Therapy Through the Creative Process of Drawing for Early Childhood at Bandung City. 21(2), 80–86.
Oktaviana, R., & Dendra, C. P. (2024). Penerapan Art Therapy Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Anak Sdn 02 Pemulutan. Communnity Development Journal, 5(1), 244–248.
Pakpahan, Tio Rosalinda S.Jumra Fadila, H. S. G. B. G. (2024). Pentingnya Komunikasi Efektif dalam Pendidikan bagi Anak Usia Dini. 5(3).
Putri, E. T., Safitri, A. D., Manullang, K. K. B., & ... (2015). Efektivitas Art Therapy Dalam Meningkatkan Ketelitian Belajar. Psikostudia: Jurnal …, 4(1). http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/PSIKO/article/view/2263
Rafidhah, H. (2017). Mengembangkan komunikasi yang efektif pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–58.
Sunaringsih, M. S., Tiatri, S., & Patmonodewo, S. (2020). Effectiveness of Expressive Art Therapy Group to Reduce Stress Level in Mothers of Children with Neurodevelopmental Disorders. 439(Ticash 2019), 606–611. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200515.101
Walid, M., Aditia, R., Shakira, N., Komunikasi Pada Anak, M., Dini, U., Bermain, C., Laidong, T., & Utara, L. B. (2022). Melatih Komunikasi pada Anak Usia Dini dengan. AL-BALAGH: Jurnal Komunikasi Islam, 6(1), 56–65. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/balagh/index
Wirastania, A. (2016). Penggunaan Clay Therapy Dalam Program. Jurnal Fokus Konseling, 2(1), 68–75.
Wirastania, A. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Teknik Permainan Terhadap Kreativitas Pada Siswa Sekolah Dasar An Nur Surabaya. Jurnal Fokus Konseling, 5(2), 135–140. https://doi.org/10.26638/jfk.899.2099
Chrismardani, Y. (2014). KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU : IMPLEMENTASI UNTUK UMKM. Neo-Bis, 8(2). https://doi.org/10.21107/NBS.V8I2.472
Creswell, J. W. (2020). Penelitian Kualitatif & Desain Riset : Memilih di Antara Lima Pendekatan. In Mycological Research.
Deci, E. L., Koestner, R., & Ryan, R. M. (2001). Extrinsic rewards and intrinsic motivation in education: Reconsidered once again. In Review of Educational Research (Vol. 71, Issue 1). https://doi.org/10.3102/00346543071001001
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hafied Cangara. (2017). Perencanaan & strategi komunikasi / Prof.H. Hafied Cangara, M. Sc., Ph.D. Perpustakan Nasional RI.
Hardani, Nur Hikmatul Auliyah, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, D. J. S. & R. R. I. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. In Repository.Uinsu.Ac.Id (Issue April).
Haris, A. (2022). Strategi Komunikasi Politik Interaktif di Era Virtualitas. Jurnal Publik Reform, 9((1)).
Isnaini, W., Dewi, E., & Fitri, H. A. (2022). Perancangan Kampanye Digital Edukasi Duta Vaksin Covid 19 Untuk Mahasiswa. REKA KARYA: Jurnal Pengabdian …, 1.
Kotler, P. (1994). Reconceptualizing marketing: An interview with Philip Kotler. European Management Journal, 12(4). https://doi.org/10.1016/0263-2373(94)90021-3
Lexy J. Moelong. (n.d.). Metodologi Penelitian Kualitatif.
Martin, A., & Maulida, D. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI DINAS SOSIAL DALAM USAHA PEMBERDAYAANMASYARAKAT BERKEBUTUHAN DI KABUPATEN NAGAN RAYA. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(4).
Mufidah, A. N., Syafaq, H., & Yudha, A. T. R. C. (2021). INTEGRATED ECONOMIC EMPOWERMENT: EVIDENCE IN THE RELIGIOUS AREA OF GUSDUR’S TOMB. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 8(6). https://doi.org/10.20473/vol8iss20216pp785-796
Nupus, D., Hasbiyallah, & Tarsono. (2023). Teori Belajar Sosial Kognitif Albert Bandura dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1). https://doi.org/10.32678/geneologipai.v10i1.8415
Patria, G., & Meldisia, F. (2022). Pelaksanaan Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Instagram (Studi Pada Pawonputri_tgr). Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 2(1).
Sari, K. P., & Mahariah, M. (2023). Literasi Al-Quran di Sekolah : Program Akselerasi Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Al-Quran. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 3(2). https://doi.org/10.47467/edui.v3i2.5074
Sihombing, M. R. F., & Alfurqan, A. (2021). Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran. An-Nuha, 1(4). https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.143
Thareeq Akbar Perkasa, & Rafinita Aditia. (2023). Strategi Komunikasi Kepemimpinan : Suatu Tinjauan Teoritis. Journal of Student Research, 1(2). https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.1042
Utomo, A. G., Emilio, K. R., & Hasanah, N. S. A. (2023). Implementasi Prinsip Persuasif Robert Cialdini dalam Figur Rasulullah SAW. Warta ISKI, 6(2). https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i2.204
Velasufah, W., & Nasriva, W. (2022). Indeks Literasi Al-Quran di Indonesia. Thesiscommons, 7(1).
Zein, A. (2021). PROGRAM LITERASI AL QURAN DI SEKOLAH (STUDI KASUS DI SD ISLAM AL-AMJAD KOTA MEDAN. 05(September), 224–241.
DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v10i4.14782
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Akun Akademik Anda Terhubung dengan :
Didedikasikan Untuk:
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.