INTERNALISASI NILAI KESADARAN LINGKUNGAN MELALUI BIOGRAFI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SMPN 5 BANJARMASIN

Muhammad Adhitya Hidayat Putra(1*), Syahlan Mattiro(2), Alfisyah Alfisyah(3), Reski P(4), Ayu Budiarti(5)

(1) Universitas Lambung Mangkurat
(2) Universitas Lambung Mangkurat
(3) Universitas Lambung Mangkurat
(4) Universitas Lambung Mangkurat
(5) Universitas Lambung Mangkurat
(*) Corresponding Author

Sari


Environmental Awareness is an effort that involves every citizen in growing and fostering awareness to preserve the environment. Humans are very dependent on the natural environment. Students who still lack environmental understanding and do not want to protect their surroundings. We need to teach this through education to students an understanding of environmental awareness. Through the biography of Ir. Pangeran Mohamad Noor, the value of awareness that he has should be used as a source of social studies learning so that students gain an understanding of environmental awareness. The results of this study, the biography of Ir. P. M. Noor, the value of environmental awareness possessed by Ir. P. M Noor, there are 3, namely: Hard Work Value, Environmental Care Value, and Responsibility Value. These values can be used as a source of social studies learning so that students gain an understanding of the environment through Ir. P. M Noor. Based on the study, it can be concluded that the value of environmental awareness through the biography of Ir. Pangeran Mohamad Noor is relevant to be used as a source of social studies learning at SMP Negeri 5 Banjarmasin with the teacher analyzing the RPP first and including these values in social studies learning as a source of social studies learning.

Kata Kunci


Environmental Awareness; Biography of Ir. P. M. Noor; Social Studies Learning Resources

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abbas, Ersis Warmansyah. 2013. Mewacanakan Pendidikan IPS. Bandung: Wahana Jaya Abadi.

Abbas, Ersis Warmasyah. 2015. Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal. Bandung: Wahana Jaya Abadi.

Ahmadi, Iif Khoiru dan Sofan Amri. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Basrowi, Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Herlina, Nina. 2015. Permasalahan Lingkungan Hidup Dan Penegakan Hukum Lingkungan Di Indonesia. Vol 3, No 2 (2015). Diunduh 30 Juli 2018.

Khasanah, Anisa Nur. 2015. Analisis Lingkungan Sma 02 Batang Terhadap Proses Pembelajaran Kimia. Volume 03 Nomor 01 Maret 2015. Di unduh 30 Juli 2018.

Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kuntowijoyo. 2003. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Kurniawan, Syamsul.2013. Pendidikan Karakter.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Marfai, Muh Aris. 2012. Etika Pengantar Lingkungan & Kearifan Lokal. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mutiani. 2015. Pemanfaatan Puisi Sebagai Sumber Belajar IPS Untuk Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan Peserta Didik Di SMP Negeri 6 Banjarmasin. Di unduh pada tanggal 27 April 2017. Tersedia di http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/view/1456/1004.

Nachrawie, Mardhotillah. 2017. Sumber Belajar Lingkungan Dalam Pembelajaran Ips Di Smpn 1 Kusan Hulu Kabupaten Tanah Bumbu. Di unduh pada tanggal 30 Juli 2018. Tersedia di https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/JS/article/view/3469/3011).

Paramita, Nyoman Dara dan Ni Nyoman Kerti Yasa. 2015. Sikap Dalam Memediasi Hubungan Kesadaran Lingkungan Dengan Niat Beli Produk Kosmetik Ramah Lingkungan. Jmk, Vol. 17, No. 2, September 2015, 177–185. Di unduh 30 Juli 2018.

Purnaman, Purnama Nurdiana. 2015. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kesejarahan Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Penggunaan Biografi Tokoh R.A Lasminingrat Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. JPIS, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Volume 24, No. 1. Di unduh pada tanggal 30 Juli 2018.

Sunarsih, Yulis. 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Lingkungan Pasar Sebagai Sumber Belajar Ips Kelas Iv Pokok Bahasan Kegiatan Ekonomi Di Lingkungan Setempat Di Sdn Laweyan Ii Kabupaten Probolinggo. (Tersedia http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/22850?show=full di unduh 19 Juli 2018).

Sya’ban, Moh. B. Ali. 2018. Tinjauan Mata Pelajaran IPS SMP Pada Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Peduli Akan Tanggung Jawab Lingkungan. Vol. 1, No. 2, Januari 2018: 86-98. Di unduh 30 Juli 2018.

Moleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitin Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muchtar, Suwarma Al. 2015. Epistemologi Pendidikan IPS. Bandung: Wahana Jaya Abadi

Muhaimin, 2015. Membangun Kecerdasan Ekologis. Bandung: Alfabeta.

Muhaimin, dkk. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Eja Publisher.

Mufitarini, Dwi Ika. 2014. Pemanfaatan Koperasi Sekolah Sebagai Sumber Belajar IPS Di SMP Negeri Kota Banjarbaru. Banjarmasin: Program Pascasarjana ULM.

Neolaka, Amos. 2008. Kesadaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta.

Patilima, Hamid. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Putrawan, I Made. 2014. Konsep-Konsep Ekologi Dalam Berbagai Aktivitas Lingkungan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah.2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Somantri, Muhammad Numan. 2001. Mengggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suryana, Rima. 2015. Nilai-Nilai Sosial Dalam Penyajian Musik Panting. Banjarmasin: Program Pascasarjana ULM.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Zakiyah, Qiqi Yuliati, dkk. 2014. Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: CV Pusraka Setia.

Zuhri, Asikin. 1981. Ir. P.M. Noor. Banjarmasin: Percetakan Rapi Offset.

Zulkifli, Arif. 2014. Dasar-dasar Ilmu Lingkungan. Jakarta: Salemba Teknika.




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v10i3.14446

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.