PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX DI MTs NURUL FALAH JUAI KABUPATEN BALANGAN

Laelatul Husna(1*), farial farial(2), Eka Sri Handayani(3)

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(3) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(*) Corresponding Author

Sari


Latar belakang dan tujuan utama yang mendasari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah minta belajar siswa meningkat setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dan bagaimana pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IX di MTs. Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs. Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik purpusive sampling sehingga diperoleh jumlah sempel dalam penelitian ini sebanyak 10 siswa. Variabel yang digunakan yatiu layanan bimbingan kelompok sebagai variabel bebas, dan problema rendahnya minat belajar siswa sebagai variable. Uji validitas instrument menggunakan korelasi producct moment, dan di lanjutkan uji reabilitas dengan menggunkan rumus Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IX  MTs. Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan dengan tingkat minat belajar siswa  sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok rata-rata berada pada kategori sedang dengan persentase 56%, dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok minat belajar siswa masuk dalam kategori tinggi dengan persentase 78%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas IX di MTs. Nurul Falah Juai Kabupaten Balangan. Saran bagi guru/wali kelas hendaknya memperhatikan dan memantau minat belajar siswa yang rendah. Bagi konselor sebagai masukan dan bahan pertimbangan sehingga pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat selalu berjalan.  Untuk kampus menambah bahan kepustakaan dan menambah bahan bagi mahasiswa UNISKA yang akan kelapangan sebagai konselor.

Kata Kunci


Layanan Bimbingan Kelompok, Minat Belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angreani, Ditta dkk. 2015. Peningkatan Minat Belajar dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa SMP. Jurnal Bimbingan dan Konseling Universitas Lampung.

Al-Maqassary Ardi. 2014. Pengertian Bimbingan Kelompok.

Fauziah Nur. 2010. Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII SMP AL-Mubarak Pondok Aren Tanggerang Selatan. Skripsi Unirsitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hafizah, Aulia. 2016. Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Menurangi Efek Negatif Penggunaan Handphone pada Siswa Kelas X SMA KORPRI Banjarmasin. Skripsi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary (UNISKA MAB)

Musfiqun. 2012. Metode Penelitian pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakanya

Masturi, Sutarti. 2013. Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas X SMA 2 Kudus. Jurnal Staf Pengajar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMK, Volume 6, Nomor 2. Hal 41

Mukhlis, Wahyudi 2015. Peranan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SMP Negeri 6 Kandangan. Skripsi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjary (UNISKA MAB)

Nurcholifa,Siti. 2014. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo. Skripsi Universitas Negeri Sunan Ampel Suarabaya

Syahrul M. 2015.Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Penyesuian Diri Siswa”. Journal of EST, Volume 1, Nomor 1,. hal 46 –60

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sucipto dkk, 2013. Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi Melali Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas X MAN 2 Kudus. Jurnal Staf Pengajar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMK. Volume 6, Nomor 2.

Zulfah Nur Rosyida, 2016. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Manggungan Kabupaten Banyumas. Skripsi Universitas Negeri Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v4i1.1325

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Akun Akademik Anda Terhubung dengan :

  

Didedikasikan Untuk:

   

 

Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia disseminated below Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.